Babinsa Sumberrejo Bojonegoro Bersama Warga Sumuragung bersihkan Jalan Poros Desa

moch akbar fitrianto

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Kedekatan Bintara Pembina Desa atau Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, dengan berbagai elemen masyarakat di wilayah binaan, tak diragukan lagi.

Hal itu bisa dilihat saat para Babinsa selalu hadir ditengah-tengah masyarakat, dalam rangka memaksimalkan tugas pemberdayaan wilayah untuk pertahanan matra darat.

Salah satunya tugas pemberdayaan wilayah itu diantaranya seperti yang dilakukan Babinsa jajaran Koramil 0813-09/Sumberrejo, bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Sumuragung, Kecamatan Sumberrejo, melaksanakan karya bakti pembersihan rumput liar disepanjang kiri-kanan jalan poros Desa Sumuragung, Minggu (22/1/2023).

Babinsa Sumberrejo Bojonegoro Bersama Warga Sumuragung bersihkan Jalan Poros Desa
Babinsa Desa Sumuragung Serma Humaidi bersama warga Desa Sumuragung saat melaksanakan karya bakti membersikan kanan – kiri jalan poros desa, Minggu (22/1/2023).

“Puluhan masyarakat Desa Sumuragung juga dilibatkan dalam kegiatan karya bakti ini,” ungkap Serma Humaidi, selaku Babinsa Desa Sumuragung.

Baca Juga  Kebakaran 2 Rumah Kayu Jati, di Desa Bareng, Ngasem Itu, Ludes Tak Tersisa

Lanjut Serma Humaidi, bahwa sebagai aparat kewilayahan (Babinsa) harus mampu membina, mengajak dan mengarahkan warga diwilayah binaan.

Ditambahkan, Babinsa juga harus menjadi panutan dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Seperti yang dilaksanakan hari ini, bergotong-royong membersihkan jalan.

“Karya bakti ini dalam rangka memupuk semangat kegotong-royongan dan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Sehingga, kegiatan seperti ini harus terus digalang, sebagai kebersamaan dalam pembangunan maupun saling membantu terhadap sesama,” ujar Serma Humaidi kepada para awak media, Minggu (22/1/2023).

Masih menurut Serma Humaidi, hal tersebut merupakan bagian dari tugas kewilayahan dalam Pembinaan Teritorial atau Binter.

Baca Juga  Polres Situbondo Ungkap Tren Baru Penggunaan Narkoba di Kalangan Pelajar

“Dalam rangka mendukung, memotivasi, serta memelihara kegotong-royongan masyarakat sekaligus untuk memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata Serma Humaidi meenegaskan.

Turut dalam kegiatan ini, Kepala Desa Sumuragung, Mashadi, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI Kodim 0813 Bojonegoro khususnya Koramil 09/Sumberrejo. Yang mana, Babinsa selalu ada membantu kesulitan masyarakat dan dalam setiap kegiatan di desa seperti kerja bakti tersebut.

Terlebih, masih menurut Kades, bahwa pada musim penghujan sekarang ini, selain untuk menjadikan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah, kerja bakti seperti ini juga sebagai upaya bersama dalam mencegah penyakita demam berdarah.

Baca Juga  Di Pembinaan Aparatur Pemerintahan desa, Kapolsek Purwosari Sosialisasikan Mobil Incar

Lanjut Mashadi, bahwa berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue.

“Sekali lagi, kami atas nama Pemdes mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil 0813-09/Sumberrejo dan seluruh masyarakat Sumuragung yang terlibat dalam kegiatan kerja bakti ini,” pungkasnya.

**(Pendim 0813/Red).

moch akbar fitrianto

Penulis berita professional tentang Sepak bola dan berita - berita lokal lamongan. Sudah menjadi penulis sejak tahun 2016. Dan menyukai menulis sejak di Bangku Sekolah Menengah Atas

Related Post