Pencarian Pesawat Smart Masih Terus Dilakukan

moch akbar fitrianto

Pesawat Smart Air
Bagikan

Pada Jumat 8 Maret 2024 kemarin, Pesawat milik Smart Air Dilaporkan hilang dan hilang kontak. Setelah berangkat dari Bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan dalam kegiatan pencarian hari ini melibatkan personel TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Search and Rescue (SAR). Pencarian dilakukan baik di darat dan udara.

“Rencana kegiatan pada tanggal 09 Maret 2024, pencarian jalur darat ada 20 personel TNI, 20 personel polres, 10 orang personel Brimob, 10 orang dari BPBD dan 6 orang dari SAR,” kata Trunoyudo dalam keterangan tertulis, Sabtu, 9 Maret 2024.

Baca juga : Kronologi Hilangnya Pesawat Smart Air Di Nunukan, Kalimantan Utara

Sementara itu, pencarian melalui udara dilakukan menggunakan pesawat dan helikopter, yakni Pesawat Smart PK SNG, Pesawat Susi Air, dan Hely Bell 412. Dengan jumlah personel 14 orang yang terdiri atas TNI 1 orang, Polres, 1 orang, Brimob 2 orang, BPBD 4 orang, dan SAR 6 orang.

Menurut dia, tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Jakarta akan tiba di Bandara Malinau untuk melakukan koordinasi sekitar pukul 13.30 Wita, Sabtu, 9 Maret 2024. Kemudian, akan membuat posko darurat di Bandara Malinau.

“Yang diawaki personel gabungan Basarnas, BPBD Kabupaten Malinau , Polres Malinau, Kodim 0910 Malinau,” ujar Trunoyudo.

Untuk diketahui, pesawat perintis yang dikabarkan hilang kontak itu, merupakan pesawat milik maskapai PT Smart Aviation, yang take off dari Bandara Juwata Tarakan pukul 08.25 Wita, Jumat, 8 Maret 2024. Pesawat tersebut membawa muatan kargo 583 kilogram yang diawaki pilot Capt M Yusuf dan satu engineer on board atau EOB bernama Deni S.

Seharusnya pesawat tersebut sudah landing di Binuang, Kabupaten Nunukan, pada pukul 09.25 Wita. Namun hingga kini, keberadaan pesawat itu masih belum diketahui dan masih dalam upaya pencaraian.

Bagikan

Also Read

Tags