Silaturahmi dengan Masyarakat Samin, Mbak Puti Dapat Pesan Khusus dari Tetua

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN)- Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno bersilaturahmi ke rumah tetua masyarakat Samin, Harjo Kardi, di Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jumat (27/4/2018).

Dalam kunjungan itu, Mbak Puti ditemani oleh Calon Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, dan Bupati Ngawi, Budi ‘Kanang’ Sulistyono.

Mbak Puti banyak mendengar cerita dari Harjo Kardi tentang perjuangan pendahulu masyarakat Samin dalam mengusir penjajah hingga bagaimana filosofi hidup masyarakat Samin.

“Saya melihat bagaimana pun masyarakat Samin ini mempunyai sejarah dan kontribusi dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia,” kata Mbak Puti.

Namun Mbak Puti juga melihat dalam perjuangannya ada hal yang menarik dan unik dalam perjuangan masyarakat Samin melawan penjajah Belanda.

“Mereka melakukan perlawanan melalui suatu nilai kejujuran, keluhuran dan hanya diam, tapi walaupun begitu ternyata bisa membuat Belanda kewalahan,” lanjutnya.

Dari hal itu Mbak Puti melihat bahwa dengan keyakinan, kejujuran, dan keluhuran maka bisa merubah situasi yang genting sekalipun.

“Terlebih lagi di situasi politik seperti saat ini, setiap calon pemimpin dituntut mempunyai satu nilai kejujuran, keluhuran dan keikhlasan dalam mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara,” ucapnya.

Mbak Puti juga bercerita bahwa dirinya mendapatkan pesan dari Harjo Kardi untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, berlaku jujur dan berlaku luhur, ikhlas dalam mengabdikan diri dan bertemu dengan masyarakat.

“Ini sesuatu yang mahal sekarang, motivasi ini, cerminan ini, pengamalan ini harus kita ambil,” pungkasnya.

Sumber: Tribunjatim.com

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar