Pemdes Gamongan, Tambakrejo Sukses Bagikan 1.363 Sertipikat PTSL

moch akbar fitrianto

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan Presiden RI H. Joko Widodo, melalui Menteri ATR/BPN beserta jajarannya, berlangsung sukses.

PTSL bertujuan untuk memberikan Sertipikat gratis kepada warga dan untuk mengetahui data lebih luas area Tanah yang Kongkrit di setiap Desa di seluruh Indonesia, sehingga bisa meminimalisir sengketa tanah yg sering terjadi.

Di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, kegiatan program PTSL juga berjalan lancar dan bisa dibilang meraih sukses. Termasuk juga kegiatan serupa yang berlangsung di Desa Gamongan, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro.

Guna menyelesaikan program PTSL di Desa Gamongan, panitia PTSL dalam mengerjakan tahapan adminitrasi atau berkas pengajuan PTSL oleh warganya dikerjakan baik siang hingga malam hari.

Hal itu bertujuan agar, panitia program PTSL 2022 Desa Gamongan bisa menyelesaikan sesuai target dan waktu yang ditentukan Oleh BPN Bojonegoro tersebut.

Kades Gamongan H. Kurlan didampingi Kepala ATR/BPN Bojonegoro saat menyerahkan Sertipikat PTSL secara simbolis, di balai desa setempat, Selasa (12/2/2023).

Alhasil, kerja keras dari panitia PTSL Desa Gamongan menuai hasil sehingga, bisa membagikan 1.363 sertifikat tersebut.

Kegiatan pembagian Sertipikat PTSL digelar di balai desa setempat, Selasa, (14/2/23) pagi.

Penyerahan sertifikat tersebut dihadiri Serma Suyadi Batituud Koramil Tambakrejo, Iptu M.Tohir Kapolsek Tambakrejo, Kepala BPN Bojonegoro Fatchur Rochman, Ketua Panitia PTSL Ngari, Tokoh masyarakat dan tokoh Agama, BPD, Ketua RT/RW dan semua Warga sebagai penerima Sertifikat tersebut.

Kades Gamongan H. Kurlan,SE, kepada para awak media menyampaikan bahwa pihaknya sangat bersyukur kepada Allah SWT karena atas berkahnya, kegiatan PTSL bisa berjalan lancar dan hari ini sudah bisa dibagikan.

“Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah SWT, pelaksanaan kegiatan Sertipikat PTSL meraih sukses. Berterima kasih kepada penitia yang telah bekerja keras menyelasaikan tugasnya dengan baik,” ungkap Kades Gamongan H. Kurlan, Selasa (12/2/2023).

Lanjut H. Kurlan, hari ini pihaknya telah menyerahkan Sertipikat PTSL 1.363 ke Pemohon.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Ibu Anna Mu’awanah (Bupati Bojonegoro) dan ATR/BPN Bojonegoro serta semua pihak yang membantu termasuk warga sebagai pemohon yang turut mensukseskan program PTSL Desa Gamongan ini,” kata H. Kurlan menegaskan.

Dalam Kesempatan yang sama, Camat Tambakrejo Zenny Bachtiar.S.STP, dalam sambutanya menyampaikan bahwa pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia yang sudah kerja keras melaksanakan tugas pengukuran tanah, pendataan PTSL, pemberkasan data, hingga puncaknya adalah pembagian Sertipikat PTSL yang digelar saat ini.

“Semoga program ini membawa berkah fidunya wal akiroh, sehingga pesan kami sertipikat yang sudah diterima itu disimpan dengan baik atau bisa dipergunakan sesuai dengan keperuntukannya,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala BPN Bojonegoro Fatchur Rochman menyampaikan kepada para penerima Sertipikat agar meneliti dan mencermati bidang tanah di dalam Sertipikat yang diterima itu, karena banyaknya nama yang sama, dan luas tanah, sehingga butuh pengecekan jika ada kekeliruan bisa menghubungi panitia untuk dilakukan revisi.

Suasana, pembagkan Sertipikat PTSL Desa Gamongan, yang berlangsung di balai desa setempat, Selasa (12/2/2023).

Lanjut Fatchur Rohman, bahwa petugas ukur tidak mengukur luas tanah tapi mengukur batas tanah baru muncul luas. Jika sudah data di Sertipikat sudah benar agar disimpan dengan baik.

“Jika terjadi Sertipikat hilang maka perlu laporan ke Polsek setempat dan mengurus ulang lagi. Kalau memang bisa di gunakan untuk agunan pinjam modal di Bank, untuk usaha silahkan, semoga bermanfaat,” terangnya.

Perlu diketahui, penyerahan Sertifikat PTSL secara Simbolis diserahkan oleh Batituud Serma Suyadi Koramil Tambakrejo yang didampingi Kades Gamongan H. Kurlan menerima Sertipikat secara simbolis dari Fatchur Rohman Kepala BPN Bojonegoro.

Salah seorang penerima Sertipikat PTSL Suparman yang menjadi pemohon 3 (tiga) sertifikat itu menyampaikan, bawa dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemdes Gamongan yang telah melaksanakan program PTSL tersebut

“Program Sertipikat PTSL sangat membantu masyarakat karena aman, murah dan waktu pengurusan kolektif dan tidak pakai lama,” ujar Suparman, warga Desa Gamongan RT 001, RW 004 itu.

**(Yan/Red).

Bagikan

Also Read