News

Puncak Arus Balik, Gubernur Khofifah Minta Warga Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas , Kabar Terkini

Rakyatnesia – Puncak Arus Balik, Gubernur Khofifah Minta Warga Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas Pencarian seputar Berita Nasional di dunia maya kian banyak dilaksanakan masyarakat Indonesia, meski hakekatnya Berita ini akan kami bahas di artikel ini.

[quads id=10]

Pada Tulisan Puncak Arus Balik, Gubernur Khofifah Minta Warga Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas ini kami ada sebagian pembahasan yang akan kalian baca disini, dan juga mempunyai sebagian cara penjelasan lain yang bakal membikin kalian terkaget memandang atau membacanya. Jika anda senang dengan berita ini, maka bagikan dengan orang terdekat atau di media sosial kesayangan anda.

[quads id=10]

Rakyatnesia.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada akhir pekan ini. Sebab, bersamaan dengan berakhirnya masa libur sekolah pasca Lebaran dan libur hari buruh 1 Mei.

”Saya mohon masyarakat melakukan antisipasi di akhir pekan ini. Sangat mungkin terjadi kepadatan lalu lintas karena bersamaan dengan berakhirnya libur sekolah dan juga adanya long weekend,” Kata Gubernur Khofifah.

Khofifah menjelaskan, di lingkungan pendidikan di Jawa Timur yang mengacu pada Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Nomor: 420/3250/101.1/2022 tentang Kalender Pendidikan bagi Satuan Pendidikan di Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2022/2023, terdapat beberapa poin yang disampaikan terkait libur Lebaran. Di antaranya, jika Hari Raya Idul Fitri jatuh pada 21 April, libur Lebaran akan berlangsung pada 19-29 April atau 6 hari efektif setelah tanggal 2 Syawal. Sedangkan libur Idul fitri adalah 2 hari efektif sebelum 1 Syawal dan 6 hari efektif sesudah 2 Syawal ditetapkan Kementerian Agama untuk seluruh satuan pendidikan.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Siapkan Penjemputan Warga Jatim Dievakuasi dari Sudan

”Ini artinya seluruh siswa SD, SMP, SMA, dan SMK kembali masuk pada 2 Mei,” jelas Khofifah.

Gubernur menjelaskan, Perayaan Hari Raya Idul fitri 1444 H telah usai dan libur sekolah siswa dari jenjang SD hingga SMA segera berakhir. Sehingga para siswa tentu harus bersiap kembali ke rutinitas sekolah masing-masing.

”Setelah hampir dua pekan menjalani libur Lebaran 1444 H, berbagai daerah menerapkan libur Lebaran 2023 yang berbeda-beda, dan saatnya kembali beraktivitas kembali begitupun para siswa,” tutur Khofifah.

Baca Juga: Sidak Tempat Wisata, Gubernur Khofifah Titip Pesan Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Terkait hal tersebut, orang nomor satu di Jatim itu meminta para orang tua mengecek kembali jadwal masuk sekolah anak-anaknya usai Lebaran. Hal ini penting agar siswa tidak terlewat jadwal masuk sekolah.

”Mungkin bapak/ibu perlu melihat kembali kapan putra-putrinya harus kembali belajar di sekolah, jangan sampai terlewat,” ujar Khofifah.

Gubernur menyatakan, akhir pekan yang disambung libur May Day bisa menjadi pemicu terjadinya kemacetan. Oleh sebab itu, menurut dia, perlu menentukan waktu kapan harus kembali dari mudik.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Minta Semua Pihak Siap Siaga Selama Masa Mudik dan Balik Lebaran

”Saya rasa perlu menentukan kapan harus kembali karena kalau macetnya parah tentu waktu tempuh akan lebih lama dari biasanya,” papar Khofifah.

Selain itu, gubernur menganjurkan untuk memperhatikan kondisi tubuh dan kendaraan sebelum menempuh perjalanan kembali dari mudik. Juga menyiapkan berbagai obat-obatan yang diperlukan.

Dikutip dari Jawa Pos

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button