Pj Kades Bungur Haryanto: Alhamdulillah, Telah Berhasil Tuntaskan Pelaksanaan APBDes 2023

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Kepala Desa Bungur Hariyanto, Selasa  11 Juli 2023 silam, pria yang sehari-hari menjabat staf di Seksi Pemerintahan Kantor Kecamatan Kanor, Bojonegoro itu, langsung start bekerja untuk menjalankan roda pemerintah desa (Pemdes) Bungur dengan dibantu para perangkat desa tersebut.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan baik melakukan pelayanan masyarakat dan melaksanakan program pembangunan desa dengan memanfaatkan ADD (Anggaran Dana Desa), DD (Dana Desa) dan PADes (Pendapatan Asli Desa) dan dari sumber lainnya yang sah dan tidak mengikat.

Adapun kekuatan dana yang dimanfaatkan untuk kegiatan pemerintahan Desa Bungur tahun 2023 dengan APBDes sebesar Rp. 3.047.369.484,51. Alokasi bidang pelaksanaan Pembangunan desa atau pembangunan infrastruktur desa sebesar Rp 1.160.284.672,00.

Berbagai kegiatan infrastruktur yang dilaksanakan antara lain, pembangunan jalan asphal hotmix di Lingkungan RT 002, RW 003, Dusun Bungur, dengan panjang 93 meter dan lebar 3,5 meter yang menelan anggaran sebesar Rp 153.258.307;

Ada Rehab jalan paving RT 002, RW 003, Dusun Bungur, panjang 93 meter dan lebar 2,5 meter dan penambahan jalan plat beton; Pembangunan jalan paving RT 00, RW 005, Dusun Bungur Panjang 63 meter dengan lebar , 1,5 meter dan panjang 47 meter x lebar 2 meter.

Pembangunan pengurugan halaman PAUD, Pembangunan Toilet PAUD, Pembangunan Pondasi Pagar PAUD dan Pembangunan Jembatan masuk ke PAUD.

Pembangunan jalan asphal Hotmix Desa Bungur, Kecamatan Kanor, Bojonegoro, Jawa timur.

Pengurugan bahu jalan di Dusun Soka dengan panjang 136 meter, Lebar 3 meter dengan tinggi 0,25 meter, dan masih banyak pembangunan lainnya.

Tak hanya mengerjakan pembangunan infrastruktur saja, Pj Kades Bungur Haryanto juga melaksanakan penataan dengan membentuk Karang taruna Desa Bungur yang lama tak berjalan alias vakum.

Karang Taruna yang dinahkodai Syaiful Anam (22) itu, dibentuk tanggal 1 Januari 2024) lalu, dengan harapan bisa melaksanakan roda organisasi kepemudaan di Desa Bungur, yang ke depan bisa menjalankan kegiatan yang positif bagi pemuda khususnya dan bagi warga Bungur pada umumnya.

Tak hanya mendirikan Karang Taruna, Pj Kades Bungur Haryanto juga berhasil membentuk BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang diberi nama Karya Mandiri Desa Bungur.

BUMDes Karya Mandiri dibentuk tanggal 2 Januari 2024 lalu, dengan Perdes Nomor2 tahun 2024 tertanggal 31 Januari 2024, yang ditanda tangani oleh Pj Kades Bungur Haryanto.

BUMDes Karya Mandiri yang diketuai Abdul Rozak ini, bergerak di bidang usaha air bersih yang ada di desanya itu. Dalam pembayaran air bersih, warga membayar di loket BUMDes Karya Mandiri yang berada di lingkup Balai Desa Bungur itu.

BUMDes Karya Mandiri Desa Bungur, sudah melakukan perencanaan untuk mengembang usaha Jasa pelayanan pembayaran, yakni, pembayaran listrik, BPJS, Pajak Kendaraan bermotor, segala angsuran termasuk angsuran bank, pembayaran kredit sepeda motor dan jasa pembayaran lainnya.

Pembangunan jalan paving Desa Bungur, Kecamatan Kanor, Bojonegoro.

“Pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Bungur terus mendorong dan memberikan motivasi kepada BUMDes untuk melakukan inovasi, tentang pengembangan usaha yang bisa memberikan laba atas modal BUMDes dan kegiatannya pun juga bermanfaat bagi warganya,” demikian dikatakan Pj Kades Bungur Hariyanto kepada rakyatnesia.com, Selasa (12/3/2024).

Lanjut Haryanto, pihaknya terus melakukan pembangunan infrastruktur dan juga melakukan pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) dengan mengoptimalkan lembaga desa yang ada sehingga berfungsi sesuai dengan tujuannya yaitu untuk melayani masyarakat menuju kesejahteraan warga Desa Bungur ini.

“Selain melayani masyarakat dan membangun Desa Bungur, ada tugas dari atasan yang diberikan ke saya sebagai Pj Kades Bungur yaitu melakukan penataan lembaga desa yang ada dengan tujuan agar lembaga desa tersebut bisa berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Ditambahkan, pihaknya telah berhasil menyelesaikan pelayanan masyarakat dan pembagunan desa di tahun anggaran 2023. Secara perlahan dan pasti, juga melakukan pembinaan sekaligus penataan kembali lembaga desa sehingga bisa bekerja untuk masyarakat lebih optimal lagi.

“Alhamdulillan, kami (Pj Kades Bungur) bersama perangkat desa dan dibantu lembaga desa telah berhasil menuntaskan pembangunan desa yang tercantum dalam APBDes Bungur Tahun Anggaran 2023. Kini kita bersiap untuk melaksanakan APBDes 2024 yang muaranya untuk menuju kesejahteraan warga Desa Bungur ini,” kata Pj kades Bungur Haryanto menegaskan.

Di akhir komentarnya, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para perangkat desa, BPD, LPMD, PKK dan lembaga desa lainnya yang telah membantu kerja pemerintah desa sehingga berhasil menuntaskan pelaksanaan APBDes 2023 lalu.

“Di tahun anggaran 2024 ini, mudah-mudahan pembangunan semakin meningkatkan, lembaga desa dapat berfungsi dengan baik. Tak hanya itu, peningkatan SDM warga Desa Bungur atau yang biasa disebut pembangunan manusia seutuhnya akan bisa berjalan semakin baik dan makin meningkat, amiin…,” pungkasnya.

**(Kis/Adv).

Bagikan

Also Read