Dewan Kota Oakland AS Mendukung Gencatan Senjata Penuh di Gaza

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Dewan Kota Oakland, California, Amerika Serikat, telah mengeluarkan resolusi yang menyerukan gencatan senjata penuh di Jalur Gaza, Palestina, sebagai respons terhadap serangan Israel.

Dewan yang berbasis di Kota California Bay Area ini mengesahkan mosi dengan suara bulat 8-0, mendukung resolusi kongres untuk gencatan senjata permanen. Resolusi tersebut juga memperjuangkan bantuan kemanusiaan tanpa batas ke Gaza, pemulihan layanan dasar, dan pembebasan semua sandera.

Presiden Dewan, Nikki Fortunato Bas, menyampaikan keprihatinan atas jumlah anak-anak yang telah kehilangan nyawa sejak 7 Oktober, yang melampaui jumlah korban anak-anak dalam konflik global selama empat tahun terakhir.

Baca Juga  Benjamin Netanyahu Dalam Tekanan Ganda: Memimpin Operasi Militer di Gaza dan Menghadapi Tantangan Politik di Dalam Negeri

“Saya benar-benar malu melihat bayi-bayi yang meninggal dunia. Gencatan senjata akan sangat penting untuk menyetop pembunuhan tersebut,” kata Bas, sebagaimana dikutip oleh Associated Press pada Senin (27/11).

Resolusi Dewan Kota Oakland ini diikuti oleh sekian ratus orang. Menurut laporan Associated Press, beberapa orang bahkan terlihat mengenakan syal keffiyeh Palestina, syal hitam-putih simbol perjuangan Palestina.

Seruan gencatan senjata ini membuat Oakland bergabung dengan sejumlah kota AS lain, mulai dari Michigan hingga ke Georgia, yang mendesak hal serupa.

Setidaknya tiga kota di Michigan dan Atlanta, serta Akron di Ohio, Wilmington di Delaware, dan Providence di Rhode Island, menyerukan gencatan senjata di Gaza.

Baca Juga  PM Israel Menjelaskan Penolakan Gencatan Senjata dalam Konflik Palestina-Israel

“Kami telah melihat adanya penargetan dan pembantaian terhadap warga sipil, fasilitas layanan kesehatan, rumah sakit, dan ambulans,” kata salah satu pembicara.

“Diam dalam menghadapi penindasan dan genosida menurut saya bukanlah respons yang dapat diterima.”

Selain itu, beberapa orang juga berpendapat warga Oakland tidak semestinya mendanai senjata untuk Israel. Uang itu, menurut mereka, bisa dialihkan untuk mengatasi masalah-masalah di dalam kota, seperti menyediakan perumahan bagi tunawisma.

Sementara itu, resolusi Oakland menuntut gencatan senjata segera; pembebasan seluruh sandera; masuknya bantuan kemanusiaan tanpa batas ke Gaza; pemulihan makanan, air, listrik, dan pasokan medis ke Gaza; penghormatan terhadap hukum internasional; serta menyerukan resolusi yang melindungi keamanan bagi semua warga sipil yang tidak bersalah.

Baca Juga  Menteri Israel Mengancam Menggunakan Senjata Nuklir di Gaza, Begini Respons Arab Saudi

Resolusi Oakland ini dirilis saat Israel dan Hamas tengah melakukan gencatan senjata sementara selama empat hari.

Gencatan senjata itu disepakati atas hasil mediasi Qatar hingga Mesir. Mengikuti kesepakatan, Hamas telah melepaskan setidaknya 50 sandera Israel. Sebagai balasan, Israel akan membebaskan 150 tahanan Palestina.

Gencatan ini berlaku mulai 24-27 November. Kini, gencatan itu diperpanjang selama dua hari hingga 29 November.

Bagikan

Panjoel Kepo

Wartawan Media berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Post