Berita

Siapa Pebasket NBA Tertinggi? Apakah Victor Wembanyama Masuk dalam 10 Pemain NBA Tertinggi Sepanjang Masa?

Tinggi badan sering dikaitkan dengan bola basket, dan karena olahraga ini didefinisikan berdasarkan ukuran, NBA telah menampilkan beberapa atlet tertinggi di dunia.

Meskipun tinggi badan saja tidak menjamin kesuksesan, seperti yang telah kita lihat beberapa pemain yang paling dominan secara fisik gagal membuat dampak di liga, tinggi badan menawarkan fondasi yang kokoh dan keunggulan ekstra, dan dapat menjadi aset yang tangguh bagi tim mana pun.

NBA menampilkan beberapa pria terbesar di dunia, tetapi masih ada beberapa yang menonjol di antara yang lain, dan di sini Sports Mole membahas pemain tertinggi di liga.

Above the rim: Who is the tallest player in the NBA? Who are the tallest players ever?

© Imago

SIAPA PEMAIN NBA TERTINGGI?

Pemain tengah San Antonio Spurs Victor Wembanyama akan memasuki musim reguler NBA 2024-25 sebagai pemain tertinggi di liga, gelar yang sekarang dibagikan dengan prospek draft teratas Zach Edey.

Berkat posturnya yang tinggi besar, Wembanyama telah menunjukkan kemampuan menggiring bola dan menembak yang luar biasa, membedakan dirinya dari pemain bertubuh besar pada umumnya yang sering kesulitan untuk mengimbangi intensitas dan kecepatan permainan dan dikenal terutama karena dominasinya di lapangan belakang.

Baca Juga  Pebasket dengan Gelar Juara NBA Terbanyak: Siapa Pemain paling Berprestasi dalam Sejarah NBA?

Setelah memimpin Purdue Boilermakers ke pertandingan kejuaraan basket putra Divisi I NCAA, pemain baru Edey kini dapat menorehkan prestasi di NBA setelah direkrut sebagai pilihan kesembilan secara keseluruhan oleh Memphis Grizzlies dalam draft 2024.

Pemain berusia 22 tahun itu meninggalkan Boilermakers sebagai pemegang rekor poin sepanjang karier (2.516) dan pemegang rekor rebound sepanjang karier (1.321), dan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Naismith College Tahun 2024, menjadi orang pertama yang memenangkan penghargaan tersebut dalam dua tahun berturut-turut sejak Ralph Sampson pada tahun 1982 dan 1983.

TINGGI BADAN VICTOR WEMBANYAMA

Dengan tinggi 7 kaki-4 inci, Victor Wembanyama setara dengan pemain baru Memphis Zach Edey sebagai pemain tertinggi di NBA, tetapi meskipun pemain tengah San Antonio itu memiliki rentang sayap 8 kaki yang luar biasa, Edey sedikit lebih rendah dengan tinggi 7 kaki-10 inci.

Victor Wembanyama of the San Antonio Spurs pictured on September 30, 2024© Imago

Setelah tampil gemilang pada musim 2022-23 di Liga Prancis LNB Pro A, di mana ia menyapu bersih penghargaan MVP, Pemain Muda Terbaik, dan Pemain Bertahan Terbaik Tahun Ini bersama Metropolitans 92, Wembanyama masuk dalam draft NBA 2023 sebagai prospek terpanas sejak LeBron James pada tahun 2003.

Pemain tengah Prancis itu secara mengejutkan direkrut sebagai pilihan No. 1 secara keseluruhan dalam draft 2023 oleh Spurs, dan meskipun transisi cepat dari liga Prancis ke bermain melawan pemain-pemain terbaik di divisi terbaik di dunia, ia tidak membuang waktu untuk membuktikan dirinya sebagai bintang generasi.

Dalam 71 pertandingannya untuk San Antonio, pemain berusia 20 tahun itu mencetak rata-rata 21,4 poin dan 3,9 assist dengan 46,5 FG% sekaligus menegaskan dominasinya di backcourt dengan 10,6 rebound dan 3,6 blok per game yang memimpin liga.

Baca Juga  Peraih Gelar Terbanyak NBA: Siapa Tim yang Paling Berprestasi dalam Sejarah NBA?

