OlahragaSepak Bola

10 Transfer Terburuk Chelsea Sepanjang Masa

Setelah diambil alih oleh Roman Abramovich pada tahun 2003, Chelsea mulai mendominasi bursa transfer di sepak bola Inggris.

Pada awalnya, The Blues menghabiskan banyak uang untuk membangun skuad yang dapat menyaingi Manchester United dan klub-klub lain di Eropa.

Kemudian, setelah dominasi mereka tidak diragukan lagi, Chelsea beralih ke metode yang lebih berkelanjutan untuk membeli dan menjual pemain muda.

Dengan demikian, sejumlah pemain mahal datang dan pergi di klub London tersebut dan pada beberapa kesempatan, mereka sama sekali tidak bahagia.

Setelah Todd Boehly membeli Chelsea pada tahun 2022, ia menghabiskan lebih dari €1 miliar untuk pemain baru di tahun pertamanya. Sudah ada sejumlah pemain mahal yang gagal yang kemungkinan akan masuk dalam daftar ini di tahun-tahun mendatang.

Romelu Lukaku, Chelsea
© IMAGO

Di FootballTransfers, kami akan membahas 10 perekrutan terburuk Chelsea di milenium baru.

Romelu Lukaku – £99,5 juta dari Inter Milan

Romelu Lukaku menyatakan bahwa ia memiliki ‘urusan yang belum selesai’ saat kembali ke Chelsea dari Inter Milan pada tahun 2021 dengan biaya rekor klub sebesar hampir £100 juta.

Namun, penampilan kedua pemain depan Belgia itu di Stamford Bridge merupakan bencana, diperparah oleh wawancara yang menghebohkan hanya beberapa bulan setelah ia kembali di mana ia mengkritik taktik manajer Thomas Tuchel.

Setelah hanya mencetak delapan gol di liga, Lukaku kembali dipinjamkan ke Inter seharga €8 juta. Setahun kemudian ia dipinjamkan kedua kalinya ke Roma seharga €5 juta karena Chelsea merasa hampir mustahil untuk menjualnya secara permanen.

Mereka akhirnya berhasil menjualnya pada musim panas 2024 dengan kerugian besar dari Napoli seharga €30 juta. Ia akan tercatat sebagai salah satu rekrutan terburuk, tidak hanya dalam sejarah klub, tetapi sepanjang masa.

Kepa Arrizabalaga – £72 juta dari Athletic

Karena kebijakan mereka hanya menurunkan pemain dari wilayah Basque, sangat mahal untuk memboyong pemain dari Athletic Bilbao, seperti yang dialami Chelsea dengan Kepa.

Baca Juga  Prediksi Skor Bayer Leverkusen vs. Holstein Kiel, Jadwal Bundesliga Jerman,5 Oktober 2024

Biaya rekor dunia untuk seorang penjaga gawang disepakati karena klub membutuhkan pengganti Thibaut Courtois yang akan pindah ke Real Madrid, tetapi tidak berjalan sesuai rencana.

Kepa Arrizabalaga
© IMAGO – Kepa Arrizabalaga

Di bawah Maurizio Sarri, Kepa bermain biasa-biasa saja; dia tidak buruk, dia tampak menjanjikan, tetapi jelas bukan kelas dunia. Namun, musim 2019/20 adalah cerita lain.

Dia memiliki persentase penyelamatan terendah dari semua penjaga gawang di liga, kebobolan 47 gol Liga Primer sementara hanya melakukan 1,7 penyelamatan per 90, yang terendah dari semua penjaga gawang dengan lebih dari satu penampilan di liga.

Dia kemudian digantikan oleh Edouard Mendy sebagai pilihan pertama karena Chelsea menyerah pada pemain Spanyol itu.

Kepa dipinjamkan ke Real Madrid pada musim panas 2023 dan kemudian dipinjamkan ke Bournemouth pada 2024 setelah tidak lagi dibutuhkan.

Tiemoue Bakayoko – £40 juta dari Monaco

Bagian dari skuad AS Monaco yang terkenal yang memenangkan gelar Ligue 1 pada 2016/17, Tiemoue Bakayoko tiba di London dengan harapan yang tinggi.

Ia adalah penghancur yang tangguh, dan tampak sebagai pengganti yang sempurna untuk Nemanja Matic yang akan bergabung dengan Man Utd.

