Houthi Serang Kota Pelabuhan Israel dan Kapal Komersial Dengan Drone

Panjoel Kepo

Houthi Serang Kota Pelabuhan Israel dan Kapal Komersial Dengan Drone
Bagikan

rakyatnesia.com – Milisi Yaman, Houthi, secara terang-terangan mengakui bertanggung jawab atas serangan menggunakan pesawat tak berawak yang ditujukan ke kota pelabuhan Israel, Eilat, serta kapal komersial di Laut Merah.

Yahya Sarea, juru bicara militer Houthi, menyatakan bahwa kelompok tersebut melancarkan serangan drone di Eilat dan “daerah lain di Palestina yang diduduki Israel,” seperti yang dilaporkan oleh Al Jazeera.

Sarea juga mengungkapkan bahwa Houthi meluncurkan rudal ke kapal MSC United di Laut Merah setelah kapal tersebut mengabaikan tiga seruan peringatan.

MSC Mediterranean, perusahaan pelayaran yang bersangkutan, telah mengonfirmasi bahwa kapal MSC United VIII, dalam perjalanan dari pelabuhan King Abdullah di Arab Saudi menuju Karachi, Pakistan, mengalami serangan.

Perusahaan itu kini tengah melakukan penyelidikan dan melaporkan kejadian itu kepada koalisi Angkatan Laut yang pimpinan Amerika Serikat di Laut Merah, yang dibentuk demi “mengeroyok” Houthi.

Pernyataan ini juga muncul beberapa jam usai Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UMKTO) juga menerima laporan tentang insiden yang melibatkan kapal di lepas pantai Yaman, terkena serangan drone,

UMKTO melaporkan insiden itu terjadi pada Selasa (26/12), sekitar 111 kilometer di luar pelabuhan Hodeidah Yaman.

“Sebuah kapal pelayaran komersial diserang oleh dua drone bunuh diri,” kata koresponden Al Jazeera, Resul Serdar, yang melaporkan dari Djibouti seberang laut dari Yaman.

Insiden drone ini terjadi di tengah ketegangan tinggi di Laut Merah, usai Houthi menargetkan kapal-kapal di rute perdagangan Laut Merah, sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina di tengah agresi Israel.

Sebelumnya Amerika Serikat mengatakan Houthi telah melancarkan lebih dari 100 serangan drone dan rudal, menargetkan 10 kapal komersial yang memiliki hubungan dengan puluhan negara.

Pasca rentetan kejadian itu, AS baru-baru ini mengumumkan koalisi keamanan untuk melindungi rute pelayaran komersial dari serangan Houthi dan melakukan patroli secara berkala.

Bagikan

Also Read