Jis Vs Gbk, Siapa Penguasa Jakarta? Inilah Klaim Masing-Masing Capres Soal Jumlah Akseptor Yang Hadir

moch akbar fitrianto

Bagikan

JIS VS GBK, SIAPA PENGUASA JAKARTA? Inilah Klaim Masing-masing Capres soal Jumlah Peserta yang Hadir

Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta Utara, ialah stadion yang menjadi salah satu yang paling besar di Asia yang mempunyai kapasitas 82.000 dingklik penonton, belum tergolong lapangannya di saat dibuka untuk kerumunan.

JIS ialah stadion sepak bola yang mulai dibangun 2019 di abad Anies Baswedan menjabat gubernur DKI Jakarta.

“Sederhana, (karena) kapasitasnya besar,” kata Anies menyebut argumentasi memutuskan JIS selaku lokasi kampanye pamungkas.

Selain itu, ia mengeklaim bangunan yang menghabiskan budget sekitar Rp5 triliun itu dibangun sepenuhnya oleh tenaga kerja Indonesia.

“Ini karya anak bangsa, JIS itu simbol keringat anak Indonesia,” katanya.

Dalam peluang lainnya, Anies mengaku terkejut tiket masuk kampanye akbarnya itu sudah diakses lebih dari 3,5 juta kali dalam waktu “puluhan menit”.

“Ini mengalahkan reservasi tiket (konser) Coldplay,” katanya di akun Instagram. Hal ini juga pertanda musim pendukungnya yang tinggi datang.

Sementara, Juru bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN, Amiruddin Al Rahab menyampaikan penduduk yang tiba bukan cuma berasal dari Jakarta. Tapi juga Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah sampai Sumatera. “Perkiraan di atas kertas, Jakarta bisa kita kuasai sepenuhnya,” katanya dikutip dari BBC News Indonesia, Minggu (10/2/2024).

Ia juga meyakini kampanye pamungkas AMIN akan memperbesar elektablitas, dan putaran kedua sungguh memungkinkan.

“Secara rasional jikalau tiga kontestan, itu niscaya akan terjadi dua putaran,” tambah Amiruddin.

Analis komunikasi politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Nyarwi Ahmad menganggap pasangan Anies-Muhaimin ini sudah sempurna memutuskan JIS selaku lokasi kampanye pamungkas.

Terlepas dari kontroversi JIS, Nyarwi mengakui stadion dengan luas total 66,6 hektar itu ialah prestasi Anies dikala menjabat gubernur Jakarta.

“Bukan cuma memperkuat pendukungnya di Jakarta, namun juga ingin mengaplifikasi glory (kejayaan) dari JIS itu sendiri… Saya kira Anies juga ingin mendapat sorotan yang lebih optimal di kampanye terakhir ini,” katanya.

Prabowo-Gibran: GBK mengingatkan abad Jokowi dan mimpi Bung Karno

Sementara itu, pasangan nomor urut dua, Prabowo-Gibran akan menggelar puncak kampanye terbukanya di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Direktur Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi menyampaikan ketentuan lokasi ini ialah janji kolektif yang dipastikan bareng KPU.

“Karena Jakarta itu mama kota,” kata Viva Yoga menerangkan argumentasi memutuskan GBK selaku lokasi kampanye pamungkas. Stadion GBK yang mulai dibuka pada 1962 ini mempunyai kapasitas di tribun sebanyak 74.000 kursi, dan memungkinkan kapasitasnya bisa lebih dipenuhi lagi di saat lapangan dibuka untuk kerumunan.

Dalam orasinya, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengklaim sekitar 600.000 orang penunjang yang datang ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Kampanye Akbar terakhir, pada Sabtu (10/2/2024).

Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebut jumlah hadirin yang diperkirakan hadir tadinya meraih 200.000 orang, Namun, dalam laporannya ternyata ada nyaris 600.000 warga berbondong-bondong ke GBK.

Dia menyampaikan program semestinya mulai pukul 15.00 WIB sesuai usul resmi yang dibagikan, tetapi banyaknya hadirin yang sudah mengantre sejak pukul 09.00 menghasilkan program dipercepat.

“Harusnya program siang hari ini usul resmi yakni jam 15.00 namun saya sanggup laporan tadi saudara-saudara sudah berdiri di sini sejak jam 09.00 sebab itu saya putuskan program dipercepat,” ujarnya.

Bahkan ia juga meminta maaf terhadap warga DKI Jakarta sebab program Kampanye Akbar ini sudah memunculkan kemacetan seiring hadirin yang datang lebih dari ekspektasi.

Kampanye akbar bertajuk ‘Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju’ akan mendatangkan sejumlah grup band dan penyanyi ternama.

