Istana Bocorkan Isi Obrolan Joko Widodo Ketika Berjumpa Ahy Di Yogyakarta, Sinyal Reshuffle Kabinet?

moch akbar fitrianto

Bagikan

Istana Bocorkan Isi Pembicaraan Jokowi di saat Bertemu AHY di Yogyakarta, Sinyal Reshuffle Kabinet?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalankan konferensi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Minggu (28/1/2024) pagi.

Pertemuan antara Jokowi dengan AHY berjalan di Yogyakarta.

Berdasarkan video yang diperoleh Tribunnews.com, terlihat Jokowi dan AHY sedang mengkonsumsi masakan bersama.

Mereka duduk berhadap-hadapan sesekali mengkonsumsi masakan yang sudah dihidangkan di depan mereka.

Seperti diketahui, AHY dan Jokowi sejak beberapa hari kemudian berada di Yogyakarta.

Jokowi bermain bola bareng warga di Lapangan Gamplong, Moyudan, Kabupaten Sleman pada Sabtu (27/1/2024) sore.

Sementara AHY berada di Yogyakarta untuk berkampanye.

Istana Bocorkan Isi Pembicaraan

Sejumlah hal dibahas oleh Presiden bareng AHY dalam konferensi tersebut. Mulai dari topik ringan, permasalahan kebangsaan hingga suasana politik kini ini.

“Pertemuan dengan Mas AHY membicarakan mulai hal-hal yang ringan-ringan hingga dengan problem kebangsaan dan suasana perpolitikan di tanah air,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana.

Menurut Ari, konferensi antara Jokowi dengan AHY merupakan hal biasa.

Presiden Jokowi kerap menggelar konferensi dengan tokoh tokoh politik, utamanya pada final pekan.

“Presiden berjumpa dengan tokoh-tokoh politik merupakan hal yang biasa. Apalagi itu dijalankan di hari libur, dalam suasana informal, rileks, sambil sarapan,” katanya.

Pertemuan tersebut kata Ari dijalankan untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antar tokoh politik untuk kebaikan bangsa.

“Karena problem bangsa tidak sanggup ditanggulangi sendiri, perlu semangat kolaborasi, kerja sama dan sinergi,” katanya.

Sebelumnya Presiden sejak permulaan tahun ini menggelar konferensi dengan sejumlah Ketua Umum Partai pengusung Prabowo-Gibran.

Presiden berjumpa dengan Ketua Umum Gerindra yang juga Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto pada Jumat malam, 5 Januari 2023.

Presiden menggelar makan malam secara tertutup dengan Prabowo di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat.

Keesokan harinya, Sabtu 6 Januari 2023 Presiden berjumpa dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Istana Bogor, Jawa Barat.

Dalam peluang tersebut Presiden olahraga pagi dan sarapan bareng Airlangga.

Setelah itu, satu hari kemudian tepatnya Minggu 7 Januari 2023, Presiden berjumpa Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Presiden makan siang bareng Zulkifli di Medja Restaurant, Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat.

AHY Bersepeda Bareng Jokowi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berolahraga pagi di sekeliling wilayah Alun-Alun Yogyakarta bareng Presiden ke-7 Republik Indonesia Joko Widodo, Minggu (28/1/2024) pagi.

“Pagi hari ini saya berolahraga dengan bersepeda bareng Bapak Presiden Jokowi di Daerah Istimewa Yogyakarta, sambil menikmati suasana Jogja yang begitu menyenangkan,” ucap AHY.

“Setelah melalui beberapa jalan di sekeliling Alun-Alun, kami mampir di Gudeg Yu Djum Wijilan, untuk sarapan pagi dengan santapan spesialnya,” sambung AHY.

Setelah bersepeda, AHY dan Jokowi lanjut sarapan bareng di kawasan masakan Gudeg di Wijilan.

“Usai bersepeda dan sarapan bareng Bapak Jokowi, kami banyak berdiskusi membicarakan isu-isu kebangsaan dan pasti terkait kesiapan Pemilu biar berjalan dengan aman, tenang dan demokratis,” kata AHY.

“Gudegnya mak-nyus. Sehat senantiasa Pak Jokowi. Semoga senantiasa dikaruniai kelangsungan untuk merampungkan masa dedikasi ini,” kata AHY.

Sinyal Reshuffle Kabinet?

