Gubernur Khofifah Sampaikan Terima Kasih Kepada Insan Peternakan

Sukisno

Bagikan

SURABAYA (RAKYATNESIA) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengucapkan terima kasih kepada para insan peternakan atas kontribusinya dalam menjadikan Jawa Timur sebagai lumbung daging nasional. 

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Gelar Prestasi Pembangunan Peternakan Jawa Timur 2023 bertemakan Insan Peternakan Bersatu, Jawa Timur Terus Melaju yang berlangsung di Graha Samudra Bumi Moro, Surabaya (25/11/2023).

Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasinya terhadap kerja keras peternak yang telah berhasil meningkatkan produksi daging di Jatim.

“Gugus tugas peternakan kita telah berhasil mencapai capaian luar biasa, menjadikan Jawa Timur sebagai kontributor utama dalam menyuplai daging bagi kebutuhan nasional. Saya menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua insan peternakan yang telah bekerja keras dalam mencapai prestasi ini,” kata Gubernur Khofifah.

Baca Juga  Anev Operasi Zebra Semeru 2018 Satlantas Polres Bojonegoro, Potensi Laka Lantas dan Pelanggaran Lalu Lintas Menurun

Selain itu, Gubernur Khofifah juga menyoroti upaya peternak Jawa Timur dalam mengatasi virus PMK (Penyakit Mulut dan Kuku). Melalui kebijakan yang terkoordinasi dengan baik dan partisipasi aktif peternak, Jawa Timur berhasil mengendalikan penyebaran virus tersebut.

“Kita telah sukses mengatasi tantangan serius seperti virus PMK. Ini tidak lepas dari peran aktif para peternak yang bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan. Terima kasih atas kerja keras dan komitmen semua pihak,” tambah Gubernur Khofifah.

Prestasi dalam sektor peternakan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan contoh bagi daerah lain dalam mengoptimalkan sektor pertanian untuk mencapai ketahanan pangan nasional. 

Gubernur Khofifah menegaskan komitmen pemerintah daerahnya untuk terus mendukung dan memperkuat sektor peternakan guna memastikan keberlanjutan pencapaian positif ini.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Hadiri Peringatan Haul Ke-2 Gus Sholah

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jatim, Indyah Aryani dalam sambutannya mengatakan, guna mendukung mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, salah satunya adalah ketersediaan protein hewani, berupa daging, telur dan susu. Dinas Peternakan Jatim menyelenggarakan

”Gelar Prestasi Pembangunan Peternakan Jawa Timur Tahun 2023” mengusung tema “Insan Peternakan Bersatu, Jawa Timur Terus Melaju”. “Kegiatan ini dihadiri seluruh stake holder dan insan peternakan dan kesehatan hewan sebanyak 2.000 orang,” katanya. 

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan menampilkan capaian pembangunan peternakan dan kesehatan hewan dari berbagai bidang, antara lain capaian kelahiran ruminansia, Ketersediaan bibit, Pelestarian plasma nutfah ternak Jawa Timur, Gelar Prestasi Pembangunan Peternakan Jawa Ketersediaan pangan asal hewan yang Aman, sehat, Utuh dan Halal (ASUH), penerapan kesejahteraan hewan, penguatan kelembagaan dan Pengendalian Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS). Serta mewujudkan komitmen bersama untuk mempertahankan Jawa Timur sebagai Gudang Ternak mendukung ketersediaan protein hewani Nasional.

Baca Juga  Operasi Kasih Sayang, Satpol PP Amankan 9 siswa bolos Sekolah, di Kedungadem

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya berasal dari petugas Paramedik Pelayanan IB, Dokter Hewan dan paramedic keswan, Pengawas Bibit Ternak, Pengawas Mutu Pakan, Juru Sembelih Halal, OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pelaku Bisnis Peternakan.

Rangkaian kegiatan Gelar Prestasi  juga disisi dengan beragam kegiatan, diantaranya Rapat Koordinasi Kegiatan artificial insemination (IB) permasalahan dan solusinya, Rapat koordinasi pengendalian Penyakit Hewan Menular Strategi (PHMS); Lalu lintas terrnak dan Pendampingan RPH Ruminansia kabupaten dan kota untuk mendapatkan sertifikasi halal.

**(Sumber: Kominfo Jatim/Red).

Bagikan

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Post