Menurut persepsi Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies Nyarwi Ahmad, kampanye terbuka terakhir pasangan Prabowo-Gibran di GBK itu mengingatkan kembali ingatan ‘Konser Salam Dua Jari’ yang dijalankan Jokowi-JK pada Pilpres 2014 silam di GBK.  “Ini mengingatkan abad Jokowi dahulu ya,” katanya.

Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies ini juga menggaris bawahi bahwa masing-masing capres-cawapres di kampanye terakhir berupaya memperkuat citra.

“Tapi saya kira pasti dari tempat Prabowo ingin memposisikan dirinya, bahwa Prabowo punya semangat menjinjing Indonesia seumpama mimpi Bung Karno. Nasionalis di situ,” kata Nyarwi.

Ganjar-Mahfud: ‘Jawa Tengah yakni Kandang Banteng, penggalan dari menjaga wilayah kita’

Megawati Soekarno Putri berjoget bareng Nassar KDI dikala kampanye akbar terakhir di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024)
Megawati Soekarno Putri berjoget bareng Nassar KDI dikala kampanye akbar terakhir di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024) (Istimewa)

Berbeda dari dua pasangan lainnya, calon nomor urut tiga pasangan Ganjar-Mahfud akan menggelar kampanye pamungkas di luar Jakarta, yakni di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Jawa Tengah.

“Jadi, program di gelar di Semarang, yakni penggalan dari semacam rasa terima kasih dan juga ingin menggiatkan warga Jawa Tengah yang selama ini setia mendukung Pak Ganjar untuk turut serta bergembira dalam berkampanye di Pilpres 2024,” kata Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Chico Hakim terhadap BBC News Indonesia.

Selain itu, tambah Chico, Jawa Tengah ialah ‘kandang banteng’ alias kantong paling besar dari PDI Perjuangan.

“Ini penggalan dari menjaga wilayah kita sendiri,” katanya.

Dalam informasi lainnya, Agustina Wilujeng, Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jateng Ganjar-Mahfud menyampaikan penyeleksian Semarang selaku lokasi kampanye pamungkas selaku seni administrasi pemenangan untuk meneguhkan Jawa Tengah selaku sangkar banteng.

“Kami akan mati-matian menjaga Jawa Tengah selaku sangkar banteng, tidak cuma pemilu legislatif, tetapi juga pemilu presiden,” kata Agustina.

Ia menambahkan, sekitar 135 ribu orang akan membanjiri wilayah Simpang Lima.

Sementara, Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies Nyarwi Ahmad juga melihat, ‘kandang banteng‘ ini akan sungguh-sungguh dijaga pemiliknya, sebab sebelumnya sudah menjadi target dari kampanye Prabowo-Gibran.

“Karena itu, saya kira Ganjar ingin mengglorifikasi semangat dari para pendukungnya, untuk mempertahankan, basis Jawa Tengah dan Yogyakarta,” katanya.

Kenapa mesti ada kampanye akbar?

Kampanye terbuka, seumpama halnya yang sudah-sudah dan nyaris terjadi di negara meningkat akan ditandai dengan aktivitas panggung dan diwarnai hiburan musik dan joget bersama.

Hal ini juga kemungkinan akan terjadi dalam kampanye pamungkas Pilpres 2024.

Pengamat politik dari BRIN, Aisah Putri Budiarti menjelaskan, pada tahap ini sebelum mengenali hasil pemilu nanti, dan selaku titik akhir, maka kampanye riang besar hati menjadi cara bagi capres-cawapres untuk berterima kasih terhadap seluruh pendukungnya selama ini.

“Di luar itu, ada simbolik bahwa pemilu yakni kegembiraan demokrasi sehingga program musik menghibur rakyat menjadi penggalan dari upaya memaknai itu,” kata Puput – sapaan Aisah Putri Budiarti.

Namun, di balik itu juga terdapat upaya pembuktian masing-masing calon dalam menghimpun massa besar yang dapat menunjukan siapa yang mempunyai penunjang besar.

“Dan secara psikologis akan mempengaruhi persepsi pemilih wacana bisa atau tidaknya menang pemilu,” terang Puput.

Ia menyertakan kampanye akbar juga mempunyai efek pada dogma pemilih terhadap peluang jagoannya untuk menang.

“Oleh sebab itu, capres-cawapres memutuskan berkampanye di tempat yang besar (dapat menghimpun massa masif) dan di wilayah yang ialah basis massa pendukungnya,” katanya.

(*/tribun-medan.com)

Baca berita TRIBUN MEDAN lainnya di Google News

Ikuti juga informasi yang lain di Facebook, Instagram dan Twitter 

Bagikan

Also Read