Beri Kenyamanan Masyarakat, Sabhara Polres Blora Patroli Bersepeda

0 82

BLORA (Rakyat Independen)- Satuan Sabhara Polres Blora mengerahkan unit patroli sepeda di tempat-tempat keramaian dan pemusatan massa. Patroli ini bertujuan untuk memberikan bantuan pelayanan kepada masyarakat dalam situasi emergency. Selain itu patroli ini juga mejamin kamtibmas kondusif dan juga mencegah kriminalitas.

Kepala Kepolisian Resor Blora AKBP Dwi Indra Maulana melalui Kasat Sabhara AKP Djamrozi mengatakan penggunaan sepeda sebagai modal transportasi untuk patroli dinilainya lebih efisien untuk menerobos kemacetan. Kemampuan gerak cepat ini juga cukup efektif untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Keberadaan patroli polisi bersepeda mendapatkan tanggapan positif masyarakat. Patroli bersepeda ini juga bisa menjadi solusi yang efektif untuk area perbelanjaan/pasar yang padat pengunjung dan berpotensi terjadi kemacetan” Kata Kepala Kepolisian Resor Blora AKBP Dwi Indra Maulana melalui Kasat Sabhara AKP Djamrozi Minggu (27/3/2016).

Menurutnya dengan patroli bersepeda sangat efektif digunakan di tempat- tempat keramaian yang tak bisa di jangkau dengan kendaraan. AKP Djamrozi mencontohkan area-area padat yang rawan macet seperti Blok T atau kawasan swalayan. Hal ini dilakukan karena di lokasi itu sering terjadi gangguan yang membuat lokasi perbelanjaan Luwes tak nyaman. Mulai dari kendaraan yang parkir sembarangan hingga kemunculan pedagang kaki lima secara liar.

“Saat seperti itu kita kan kadang ingin mengingatkan tapi salah-salah malah ribut, nah di sini polisi bisa bergerak cepat untuk menertibkan indikasi pelanggaran,” ujarnya

Pergerakan yang lebih cepat dengan sepeda itu pun tentu bisa mendorong polisi untuk mendukung pengelola lokasi Luwes untuk lebih menjamin rasa nyaman bagi para pengunjung.

“Keamanan masyarakat tentu bagi kami yang utama,” ungkapnya.

AKP Djamrozi menambahkan patroli bersepeda memang lebih efektif digunakan ketimbang sepeda motor terutama di area kemacetan. Dengan menggunakan sepeda mereka dapat bermanuver lebih mudah daripada menggunakan kendaraan bermotor karena bobotnya yang ringan sehigga sangat efesien digunakan saat seperti kemacetan dan keramain di tempat wisata maupun tempat perbelanjaan.

“Saat ini polres blora baru memiliki lima sepeda kami berharap armada tersebut bisa di tmbah dan nanti bisa mencakup semua lokasi yang rawan kemacetan dan menjadi favorit wisatawan,” terangnya. **(Priyo).

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More