FeaturedSambang Desa

Syekh Prof Dr M. Fadhil Al-Jaelani Ceramah Maulid Nabi di Ponpes Mansya’ul Huda

BOJONEGORO- Ada yang istimewa di acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SWT di Pondok Pesantren (Ponpes) Pelajar yang berada di Desa Bangilan, Kecamatan Kapas, Bojonegoro, Selasa (19/1/2016) malam.

Istimewa, karena hadir Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs Gatot Subroto. Wakapolda hadir mewakili Kapolda Jatim Irjen Pol Adi Setiadi dan Kapolri Badrotin Haiti yang berhalangan hadir, dikarenakan yang bersangkutan masih siaga satu, setelah terjadinya bom di Tamrin Jakarta (13/1/2016) lalu itu.

Juga hadir penceramah Syekh Prof Dr M. Fadhil Al-Jaelani dari Negara Turki. Syekh Prof Dr M. Fadhil Al-Jaelani adalah cucu ke 25 Syekh Abdul Qodil al-Jaelani. Dalam ceramahnya, pria keturunan langsung dari waliyullah Syekh abdul qodir Jaelani itu, membahas betapa pentingnya ummat Islam dalam mencontoh dan meneladani sikap dan perbuatan Rasulullah Muhammad SAW.

Dikarenakan, yang bersangkutan tidak bisa berbahasa Indonesia, maka ada penterjemah khusus yang didatangkan dari salah satu Ponpes Situbondo untuk menterjemahkan ceramah itu. Walaupun ceramahnya menggunakan bahasa Arab yang diterjemahkan, akan tetapi para pengunjung tidak mau beranjak dari tempat duduknya dan mengikuti pengajian hingga usai.

Sebelum pengajian dimulai, Syekh Fadhil Al-Jaelani meminpin langsung sholawat nabi, sambil diringi rebana dan tarian sufi. Dalam ceramahnya, Syekh M. Fadhil Al-Jaelani menolak keras adanya terorisme.

Syekh M Fadhil disela-sela pengajianya selalu mengajak para jamaah untuk bersholawat. Dia mengajak para jamaah, agar dalam membaca sholawat dibacakan dengan nada yang keras. “Jika sholawat nabi, kita bacakan dengan keras, maka syetan-syetan akan lari terbirit-birit,” ujarnya.

Diakhir ceramahnya, Syekh M. Fadhil Al-Jaelani memberikan ijazah kepada para jama’ah. “Dengan membaca sholawat nabi sebanyak 313 kali, kalau hari Jum’at membaca 3.313 kali. Insya Akan kita akan memperoleh syafaat Nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

Hadir dalam Peringatan Maulid Nabi itu, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Drs Gatot Subroto, Kabid Mapenda Kemenag Jatim Mahfud Sodar, Kapolres Bojonegoro AKBP Hendri Fiuser, Wakapolres Bojonegoro Kompol Ikhwanudin, Kasubag Humas Polres Bojonegoro AKP. Nugroho Basuki, Ketua Paguyuban Ummat Beragama (PUB) KH. Alamul Huda, Kapolsek Kapas AKP. Ngatimin, para tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Bangilan dan para undangan lainnya. **(Kis)

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button