Dinas Pendidikan Dorong Semua Sekolah di Kabupaten Bojonegoro Ini, Punya E-Library

Sukisno

Bagikan

BERITA BOJONEGORO (RAKYATNESIA.COM) – Dalam upaya peningkatan mutu perpustakaan sekolah menuju era digital teknologi 4.0, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendorong lembaga satuan pendidikan untuk mengembangkan perpustakaan digital (e-library).

Dimana, Sekolah dimaksud yang harusnya memeiliki perpustakaan digital atau e-library, yakni, sekolah mulai dari tingkat dasar hingga menengah, baik sekolah negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Dandi Suprayitno melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro Lasiran, saat membuka kegiatan Webinar Pengembangan Perpustakaan Digital Sekolah, Rabu (21/04/2021) mengatakan dengan adanya webinar ini, para kepala perpustakaan maupun pustakawan agar mampu memanfaatkan dunia digital untuk pengembangan dunia pendidikan khususnya gerakan literasi di sekolah.

Baca Juga  Pj Kades Bungur Haryanto: Alhamdulillah, Telah Berhasil Tuntaskan Pelaksanaan APBDes 2023

“Saat ini pemerintah Kabupaten Bojonegoro sudah merencanakan seluruh kegiatan di instansi pemerintah maupun sekolah memanfaatkan dunia digital sebagai langkah penyatuan data yang digagas oleh Bupati Bojonegoro melalui program Big Data,” kata Lasiran menegaskan, Rabu (21/4/2021).

Lasiran menambahkan, sebaiknya sekolah di bawah Dindik Bojonegoro harus mulai menyiapkan seluruh buku literasi perpustakaan dalam bentuk digital, agar bisa diakses seluruh pihak. Selain sebagai sarana edukasi literasi nantinya diharapkan adanya e library ini juga memberikan nuansa yang nyaman untuk proses belajar mengajar.

Baca Juga  Pemkab Bojonegoro Bakal Gelar Operasi Pasar Murah. Ini Jadwalnya..!!

“Selain itu juga untuk peningkatan minat baca anak didik siswa di masing-masing lembaga satuan pendidikan,” ungkapnya

Webinar sendiri menggandeng Erlangga yang juga sudah memiliki platform Perpustakaan Digital. Pihaknya berharap, ke depan seluruh sekolah bisa mengakses itu melalui PlayStore maupun AppStore agar seluruh buku bacaan siswa bisa di lihat dan di baca dalam aplikasi e-library yang dimiliki oleh Airlangga.

Perlu diketahui, Webinar sendiri diikuti oleh seluruh Kepala SMPN Se Kabupaten Bojonegoro Serta kepala Perpustakaan maupun Pustakawan di seluruh Satuan Pendidikan di kabupaten Bojonegoro.

Baca Juga  Ungkap 3 Kasus Narkoba Berarti Polda Metro Jaya Bisa Selamatkan 16.380 Orang

**(Kis/Red).

Bagikan

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Post