Dengan demikian, ‘Wemby’, begitu ia biasa dipanggil, menjadi pemain ke-10 dalam sejarah NBA yang mencetak rata-rata 20 poin, 10 rebound, dan 3 blok, bergabung dengan daftar eksklusif yang berisi pemain seperti Kareem Abdul-Jabbar, Hakeem Olajuwon, dan Shaquille O’Neal.

SIAPA PEMAIN NBA TERTINGGI YANG PERNAH ADA?

Pemain besar asal Rumania Gheorghe Muresan tetap menjadi pemain basket tertinggi yang pernah ada di NBA, bermain untuk Washington Nets (sekarang Washington Wizards) dan New Jersey Nets (sekarang Brooklyn Nets) antara tahun 1993 dan 2001.

Gheorghe Muresan pictured on September 7, 2024© Imago

Bersama Muresan, NBA telah menaungi beberapa atlet tertinggi di dunia, termasuk pemain tengah Tiongkok setinggi 7 kaki 6 inci Yao Ming, Shawn Bradley yang juga memiliki tinggi 7 kaki 6 inci, dan Chuck Nevitt setinggi 7 kaki 5 inci.

Selama sembilan tahun berkarier di liga tersebut, Nevitt bermain untuk lima tim berbeda, termasuk Houston Rockets dan Chicago Bulls, dan masuk dalam daftar pemain Los Angeles Lakers yang memenangkan Kejuaraan NBA 1985.

Dalam draft NBA 1981, raksasa setinggi 7 kaki 8 inci Yasutaka Okayama dipilih oleh Golden State Warriors, menjadi pemain tertinggi yang pernah di-draft, tetapi gagal tampil di liga setelah memilih untuk tetap di negara asalnya, Jepang.

TINGGI YAO MING

Yao Ming bisa dibilang sebagai pemain NBA tertinggi yang pernah ada, tetapi dengan tinggi 7’6″ ia ‘hanya’ menempati posisi kedua dalam daftar pemain tertinggi sepanjang masa di kompetisi ini.

Baca Juga  Rahasia Jasa Cetak Cepat dengan Harga Murah dan Hasil Berkualitas Tinggi

Di liga yang terkenal dengan pemain-pemain besarnya yang menjulang tinggi, Muresan-lah yang membedakan dirinya sebagai pemain tertinggi yang pernah tampil di NBA, dengan tinggi yang mencengangkan, yakni 7 kaki-7 inci dengan rentang sayap 7 kaki-11 inci.

Yao Ming in 2009© Imago

Direkrut oleh Washington Bullets pada tahun 1993, pemain raksasa Rumania ini awalnya kesulitan beradaptasi dengan NBA, tetapi meskipun terus-menerus berjuang melawan cedera dan masalah kebugaran, ia menghabiskan tujuh musim di liga tersebut sebelum menandatangani kontrak dengan klub Prancis Elan Bearnais Pau-Lacq-Orthez.

Muresan mengakhiri musim dengan persentase field goal terbaik pada musim 1995–96 di mana ia melakukan tembakan 58,4% dalam perjalanannya meraih penghargaan Pemain Paling Berkembang NBA dan juga memimpin liga dalam persentase tembakan untuk tahun kedua berturut-turut pada musim 1996–97 (60,4%). Sepuluh pemain tertinggi dalam sejarah NBA

  1. Gheorghe Muresan — 7’7″
  2. Manute Bol — 7’6″
    = Tacko Fall — 7’6″
    = Shawn Bradley — 7’6″
    = Yao Ming — 7’6″
  3. Sim Bhullar — 7’5″
    = Slavko Vranes — 7’5″
    = Pavel Podkolzin — 7’5″
    = Chuck Nevitt — 7’5″
  4. Priest Lauderdale — 7’4″
    = Mark Eaton — 7’4″
    = Rik Smits — 7’4″
    = Ralph Sampson — 7’4″
    = Boban Marjanovic — 7’4″
    = Victor Wembanyama — 7’4″
    = Zach Edey — 7’4″

Dengan dimulainya musim NBA 2024-25 pada 22 Oktober 2024, lihat bagaimana untuk menyaksikan setiap pertandingan musim ini serta jadwal pertandingan sepanjang musim, termasuk jadwal pra-musim, pertandingan menonjol, tanggal-tanggal penting, jadwal pertandingan hari raya, dan duel-duel penting.

Sumber Sportsmole

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button