Hasil Simpulan Piala Asia 2023, Qatar Juara Modal Hattrick Pinalti Akram Afif, Yordania Balas 1 Gol

moch akbar fitrianto

Bagikan

Hasil Final Piala Asia 2023, Qatar Juara Modal Hattrick Pinalti Akram Afif, Yordania Balas 1 Gol

Tribun-Medan.com – Qatar Juara Piala Asia 2023 dengan status tuan rumah. Hasil final Piala Asia 2023 antara Yordania vs Qatar selsai dengan skor 1-3, Sabtu (10/2/2024) malam.

Berlangsung di Lusail Stadium, Qatar mengambil inisiatif serangan dan memegang kontrol permainan di permulaan babak pertama.

Hasilnya, Qatar mendapat penalti pada menit 20 setelah Akram Afif dilanggar pemain Yordania. Akram Afif yang menjadi algojo penalti Qatar pun sukses menunaikan tugasnya.

 

Di permulaan babak kedua, Yordania membalikkan kondisi dan menguasai permainan. Hasilnya anak bimbing Hussein Ammouta bisa menyamakan kedudukan pada menit 67 lewat tendangan Yazan Al Naimat.

 
Namun, Qatar kembali memperoleh penalti sesudah pemain bertahan Yordania melakukan pelanggaran dalam kotak 12 pass.

Akram Afif menjalankan tugasnya dengan baik sehingga mengganti papan skor menjadi 2-1.

Di injury time, Qatar kembali mencetak gol lewat titik putih lewat tendangan Akram Afif yang menjadikannya hattrick dalam adu ini.

Hingga 13 menit waktu pelengkap babak kedua berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta dan Qatar keluar selaku jawara Piala Asia 2023.

Qatar back to back atau menjaga juara Piala Asia sesudah mengalahkan Yordania. Pada edisi sebelumnya tahun 2019, Qatar mengalahkan Jepang di adu final dengan skor identik 3-1.

Tim asuhan Marquez Lopez menjadi tim kelima dalam sejarah Piala Asia sejak tahun 1956 yang sukses juara secara beruntun.

Sebelum Qatar ada Korea Selatan, 1956, 1960), Iran (1968, 1972, 1976), Arab Saudi (1984, 1988), dan Jepang (2000, 2004).

Di segi lain, hattrick Akram Afif di adu final ini menciptakan dirinya menjadi top skor Piala Asia 2023 dengan koleksi 8 gol melalui capaian striker Irak, Aymen Hussein (6 gol).

Jalannya Pertandingan

Laga berjalan dengan intensitas tinggi semenjak peluit kick-off dibunyikan wasit.

Dalam lima menit pertama, sudah tiga pelanggaran dari kedua tim yang mengakibatkan permainan dilarang sejenak.

Pada menit keenam, Qatar mendapat potensi pertama dari tusukan Akram Afif di segi sayap kiri.

Tapi tendangannya yang mengincar tiang bersahabat sanggup diblok kiper Yordania, Yazeed Abulaila.

Dua menit berselang, kandidat pemain terbaik di Piala Asia 2023 itu kembali menembar ancaman, tendangannya dari jarak bersahabat terlalu lemah sehingga sanggup ditangkap Yazeed.

Lima belas menit babak pertama bergulir, Qatar mendominasi penguasaan bola dibandingkan Yordania.

Pada menit ke-16 dari bagan serangan balik yang cepat, Yordania menghasilkan satu peluang dari tendangan keras Yazan Al Naimat di luar kotak penalti.

Bola tendangannya sempurna sasaran ke gawang, tetapi sanggup ditepis Mexhaal Barsham, kiper Qatar.

Para pemain Yordania melaksanakan selebrasi sesudah mengalahkan Korea Selatan di penghujung pertarungan sepak bola semifinal Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha, pada 6 Februari 2024.
Para pemain Yordania melaksanakan selebrasi sesudah mengalahkan Korea Selatan di penghujung pertarungan sepak bola semifinal Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmad Bin Ali di Al-Rayyan, sebelah barat Doha, pada 6 Februari 2024. (Giuseppe CACACE / AFP)

Empat menit berselang, Qatar mendapat kado penalti dari wasit sesudah Abdallah Nasib menjatuhkan Akram Afif di kotak penalti.

Akram Afif yang maju selaku eksekutor penalti Qatar menjalankan tugasnya dengan baik sekaligus menenteng timnya unggul 1-0 atas Yordania pada menit 22.

