Pelatihan 161 Satlinmas oleh Bakesbangpol Linmas Bojonegoro, Di Cancung Bubulan

Sukisno

Pelatihan 161 Satlinmas oleh Bakesbangpol Linmas Bojonegoro, Di Cancung Bubulan
Bagikan

BOJONEGORO (Rakyat Independen)- Guna meningkatkan peran serta Satuan perlingungan masyarakat/kelurahan (Satlinmas), Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Bakesbangpol Linmas (Badan Kesatuan Pembangunan Politik dan Perlindungan Masyarakat) mengadakan kegiatan pelatihan Satlinmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Salah satunya, adalah pelatihan Satlinmas di 5 (lima) Kecamatan yakni, Kecamatan Bubulan, Ngambon, Dander, Gondang dan Sekar, yang dilaksanakan di Balai Desa Cancung, Kecamatan Bubulan, Bojonegoro, Rabo – Kamis (9-10/3/2016).

Kepala Bakesbangpol Linmas Kusbiyanto memberikan sambutan sekaligus berkenan membuka pelatihan tersebut. Dalam sambutanya, Kusbiyanto menyampaikan tentang sejarah Linmas dari jaman dulu hingga saat ini. Dimana, Linmas itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena Linmas terbukti mampu menjadi pelindung dan pengayom masyarakat.

“Karena keikhlasan Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang mau menjadi anggota Satlinmas, sehingga saya yakin nanti Bapak-bapak dan Ibu-ibu anggota Linmas, amalnya pasti banyak sehingga akan masuk surga,” kata Kusbiyanto yang diamini para peserta pelatihan.

Kepala Bidang Linmas Bakesbangpol Linmas Bojonegoro Sami’un, yang didapuk sebagai Ketua panitia pelatihan mengatakan, untuk pelatihan kali ini diikuti 5 (lima) kecamatan dan masing-masing desa mengirimkan 4 (empat) utusan Linmas dan ditambah Kasi Linmas dari 5 (lima) kecamatan yang mengikuti pelatihan tersebut.

“Pelatihan diikuti 161 peserta dari 5 (lima) Kecamatan dan kegiatan dilaksanakan 2 (dua) hari. Hari pertama materi Linmas dari para nara sumber yang diundang khusus oleh Bakesbangpol Linmas untuk kegiatan ini. Untuk hari kedua kegiatan praktek lapangan yakni praktek baris berbaris, Tanggap bencana dan Pemahaman tentang Peraturan Lalu lintas.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan 2 (dua) hari, yang telah dibuka oleh Kepala Bakesbangpol Linmas Bojonegoro Kusbiyanto Rabu (9/3/2016) itu, menghadirkan para nara sumber dan instruktur dari Polres Bojonegoro Ismawati, dari Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polres Bojonegoro dengan nara sumber Pranoto, dari Brimob Bojonegoro AKP Sujono, dari Dinas Perhubungan (Dishub) Irianto, dari Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Supriyanto dan dari Bakesbangpol Linmas Kusbiyanto yang juga Kepala Bakesbangpol Linmas Bojonegoro itu.

Sementara itu, Camat Bubulan Mohammad Yasir, dalam sambutanya mengatakan, agar Satlinmas jangan lengah dengan berbagai persoalan yang timbul di masyarkat.

“Jangan lengah dengan lingkungan kita. Kalau perlu, jika ada tamu di cek, jangan sampai “kecolongan” karena bisa jadi orang yang bertamu ke warga kita itu, ternyata orang yang berbahaya seperti teroris atau aliran sesat seperti yang terjadi akhir-akhir ini. Jika Linmas waspada, mereka bisa melaporkan hal itu sehingga bisa masalah bisa dicegah,” tegasnya.

Masih menurut Yasir (demikian Camat Bubulan Mohammad Yasir, biasa disapa), pihaknya sebagai tuan rumah kegiatan menyampaikan permohonan maaf, jika ada suguhan dan tempat yang kurang berkenan. Selain itu, juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta pelatihan di Kecamatan Bubulan.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Bubulan AKP Desis Susilo, Danramil Bubulan Kapten Inf Syaiful, Camat Sekar Arifin, Camat Dander Fatchur Rochman, Kepala Desa Cancung Pujianto dan undangan lainnya. **(Kis/Agung MD).

Bagikan

Also Read

Tinggalkan komentar