Fadli Zon Pimpin Deklarasi Komisi Palestina dalam Sidang Eksekutif Parlemen Asia

Panjoel Kepo

Fadli Zon Pimpin Deklarasi Komisi Palestina dalam Sidang Eksekutif Parlemen Asia
Bagikan

rakyatnesia.com – Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, terpilih sebagai pimpinan sidang oleh Dewan Eksekutif Organisasi Parlemen Asia (Asian Parliamentary Assembly/APA) di Antalya, Turki.

Dalam sidang yang berlangsung pada 26-29 November 2023 tersebut, APA membentuk komisi khusus yang berkaitan dengan isu Palestina.

Forum ini dihadiri oleh 16 negara anggota Dewan Eksekutif, termasuk Turki, RRC, Rusia, Pakistan, Arab Saudi, Qatar, Lebanon, Iran, Irak, Kamboja, Bahrain, dan Azerbaijan. Fadli Zon memimpin pembentukan Komisi Palestina di Parlemen Asia, menekankan urgensi situasi Palestina saat ini.

Sebagai pimpinan sidang, Fadli Zon mengetok palu secara simbolis sekaligus mendeklarasikan berdirinya Komisi Palestina.

Baca Juga  Link Downlaod F1 Manager Mod APK 34.02.23735

Sebagai Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon menyampaikan bahwa parlemen, sebagai representasi rakyat, memiliki tanggung jawab untuk menunjukkan komitmen melawan berbagai bentuk penjajahan, khususnya yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

Dia mengajak parlemen negara-negara Asia yang tergabung dalam APA untuk bersatu dalam menolak dan melawan penjajahan Israel.

Pada sidang ini, sejumlah parlemen menyampaikan pandangan terkait pentingnya upaya parlemen APA mendukung kemerdekaan Palestina. Hadir pula dalam sidang ini Wakil Ketua Parlemen Palestina, Ali Feisal, yang selanjutnya dipilih sebagai Ketua Komisi Palestina. Indonesia diminta menjadi Rapporteur dalam Komisi Palestina ini.

Baca Juga  Read Lookism Chapter 513 : Spoilers and Raw Release Date Shinigami ae

Dalam sidang itu, Fadli Zon juga mengutuk standar ganda dan kemunafikan negara-negara yang selama ini kerap menyuarakan hak asasi manusia dan demokrasi, tapi tak bersikap merespons kekejaman Israel terhadap Palestina.

Menurut Fadli, Israel secara brutal menargetkan serangan terhadap masyarakat sipil termasuk wanita dan anak-anak. Ada lebih 15 ribu korban jiwa dan puluhan ribu terluka. Israel juga telah terbukti membombardir rumah sakit, sekolah, jurnalis, pengungsi, dan termasuk di dalamnya Rumah Sakit Indonesia.

“Ini semua tindakan biadab, di luar kemanusiaan bahkan merupakan kejahatan kemanusiaan dan kejahatan perang. Negara-negara pendukung kekejaman Israel, tak punya legitimasi lagi berbicara tentang moral kemanusiaan, demokrasi dan hak asasi manusia,” kata Fadli Zon mengawali sidang.

Baca Juga  Cekcok Dengan Kekasih, Seorang Pegawai Di Lamongan INi Nekat Mengakhiri Nyawanya Sendiri

Fadli menegaskan dukungan penuh bangsa Indonesia, dalam mendorong terwujudnya kemerdekaan Palestina. Menurutnya, gencatan senjata yang bersifat sementara saat ini di Gaza tak akan efektif menghentikan kejahatan perang Israel kecuali gencatan senjata permanen dan bebasnya Palestina dari penjajahan.

Fadli juga mengajak parlemen Asia yang hadir untuk melakukan upaya bersama mendorong tercapainya kemerdekaan Palestina, salah satunya melalui Komisi Palestina yang baru saja dibentuk.

Bagikan

Also Read