Ia memulai dengan baik, dengan penampilan yang sangat kuat saat melawan Tottenham, tetapi ia kehilangan semangat, dan kartu merah selama 30 menit dalam kekalahan memalukan dari Watford membuat kariernya di Chelsea merosot drastis.

Ia memang tampil sebagai starter di Liga Primer sebanyak 24 kali pada 17/18, tetapi jelas bahwa ia tidak cocok dengan sistem Sarri, dan ia disingkirkan untuk mengakomodasi Jorginho.

Ia kemudian dipinjamkan ke AC Milan, kembali ke Monaco, lalu ke Napoli, dan kemudian kembali ke Milan lagi. Ia akhirnya meninggalkan Chelsea secara permanen pada tahun 2023 dengan status bebas transfer ke klub Ligue 1 Lorient.

Michy Batshuayi – £33 juta dari Marseille

Michy Batshuayi dipandang sebagai pemain nomor sembilan klinis Chelsea berikutnya setelah tampil mengesankan untuk Marseille di Ligue 1, tetapi ia ternyata menjadi penyerang Chelsea yang gagal lagi.

Sama seperti banyak penyerang Chelsea yang direkrut dengan buruk, beberapa di antaranya akan disebutkan kemudian, ia gagal tampil di pentas Liga Primer, dan meskipun ia mencetak gol kemenangan melawan West Brom pada 2016/17, Batshuayi tidak mencapai puncak itu lagi.

Michy Batshuayi
© IMAGO – Michy Batshuayi

Ia menghabiskan musim 2020/21 dengan status pinjaman di Crystal Palace dan kemudian dikirim ke Besiktas pada 2021/22. Ia akhirnya dijual ke Fenerbahce pada 2022 setelah hanya mencetak delapan gol Liga Primer untuk Chelsea.

Baca Juga  Prediksi Bola Real Madrid vs. Villarreal, Jadwal Laliga Spanyol, 6 Oktober 2024

Danny Drinkwater – £35 juta dari Leicester

Dalam salah satu langkah yang paling aneh dari daftar ini, Danny Drinkwater direkrut pada tahun 2017, saat ia tidak begitu bagus.

Tentu saja ia memainkan peran penting dalam kemenangan gelar Leicester, tetapi N’Golo Kante melakukan sebagian besar pekerjaan defensif, sehingga Drinkwater tidak punya banyak hal lain untuk dilakukan. Ia melakukan hal-hal dasar dengan baik, tetapi ia tidak memiliki kualitas seperti Chelsea, dan itu terbukti.

Dengan hanya 23 penampilan untuk tim senior secara keseluruhan, dan satu di trofi Football League musim ini, Drinkwater tidak pernah masuk ke dalam tim.

Ia dipinjamkan ke Burnley dan Aston Villa, tetapi tidak dapat mengumpulkan lebih dari 500 menit untuk keduanya. Ia kemudian dipinjamkan ke Kasimpasa sebelum dipinjamkan lagi ke Reading. Ia dibebaskan pada tahun 2022 ketika kontraknya habis.

Alvaro Morata – £58 juta dari Real Madrid

Alvaro Morata tidak pernah menjadi pemain reguler yang konsisten di Real Madrid, tetapi penampilan yang ia tunjukkan saat dipinjamkan ke Juventus, dan selama penampilannya yang singkat untuk Los Blancos, menunjukkan bahwa ia adalah sosok yang sangat berbakat dengan insting yang hebat di kotak penalti.

Hal itu memaksa Abramovich untuk mengambil keputusan, meskipun Antonio Conte secara terbuka menyatakan bahwa ia menginginkan Romelu Lukaku, dan Morata pun direkrut. Awalnya ia sangat baik untuk pemain yang memecahkan rekor klub (saat itu), ia mencetak satu gol dan satu assist, serta mencetak satu gol yang dianulir, saat ia hampir menginspirasi kebangkitan dari bangku cadangan melawan Burnley pada debutnya di Liga Primer.

Ia mencetak 15 gol dan enam assist dalam 30 pertandingan sebagai pemain inti di semua kompetisi pada musim pertamanya, tetapi penyelesaian yang buruk pada tahun keduanya, dan hanya mencetak lima gol Liga Primer pada 2018/19, membuatnya dipinjamkan ke Atletico Madrid seharga £16 juta, sebelum mereka mengontraknya dengan harga lebih dari £30 juta secara permanen.

Dia mungkin telah mendapatkan kembali sebagian besar biaya transfernya, tetapi masa Morata di Chelsea tidaklah menyenangkan.

