257 Rumah Tergenang Banjir Bandang Kec Gondang Bojonegoro

moch akbar fitrianto

Bagikan

Pihak BPBD Bojonegoro sudah menghimbau soal cuaca yang terjadi dalam beberapa pekan ini.
Banjir bandang menerjang sejumlah perkampungan di Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jumat malam 24-1-2020. Menyusul hujan deras disertai petir yang terjadi di sejumlah kecamatan di kabupaten Bojonegoro.

Akibat banjir bandang, sedikitnya 257 rumah tergenang banjir disertai lumpur di beberapa dusun, Desa/Kecamatan Gondang—sekitar 45 kilometer arah selatan Kota Bojonegoro. Tak hanya itu banjir liar juga menggenangi fasilitas umum di desa tersebut. Seperti Puskesmas, musholla dan jalan poros desa sekitar 500 meter terendam banjir. Rata-rata ketinggian air antara 20 centimeter hingga lebih dari satu meter. Sejauh ini belum ada kabar soal korban atas banjir tahunan ini.

BPBD Penanggulangan Bencana Daerah Bojonegoro dari Jumat malam hingga Sabtu pagi, 25-1-2020, melakukan siaga di lokasi banjir. Selain itu, tim dari Kantor Kecamatan Gondang dan desa setempat, juga ikut bersiaga. Namun, banjir dari luapan Sungai Pacal—anak Sungai Bengawan Solo–ini, airnya terus menurun menuju hilir.

Hingga Sabtu, pagi masyarakat dibantu aparat pemerintah, juga Polsek dan Koramil Gondang membantu melakukan pembersihan. Pembersihan terutama berada di rumah yang terendam banjir campur lumpur.”Ya, kerja bakti,” ujar salah satu warga (gatot).

Pihak BPBD Bojonegoro juga mengeluarkan imbauan soal cuaca yang terjadi dalam beberapa pekan ini. Yaitu soal potensi hujan deras dan dampak yang akan ditimbulkan. Imbauan ini sudah disampaikan ke sejumlah kecamatan yang potensi terjadi bencana banjir dan sejenisnya.”Ya, imbauan sudah kita sampaikan,” ujar Sekretaris BPBD.

Yasir/Red

Bagikan

Also Read

Tags