Berita

Menlu Retno Marsudi Bahas Penyerangan RS Indonesia di Gaza dalam Pertemuan OKI di Moskow

rakyatnesia.com – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengadakan pertemuan dengan perwakilan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Moskow. Dalam pertemuan tersebut, salah satu topik utama yang dibahas adalah penyerangan terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Retno Marsudi mengungkapkan bahwa kunjungan ke Moskow berlangsung selama sekitar 4 jam dan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, berjalan dengan suasana yang hangat dan terbuka. Dalam pertemuan tersebut, Menlu OKI menyampaikan kecaman terhadap tindakan Israel terhadap Gaza.

“Dalam pertemuan dengan Menlu Lavrov, para Menlu OKI kembali menyampaikan kutukan terhadap apa yang dilakukan oleh Israel terhadap Gaza,” ujar Retno dalam keterangannya pada Rabu (22/11/2023).

Baca Juga  Memperkenalkan Pusat Baru untuk Sumber Global Daring di Indonesia

Retno menambahkan bahwa dalam pertemuan tersebut, ia menyampaikan pendapat bahwa tindakan bela diri yang dilakukan oleh Israel tidak dapat diterima. Alasan self-defense, menurut Retno, tidak dapat dijadikan pembenaran untuk membunuh warga sipil.

“Saya menyampaikan bahwa alasan Israel menggunakan ‘self defense’ tidak dapat diterima. Pertama, karena alasan semacam itu tidak dapat digunakan oleh penjajah seperti Israel. Kedua, alasan bela diri tidak boleh menjadi izin untuk membunuh warga sipil atau menyerang fasilitas sipil,” kata Retno.

Retno juga mengungkapkan beberapa hal yang didiskusikan para Menlu OKI dengan Menlu Rusia Sergey Lavrov. Rusia disebut sepakat dengan resolusi KTT OKI-Liga Arab.

Baca Juga  Victoria Secret Fashion Show 2024: Siapa Supermodel Terkaya di Panggung Peragaan Busana Tahun Ini?

“Rusia juga sepakat dengan butir-butir yang ada di dalam resolusi KTT OKI-Liga Arab. Kami menyampaikan pentingnya semua negara melihat secara jernih isu Gaza dan mengambil sikap yang adil. Sangat urgen untuk segera mengambil tindakan agar kekerasan dapat dihentikan, gencatan senjata dapat terwujud dan bantuan kemanusiaan dapat diberikan secara lancar atau unhindered,” kata Retno.

“Untuk itu, diperlukan dukungan dari banyak negara, terutama negara-negara anggota tetap DK PBB, termasuk Rusia,” sambungnya.

Selain itu, Retno menyebut penyerangan yang dilakukan Israel terhadap RS Indonesia di Gaza juga dibahas dalam pertemuan. Selanjutnya, pembahasan terkait langkah strategis mewujudkan two-state solution.

Baca Juga  Kisah Bursa Transfer Serie A : Nakata, Sebuah Lompatan Keyakinan di Perugia

“Penyerangan Israel terhadap RS Indonesia juga dibahas dalam pertemuan,” kata Retno.

“Dibahas pula mengenai upaya menyusun langkah strategis guna mewujudkan ‘two-state solution, termasuk kemungkinan penyelenggaraan Konferensi Internasional tentang perdamaian di Palestina,” tuturnya.

Dalam kunjungannya, Retno bersama Menlu Arab Saudi, Yordania, Mesir, dan Palestina. Retno dan para Menlu OKI ini selanjutnya akan melakukan pertemuan dengan Secretary David Cameroon mengenai Gaza. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Paris untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Macron mengenai isu yang sama.

Panjoel Kepo

Jurnalis Media Rakyatnesia.com berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Articles

Back to top button