Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Islam

Hadits-hadits Tentang Datangnya Nabi Isa di Akhir Zaman Huruf Arab Dan Latin

Ilustrasi: 7 themes


Kapan nabi Isa ‘alaihissalam datang di akhir zaman nanti? Tak ada yang tahu pasti. Namun ada banyak hadits nabawi yang bercerita tentang kedatangan nabi Isa ‘alaihissalam di akhir zaman kelak.

Tentu saja, kedatangannya ke bumi tidak akan merusak tatanan dan peran nabi Muhammad SAW sebagai khatamul anbiya’. Karena Isa tidak datang sebagai nabi atau rasul, tetapi sebagai seorang umat Muhammad SAW. Seorang Isa akan shalat dan berpuasa seperti muslim pada umumnya, bahkan Isa akan pergi haji ke Mekah bukan ke Betlehem.

Lebih dari itu, Isa akan merobohkan salib dan gereja yang selama ini telah merusak, menipu dan mengkhianati ajaran asli yang Isa ajarkan.

Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, Nyaris akan turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as) menjadi hakim yang adil, menghancurkan salib dan membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta… (HR Muslim dalam kitab Iman bab turunnya Isa)

Baca Juga  Mengapa Allah Menggunakan Kata “Kami” Dalam Al-Qur’an? Huruf Arab Dan Latin

Dari Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Akan tetap ada dari umatku yang berjuang dalam haq dan eksis terus hingga hari kiamat. Kemudian Nabi Isa bin Maryam turun. Lalu pemimpin umat Islam saat iu berkata kepada Nabi Isa, “Kemarilah dan jadilah imam dalam shalat kami.” Namun Nabi Isa menjawab, “Tidak, kalian menjadi peminpin di rakyatnesia kalian sendiri. Sebagai bentuk pemuliaan Allah atas umat ini.” (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim dan dishahihkan oleh az-Zahabi)

Baca Juga  5 Tujuan Busuk Orientalis Huruf Arab Dan Latin

Rujukan lengkapnya bisa Anda baca pada kitab An-Nihayah karya Ibnu Katsir, Asyrotus-Saa’ah (Tanda-tanda kiamat) karangan Yusuf bin Abdulloh bin Yusuf Al-Wabil dan An-Nihayah Fil Fitan Wal Malahim karya Ibnu Katsir.

Jika mencari hadits tentang hari kiamat yang pasti sudah dijamin keshahihannya, ya Kitab Ash-Shahih oleh Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim. Kedua kitab tersebut sudah dijamin oleh ulama sebagai kitab paling shahih kedua dan ketiga di dunia ini, setelah kitab suci Al-Quran. Wallahua’lam. [Paramuda/ BersamaDakwah]

Back to top button