Festival Kartini 2019 Dibuka Oleh Bupati Bojonegoro, di Gedung Serbaguna

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYAT INDEPENDEN) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa timur, gelar Festival Kartni yang berlangsung, Minggu – Senin (21-22/4/2019), di Gedung Serbaguna yang berada di Jalan KH Mansyur, Kelurahan Ledok kulon, Kecamatan Bojonegoro.

Adalah Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, dalam sambutanya mengatakan bahwa sebagai perempuan dengan pekerjaan dan profesi apapun kita tidak boleh melupakan kodratnya sebagai perempuan sebagai ibu, sebagai pendamping suami dan sebagai pendidik anak-anak.

“Semangat Kartini menjadi teladan bagi perempuan Indonesia dan yang harus kita ingat, bahwa dalam memperjuangkan kesetaraan gender tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan,“ ungkap bupati wanita pertama di Bumi Angling Dharma, sambil membuka acara tersebut, Minggu (21/4/2019).

Lanjut Bu Anna, – Bupati Bojonegoro DR Hj Anna Mu’awanah, akrab disapa – pihaknya berharap bahwa dengan semangat Hari Kartini 2019 ini, kaum perempuan di Bojonegoro ini lebih dapat mengembangkan dirinya.

“Mengembangkan diri dengan menggali potensi diberbagai bidang, serta dapat mengikuti perkembangan jaman yang semakin modern, bukan gaya hidupnya yang modern namun cara berfikirnyalah yang harus modern,” kata Bu Anna dengan penuh harap.

Sementara itu, sebelumnya Ketua Panitia Festival Kartini 2019 Dyah Enggarrini Mukti dalam laporanya menyampaikan bahwa, kegiatan Hari Kartini merupakan hari besar nasional guna memperingati RA Kartini tanggal 21 April sebagai pahlawan Wanita Indonesia ini.

“RA Kartini telah berjuang menegakkan emansipasi  wanita Indonesia sehingga berkat perjuangan beliau maka ada kesetaraan antara laki-laki dan perempuan yang disebut sebagau kesetaraan gender,” tegasnya.

Festival Kartini 2019 bertujuan, yang pertama adalah sebagai sarana sosialisasi pakaian khas daerah agar mempunyai cara pandang yang sama. Kedua untuk memberdayakan perempuan dalam meningkatkan SDMnya. Ketiga meningkatkan kesadaran para kaum laki-laki terkait emansipasi wanita. Yang keempat sebagai aksi nyata eksistensi perempuan di Kabupaten Bojonegoro ini.

Dalam Festival Kartini 2019 tersebut, digelar beberapa kegiatan, yakni, Seminar Tentang Pakaian Khas Daerah, Lomba Fashion Show, Lomba Cipta Menu berbasis potensi lokal, dan lain sebagainya.

Tampak hadir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro Amir Sahid, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Suharto,  Ibu-Ibu Tim Penggerak kabupaten, Kecamatan, serta dari berbagai organisasi perempuan lainnya.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read