Bola yang mengarah ke segi kanan gawang gagal dijangkau Yazeed yang sudah membaca arah bola dengan baik.

Setelah gol Akram Afif, adu berjalan semakin menarik.

Impact pemain Al Sadd SC itu begitu memengaruhi permainan. Umpannya dari tendangan penjuru disambut Lucas Mendes dengan sundulannya.

Namun, peluang tersebut sanggup ditepis oleh Yazeed.

Pada injury time babak pertama, adu sempat tertunda alasannya merupakan cedera yang dialami Akram Afif. Dia mendaoat perawatan medis sampai ditandu keluar lapangan.

Beruntung bagi Qatar, Afif masih sanggup melanjutkan permainan.

Hingga jeda turun minum, Qatar bisa menjaga keistimewaan 1-0 dari Yordania.

Penyerang Qatar #11 Akram Afif merayakan sesudah mencetak gol pertama
Penyerang Qatar #11 Akram Afif merayakan sesudah mencetak gol pertama timnya dari tendangan penalti pada pertarungan sepak bola final Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Yordania dan Qatar di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 10 Februari 2024. (HECTOR RETAMAL / AFP)

Sejauh ini, Yordania asuhan Hussein Ammouta masih kesusahan menyebarkan permainan, Mahmoud Al Mardi dan kolega cuma menjajal peruntungan dengan umpan-umpan direct ke lini depan yang belum efektif.

Yordani bukan tanpa perlawanan, upaya mereka dari segi kanan.

Pada menit 56, Ali Oliwan memperoleh bola dari rekannya, ia menertibkan bola kemudian melaksanakan tendangan akrobatik (salto).

Namun sayang, bola tendangannya masih melebar dari gawang Qatar.

Dua menit berselang, kiper Qatar Barshaam melaksanakan evakuasi gemilang dengan menepis tendangan terukur Haddad.

Dia juga sukses menepis bola tendangan voli dari Ehsan Haddad. 

Upaya Yordania untuk menyamakan kedudukan tak henti-hentinya. 

Anak bimbing Hussein Ammouta lebih berangasan dikala berada di sepertiga simpulan lapangan. Sontekan Ali Oliwan menggunakan kaki belakangnya juga masih melebar tipis dari gawang Barsham.

Upaya Yordania menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit 67.

Umpan silang Ehsan Haddad ke kotak penalti dari segi kanan diterima Yazan Al Naimat.

Pemain bernomor punggung 11 itu menertibkan bola sejanak sebelum melepaskan tendangan keras kaki kiri yang tidak sanggup dijangkau oleh Meshaal Barsham.

Skor 1-1 untuk kedua tim.

Keadaan tersebut cuma bertahan empat menit. Qatar kembali memperoleh penalti sesudah pelanggaran yang ditangani Mahmoud Al Mardi di kotak penalti.

Wasit sempat mengevaluasi VAR sebelum tentukan penalti. Akram Afif yang kembali menjadi algojo penalti Qatar berhasil menjalankan tugasnya.

Qatar sekarang unggul 2-1 dari Yordania.

Pada injury time babak kedua, adangan keras Yazeed kepada Akram Afif mengharuskan wasit meninjau lewat VAR, apakah insiden tersebut mengandung elemen pelanggaran.

Benar saja, wasit Ma Ning yang menjadi pengadil dalam pertarungan ini menampilkan penalti kepada Qatar.

Akram Afif mencetak hattrick dalam adu ini lewat titik penalti.

Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada lagi pelengkap gol yang tercipta, Qatar menang dengan skor 3-1 atas Yordania.

Susunan Pemain Yordania vs Qatar

Yordania

Yazeed Abulaila, Abdallah Nasib, Yazan Al Arab, Noor Al Rawabdeh, Ali Olwan, Mousa Tamari, Yazan Al Naimat, Mahmoud Al Mardi, Salem Al Ajalin, Nizar Al Rashdan, Ehsan Haddad.

Pelatih: Hussein Ammouta

Qatar

Meshaal Barsham, Almahdi Ali, Tarek Salman, Lucas Mendes, Mohammed Waad, Yusuf Abdurisag, Hassan Al Haydos, Ahmed Fathy, Hassem Gaber, Akram Afif, Almoez Ali.

Pelatih: Marquez Lopez

(*/Tribun-Medan.com) 

Bagikan

Also Read