HomeNews

Hasil Survei Capres 2024 Modern 6 Forum Juni 2023: Prabowo, Ganjar, Anies, Siapa Paling Unggul?

Hasil Survei Capres 2024 Terbaru 6 Lembaga Juni 2023: Prabowo, Ganjar, Anies, Siapa Paling Unggul?

TRIBUNPAPUABARAT.COM – Berikut hasil survei capres 2024 dari aneka macam forum survei di bulan Juni 2023.

Hasil survei capres 2024 terkait elektabilitas di antaranya ada tiga kandidat terkuat, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Menurut beberapa forum survei, Prabowo masih menjadi yang terkuat, selaku bakal kandidat presiden (bacapres).

Dikutip dari Tribunnews, berikut enam hasil survei elektabilitas bacapres yang dirilis bulan Juni 2023.

1. Indopol

Lembaga survei Indopol menyatakan Prabowo masih menjadi capres terkuat pada penyeleksian presiden 2024.

Dia unggul atas dua pesaingnya, yaitu Anies dan Ganjar.

Menurut Direktur Eksekutif Indopol Survey & Consulting, Ratno Sulistiyanto, dalam simulasi pertama, Prabowo dihadapkan melawan Ganjar Pranowo. Hasilnya, Prabowo menjangkau 42,9 persen, Ganjar 36,94 persen, sedangkan belum memutuskan 20,16 persen.

“Elektabilitas dua nama kandidat presiden (head to head), jika penyeleksian presiden dilaksanakan hari ini, Prabowo Subianto mengungguli pilpres dengan bunyi 42,9 persen, sementara Ganjar mendapat dukungan sebesar 36,94 persen dan yang belum memutuskan opsi 20,16 persen,” kata Ratno dalam pertemuan pers secara virtual, Selasa (20/6/2023).

Prabowo juga unggul secara head to head atas Anies jika dihadapkan head to head.

Dia unggul dengan perolehan 41,53 persen suara. Adapun Anies 34,44 persen bunyi dan yang belum memutuskan 24,03 persen.

2. LSI Denny JA

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali menyebut Prabowo unggul atas Ganjar dan Anies.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menyebut sebagian besar penduduk yang memutuskan Prabowo didominasi oleh kelompok yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Ada 39,5 persen publik yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi yang menyatakan mendukung Menteri Pertahanan itu. Adapun jumlah yang mendukung Ganjar Pranowo adalah 38,7 persen, sedangkan Anies Baswedan hanya 14,1 persen.

“Yang puas dengan kinerja Jokowi lebih banyak memutuskan Prabowo,” kata Adjie, Senin (19/6/2023).

Di segi lain, masyarakan yang tidak puas dengan kinerja Jokowi lebih memutuskan Anies pada pilpres.

Ada sebanyak 44,1 persen yang memilih Anies Baswedan, untuk Prabowo Subianto cuma 20,5 persen dan untuk Ganjar Pranowo hanya 16,2 persen.

3. Survei IPO

Dalam hasil survei yang dirilis oleh Indonesia Political Opinion (IPO) hari Jumat (16/6/2023), Prabowo memiliki elektabilitas tertinggi.

Nama Prabowo menempati urutan pertama dari beberapa bentuk simulasi, yaitu di antaranya simulasi 40 nama terbuka, sampai simulasi 3 nama.

Berdasarkan simulasi 40 nama, Prabowo memiliki elektabilitas 27,3 persen. Dia disusul oleh Anies dengan 24,6 persen dan Ganjar dengan 16,2 persen.

“Elektabilitas Prabowo muncul selaku kandidat tertinggi dengan 27,3 persen,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dikala menyodorkan hasil surveinya, di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (16/6/2023).

4. LSN

Lembaga Survei Nasional (LSN) merililis hasil survei terbaru elektabilitas bakal Capres 2024.

Menurut survei dijalankan Lembaga Survei Nasional (LSN) dari tanggal 24 Mei sampai 3 Juni 2023 di 34 provinsi di Indonesia, Pranowo menempati urutan pertama dengan elektabilitas 39,5 persen.

Di belakang Prabowo ada Ganjar dengan elektabilitas 32,8 persen dan kemudian disusul oleh Anies dengan 21,9 persen.

Adapun terdapat  6,8 persen responden belum memutuskan pilihan.

5. Indikator Politik

Prabowo turut unggul menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia. Dia berada pada posisi terdepan dengan elektabilitas 38,0 persen menurut simulasi tiga nama.

Ketua Umum Partai Gerindra itu disusul oleh Ganjar dengan 34,2 persen dan Anies dengan 18,9 persen.

“Untuk tren dukungan dengan simulasi tiga nama yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies, dua nama pertama cukup mengalami kenaikan. Adapun Anies, condong turun,” kata Peneliti Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Minggu, (4/6/2023).

Burhanuddin menyebut naiknya elektabilitas Prabowo dipicu oleh tingkat kepuasan kepada kinerja Jokowi yang tinggi pada masa simpulan pemerintahannya. Prabowo sendiri menjadi Menteri Pertahanan dalam kabinet Jokowi.

Anies Baswedan (kiri) Prabowo Subianto (tengah) Ganjar Pranowo (kanan) - Berikut perbandingan elektabilitas Prabowo, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam beberapa forum survei di Indonesia.
Anies Baswedan (kiri) Prabowo Subianto (tengah) Ganjar Pranowo (kanan) – Berikut perbandingan elektabilitas Prabowo, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam beberapa forum survei di Indonesia. ((Tribunnews/ Jeprima)(Tribunnews/Gita Irawan) (HUMAS PEMPROV JATENG))

6. SMRC

Hal berlainan ditunjukkan oleh hasil survei modern Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbarunya pada kelompok pemilih kritis.

Hasilnya, Ganjar unggul dengan 37,9 persen, Prabowo 33,5 persen dan Anies 19,2 persen. Ada sebayak 9,4 persen yang belum memutuskan pilihannya.

Survei itu digelar tanggal 30 sampai 31 Mei 2023 lewat sambungan telepon. 

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, menyebut perolehan bunyi Prabowo dan Ganjar seimbang.

“Selisihnya tidak signifikan secara statistik alasannya kurang dari dua kali margin of error 3,3 persen (selisih di bawah 6.6 persen). Sementara bunyi Anies

(*)

Artikel ini sudah tayang di TribunWiki.com dengan judul 6 Hasil Survei Elektabilitas Capres Juni 2023: Prabowo Unggul di Hampir Semua Survei

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button