Di Lamongan Positif Covid-19 Bertambah Lagi, 2 Cluster Jadi Sumber Persebaran

moch akbar fitrianto

Bagikan

Rakyatnesia.com – Pertanggal 29 April 2020 ini kasus positif Covid – 19 di Lamongan masih bertambah dengan 38 Orang pasien, 5 dari pasien ini telah meninggal dunia. Sementara PDP Sebanyak 120 Orang dan 11 diantaranya meninggal dunia.

Menurut hasil pelacakan dari Tim gugus percepatan penangann covid-19 di Lamongan, ada tren persebaran yang terbagi pada 3 cluster utama. Hasil tersebut, seharusnya jadi pedoman bagaimana semua elemen masyarakat berperilaku untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lamongan, dr Taufik Hidayat mengungkapkan, ketiga kluster penularan Covid-19 di Lamongan yaitu kluster pelatihan calon petugas haji di Surabaya, kluster nelayan dan kluster warga Lamongan yang bekerja di luar kota dan secara rutin pulang pergi (PP).

“Saat ini sudah ada satu kluster yang sudah terkontrol dan penularannya tidak lagi berkembang, yaitu kluster pelatihan calon pendamping haji,” kata Taufik kepada SURYA.CO.ID, Rabu (29/4/2020).

Diungkapkannya, kalau pelatihan calon pendamping haji itu terkontrol, terisolasi dan tidak memunculkan sebuah resiko.

“Alhamdulillah, meskipun sampai kontak pertama, kedua, ketiga, tetapi mereka sehat-sehat. Itu karena salah satunya terkontrol, ” katanya.

Sedang dua kluster penularan lainnya, yaitu kluster nelayan dan kluster pekerja hingga saat ini masih terus berkembang.

Untuk dua kluster ini, pengawasannya selain kesadaran dari diri orang itu sendiri, juga dari semua masyarakat.

Karena terbukti, dua kluster ini cenderung ada peningkatan yang cukup lumayan.

“Dua kluster yang ini cenderung meningkat dengan cepat dan cenderung memberikan kontribusi kematian,” ungkap Taufik.

Berdasarkan inventarisir yang dilakukan Pemkab Lamongan, ungkap dr Taufik, orang Lamongan yang setiap hari pulang pergi kerja (PP) sebanyak 19 ribu lebih. Sedangkan yang pulang dalam sepekan 2 kali hingga tiga kali, terdata sebanyak 14 ribu lebih.

“Kalau yang pulang seminggu sekali, 1 bulan sekali, itu sekitar 4 ribu,” katanya.

Dan menurut Taufik, itu adalah sumber resiko yang dominan yang ada di Lamongan. “Faktanya ternyata kenaikan kasus ada di situ, dua kluster, nelayan dan kluster yang pulang pergi,” katanya.

Tidak hanya peningkatan penderita pada dua kluster tersebut. Tingkat kematian juga ada pada dua kluster itu.

Pesan Taufik, adalah tingkatkan kewaspadaan terutama keluarganya. Caranya adalah dengan menjalankan protokol pencegahan Covid-19, seperti pakai masker, jaga jarak fisik, cuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas serta membiasakan hidup bersih dan sehat.

Fakta penularan di Lamongan menunjukkan, bahwa orang yang tertular adalah orang yang dekat dengan penderita Covid-19.

Orang yang yang satu ruangan dan delalu bicara dekat dengan korban positif Covid-19 yang akan tertular. Jadi penularannya jarak kurang dari 1 meter. Nah, di situlah pentingnya memakai memakai masker dan tetap memperhatikan jaga jarak.

“Ini sangat penting,” tegas dr Taufika.

Bagikan

Also Read