Pertemuan antara Jokowi dengan AHY tidak dibantah menimbulkan warta reshuffle kabinet.

Pasalnya beberapa hari belakangan, kabinet Jokowi santer diisukan dengan bakal mundurnya sejumlah menteri.

Mulai dari kabar Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berencana mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Meski, Sri Mulyani membantah kabar bakal mundurnya dirinya dari kabinet.

Usai menghadiri rapat intern di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (19/1/2024), sambil berjalan ke arah kendaraan beroda empat dinasnya, Sri Mulyani menyampaikan dirinya bekerja.

“Aku mau maju, saya mau maju, saya bekerja, bekerja,” katanya.

Sri Mulyani mengatakan,  dirinya masih melakukan pekerjaan menyerupai biasa.

“Masak? Ini masih kerja,” kata Sri Mulyani 

Sri Mulyani kemudian tersenyum menanggapi ihwal tersebut, tergolong di saat ditanya tentang warta dirinya yang berseberangan dengan Prabowo Subianto.

Isu mundurnya Sri Mulyani dari kabinet dilontarkan oleh Faisal Basri dalam suatu program pekan waktu lalu.

Ia menyebut ada beberapa menteri yang siap mengundurkan diri dari kabinet Jokowi. Selain Sri Mulyani, ia juga menyebut nama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Pak Basuki (Menteri PUPR), dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat.

Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (Sekretaris Kabinet) sudah gagap.

Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing,” klaim Faisal dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1).

Di sela-sela Aksi Kamisan di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (18/1) kemudian Faisal memastikan dirinya tidak secara pribadi membujuk Sri Mulyani maupun Basuki untuk mundur dari kabinet.

Ia mengaku mendesak dan menyuarakan biar penduduk juga menyediakan desakan biar menteri-menteri mundur.

“Saya enggak (tidak mendesak langsung). Saya disclaimer, saya tidak berafiliasi pribadi dengan yang saya sebut. Makara saya juga jaga jarak gitu,” ujar Faisal. “Tapi, saya kenal Bu Sri Mulyani yang punya integritas dan saya rasa 99 persen dia resah. Makara bibit-bibitnya sudah terlihat,” tuturnya.

Menurut Faisal di sekarang ini para menteri, tergolong Sri Mulyani sedang menjumlah banyak sekali efek jikalau mengundurkan diri.

Faisal juga menyatakan dirinya belum mendengar pribadi pernyataan mundur dari Sri Mulyani maupun Basuki.

Dia menduga, para menteri masih menanti saat-saat yang sempurna untuk mengundurkan diri.

“Oleh sebab itu, ayo kita suarakan terus, teman-teman suarakan terus (untuk mundur). Karena ini usaha moral. Dan ini paling peaceful. Nggak pakai bakar-bakaran, enggak anarkis gitu,” tambahnya.

Teranyar, Sri Mulyani dikabarkan sudah tak pernah lagi diajak bicara oleh Presiden Jokowi.

Isu tersebut dihembuskan oleh Juru Bicara Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Iwan Tarigan.

Iwan mengungkap, kini ada jarak antara Sri Mulyani dengan Jokowi.

Dia bilang, polemik ini bermula usai Menkeu menolak mengoptimalkan sokongan sosial dari Rp 200 ribu menjadi Rp 500 ribu.

Menanggapi hal ini, Staf Khusus (Stafsus) Menkeu Yustinus Prastowo menyampaikan Sri Mulyani masih menghadiri beberapa rapat internal dan rapat terbatas di Istana, sebagaimana terlihat di akun Instagram mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

“Mungkin sanggup dilihat di Instagram Bu SMI (Sri Mulyani). Aktivitas dia antara lain menghadiri beberapa rapat internal dan rapat terbatas di Istana,” katanya terhadap Tribunnews, Minggu (28/1/2024).

Kepala Staf Presiden Moeldoko membantah warta yang dilontarkan Faisal itu. Moeldoko menentukan keadaan kabinet pemerintahan baik-baik saja.

Menurut Moeldoko, hal itu terlihat dari suasana rapat-rapat di istana.

“Di ruangan sidang kabinet semua berjalan happy-happy saja, tidak ada permasalahan komunikasi, tidak ada timbul emosi yang aneh-aneh,” kata Moeldoko lewat keterangan video, Jumat (19/1).

Bagikan

Also Read