Selamat bulan puasa
FeaturedSambang Desa

Lezatnya Masakan Bekicot Ala Chef Mbok Warni Ngringinrejo, Kalitidu

BOJONEGORO- Bekicot sekarang menjadi salah satu makanan yang digemari di Kota Minyak Bojonegoro. Tidak hanya dijual di warung tenda di malam hari, akan tetapi, kini sudah ada warung bekicot yang buka siang hingga malam hari. Salah satunya adalah warung bekicot milik Warni (55) yang berada di Jl Raya Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro.

Warung bekicot milik Mbk Warni (demikian pemilik warung, biasa disapa), berada di Gapura timur pintu masuk Desa Ngringinrejo yang dikenal dengan Agropolitan belimbing itu. Warung mbok Warni mudah dicari dan letaknya sangat strategis karena berada di utara Jalan raya Ngringinrejo. Mungkin karena letaknya yang stategis itu, membuat warung mbok Warni tak pernah sepi pembeli.

Ternyata, bukan hanya karena letaknya yang strategis itu, warung Mbok Warni laris manis itu karena masakan bekicot yang dibuatnya, rasanya cukup enak dan lezat. Tampilan masakan bekicot yang menggoda dan aromanya yang memikat serta rasanya yang cukup nikmat.

Saat wartawan rakyatnesia.com bertandang ke warung Mbok Warni Jum’at (15/1/2015), sempat mewawancai beberapa pelanggan. Salah satunya adalah Purwanto warga Trucuk yang rela datang jauh-jauh ke warunge Mbok Warni karena kangen masakan bekicot yang jadi kegemaranya itu.

Baca Juga  Safari Ramadhan Di Ngaglik, Kasiman, Bupati Bojonegoro Sosialisasikan Program Pembangunan dan SDM

“Saya kangen dengan masakan bekicot olahan Mbok Warni, Rasanya nikmat, tampilan menggoda dan rasa pedasnya cukup menantang. Ini yang membuat saya sering datang ke sini, untuk menikmati masakan bekicot Mbok Warni Ngringinrejo ini,” ujar pria yang mengaku kerja lapangan itu.

Warung Mbok Warni yang mulai dibuka pukul 14.00 hingga tutup pada pukul 23.00 WIB itu, juga banyak dikunjungi warga Ngringinrejo dan sekitarnya, juga banyak dikunjungi Bojonegoro kota. Makulum, jarak Bojonegoro kota dengan Ngringinrejo hanya ditemouh dengan waktu 5 – 10 menit saja.

Letaknya yang berada di pinggir jalan raya Bojonegoro ke Padangan atau sebaliknya itu. membuat warga yang sedang melintas, sering mampir dan makan di warung bekicot Mbok warni itu. Tentang, rasa pedasnya masakan bekicot Mbok Warni yang cukup dikenal itu, para pembeli tidak perlu takut jika nantinya masakanya terlalu pedas hingga terasa membakar mulut.Karena, Mbok Warni sebelum memasak bekicot pesanan para pembeli, dia menanyakan kepada pembeli. Masakan yang dipesannya itu minta pedas sekali, pedas biasaatau pedas sedang atau tidak mau pedas.

“Bekicot kita masak sesuai dengan pesanan pembeli. Hal itu untuk menyesuaikan dengan kesukaan rasa bagi para pembeli. Pengennya, pedas sekali, pedas biasa atau mau pesan yang tidak pedas atau biasa. Kita sesuaikan dengan selera pembeli. Yang pasti, dengan dimasak langsung saat pembeli pesan makanan maka masakan masih hangat ketika disantap sehingga masakan bekicot makin lezat hingga membuat lidah bisa bergoyang menikmati masakan bekicot ala Chef Mbok Warnii,” ujarnya.

Salah seorang warga Desa Leran, Kecamatan Kalitidu Marjuki (49), yang ditemui di warung bekicot Mbok Warni mengatakan, dia adalah langganan tetap masakan bekicotnya Mbok Warni. “Saya suka masakan bekicotnya Mbok Warni, saya sering makan di sini dan pesan beberapa bungkus untuk dibawa pulang, karena semua suka olahan 02 Mbok Warni,” tegasnya.

Perlu diketahui, bekicot dengan nama latin Achatina Fulica itu menurut beberapa peneliti yang menyebutkan bahwa pada 100gr daging bekicot, mengandung 12 gram protein hewani, dan ternyata hanya mengandung 1 persen kadar lemak. Sehingga cocok sebagai alternatif dari daging merah yang biasa anda konsumsi.

Bekicot juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya baik untuk perkembangan otot, menyembuhkan penyakit asma, menyembuhkan penyakit TBS, menyembuhkan gatal-gatal dan penyakit kulit, meredakan panas dalam dan baik untuk pengobatan liver dan hepatitis.

“Setelah makan masakan bekicot gairah skes juga makin hot hingga membuat hubungan suami istri makin harmonis,” kata salah seorang pelanggan Mbok Warni yang enggan disebutkan namanya. **(dan)

Klik Baca Lebih Lanjut

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih daro 30 tahun, sebelumnya juga pemilik dari Media Cetak Media Independe, Rakyatindependen.com

2 Comments

  1. Oiya sekedar info nih, bekerja sebagai chef atau koki di kapal pesiar berpenghasilan tinggi lho.. Bahkan bisa sekaligus keliling dunia dan itupun dibayar dengan gaji yang besar..
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

    1. Terima kasih infonya, juga motivasinya. Kalau mungkin, bisa dikirim berita tentang sekolah Kapal Pesiar, biar bisa kita jadikan pemberitaan sekaligus info bagi teman-teman di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Lamongan (Jatim) dan semua pembaca Rakyat Independen, suwun,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button