Adrian Mutu – £15,2 juta dari Parma

Alternatif untuk Shevchenko pada tahun 2004, Adrian Mutu mencetak empat gol dalam tiga pertandingan pertamanya untuk Chelsea, dan tampaknya Abramovich telah menemukan permata yang sesungguhnya.

Namun, hal itu tidak terjadi, sang penyerang hanya mencetak enam gol lagi dan kemudian dilarang bermain sepak bola selama tujuh bulan karena penggunaan kokain.

Baca Juga  Prediksi Skor Arsenal vs. Southampton, Jadwal Liga Inggris, 5 Oktober 2024

Klub tersebut kemudian memecat Mutu sebelum memulai pertarungan hukum terhadapnya. Kasus tersebut berakhir di Pengadilan Arbitrase Olahraga, dan pada tahun 2009 Mutu diperintahkan untuk membayar ganti rugi kepada klub.

Setelah mengajukan banding, pada tahun 2018 diputuskan bahwa Mutu berutang kompensasi sebesar £15,2 juta kepada Chelsea.

Itu adalah transfer yang kacau, dan klub ingin melupakannya.

Andriy Shevchenko – £30,8 juta dari AC Milan

Satu lagi pemain yang gagal di posisi nomor sembilan untuk Chelsea. Andriy Shevchenko merupakan incaran lama Abramovich dan ketika akhirnya berhasil mendapatkannya pada tahun 2006, pemain Ukraina itu berusia 29 tahun dan sudah melewati masa puncaknya.

Ia mencetak gol pada debutnya di Community Shield melawan Liverpool, tetapi gagal berkembang, kalah dari Drogba dalam perebutan posisi pilihan pertama di lini depan, dan terbukti hanya membuang-buang uang.

Andriy Shevchenko
© IMAGO – Andriy Shevchenko

Dengan 23 gol dalam 77 pertandingan, Shevchenko masih berhasil mencetak gol secara teratur, tetapi itu bukan yang diharapkan darinya, dan akhirnya, Drogba yang lebih disukai.

Ia dipinjamkan kembali ke Milan dua tahun kemudian, sebelum pindah secara permanen ke Dynamo Kyiv secara cuma-cuma pada tahun 2009; kepindahannya ke Chelsea tidak berhasil.

Fernando Torres – £50 juta dari Liverpool

Fernando Torres sukses besar di Liverpool, dengan 69 gol Liga Primer dalam tiga setengah musim di sana, tetapi ia tidak pernah mencapai puncak yang sama di Chelsea. Tanda peringatan seharusnya datang dengan masalah cederanya, dan fakta bahwa meskipun ia mencetak 18 gol liga hanya dalam 1.717 menit pada 2009/10, Torres mengalami penurunan pada 2010/11.

Chelsea tetap mengeluarkan biaya rekor Inggris saat itu untuk mendapatkan jasanya, dan meskipun ia mencetak gol terkenal itu di Camp Nou, ia akhirnya tidak memenuhi harapan.

Ia membutuhkan waktu hampir 1.000 menit untuk mencetak gol pertamanya untuk Chelsea, dan meskipun 45 gol dan 35 assist dalam 175 penampilan tidaklah buruk (kontribusi gol kira-kira setiap 2,2 pertandingan), ia tidak sebaik yang diharapkan klub.

Juan Sebastian Veron – £15 juta dari Manchester United

Kita akhiri dengan langkah menjauh dari penyerang, dan Juan Sebastian Veron adalah yang berikutnya dalam daftar; pemain Argentina itu jelas tidak sesuai dengan namanya atau bayarannya.

Setelah gagal beradaptasi di Man Utd, sambil menunjukkan kelasnya yang nyata, Veron gagal tampil maksimal di Chelsea. Ia hanya bermain dalam 14 pertandingan di liga, mencetak satu gol dan meraih dua assist.

Ia tidak cocok dengan sistem, dan setelah dipinjamkan ke Inter Milan, ia dijual ke Estudiantes hanya dengan harga £2 juta pada tahun 2006; ia tidak pernah menunjukkan bakatnya yang sebenarnya di Stamford Bridge.

Mateja Kezman sering disebut sebagai pemain gagal Chelsea, tetapi karena ia hanya berharga £5 juta, ia tidak termasuk dalam daftar ini, meskipun ia, Juan Cuadrado, dan Davide Zappacosta termasuk dalam daftar khusus.

Sumber footballtransfer

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button