iPhone 16 Akan Menghadirkan Tambahan Tombol, Apa Fungsinya?

Panjoel Kepo

iPhone 16 Akan Menghadirkan Tambahan Tombol, Apa Fungsinya?
Bagikan

rakyatnesia.com – Meskipun iPhone 15 series baru saja resmi diluncurkan di Indonesia dan mendapat sambutan positif dari para penggemar Apple, tetapi kabar mengenai iPhone 16 sudah mulai menyebar di seluruh dunia maya.

Berita terbaru yang muncul mengindikasikan bahwa iPhone 16 akan menghadirkan fitur tambahan berupa tombol, yang akan bergabung dengan tombol volume, power, dan silent yang sudah ada pada generasi sebelumnya.

Informasi ini berasal dari seorang leaker terpercaya yang aktif di platform Weibo, yang dikenal dengan akun “Instant Digital.” Menurutnya, iPhone generasi berikutnya, yaitu iPhone 16, akan memperkenalkan tombol tambahan yang mungkin akan membawa fitur atau fungsi baru yang belum pernah ada sebelumnya pada iPhone.

Meskipun masih banyak misteri di sekitar fungsi sebenarnya dari tombol tambahan ini, kabar mengenai perkembangan iPhone 16 telah menarik perhatian para penggemar teknologi dan pengguna iPhone yang penasaran dengan inovasi terbaru yang akan dibawa oleh Apple.

Tidak hanya tombol, perusahaan berbasis di Cupertino itu juga akan mengubah letak antena mmWave ke sisi kiri ponsel–sebelumnya ada di kanan bodi.

Disebutkan, tombol bernama Pro Action di iPhone ini akan menyatu dengan bodi ponsel, dan diyakini menjadi cara Apple beralih ke teknologi tombol solid-state.

Rumor dari Instant Digital ini mengonfirmasi kabar dari MacRumors, pada September 2023. Lalu apa fungsinya?

Apple menyebut tombol ini secara internal bernama “Capture Button”, dan terletak di bawah tombol power di sisi kanan HP iPhone ini.

Banyak meyakini, “Capture Button” ini akan berfungsi sebagai shortcut untuk meluncurkan aplikasi foto–seperti di HP Android Sony Xperia.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus Rilis Tahun 2024

Salah satu upaya Apple untuk meningkatkan pendapatan rata-rata per unit iPhone yang terjual adalah dengan tidak membedakan fitur antara iPhone ‘vanilla’ (baca: lebih murah) dan iPhone Pro.

Namun saat ini, model vanilla ditenagai oleh chipset lama untuk menghemat biaya dan melindungi margin keuntungannya. Kendati begitu, diperkirakan hal ini akan berubah dalam beberapa tahun ke depan.

Menurut analis, Jeff Pu, keempat model iPhone 16 akan ditenagai oleh chipset A18, dikutip dari GSMArena, Sabtu (21/10/2023).

Jauh berbeda dengan jajaran tahun ini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus mendapatkan A16 Bionic. Sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ditenagai chip A17 Pro.

Meski keempat model akan menggunakan chip A18 pada tahun 2024, tetapi diperkirakan tidak akan sama. Ini karena iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dikatakan hadir dengan chip A18, sedangkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan memiliki chip A18 Pro.

Jadi pada akhirnya, Apple bisa saja melakukan rebranding pada chipset-nya. Dengan begitu, iPhone ‘vanilla’ tidak akan berbeda jauh spesifikasi perangkat kerasnya dengan iPhone Pro.

Tidak jelas apa perbedaan A18 dengan A17 Pro digunakan di iPhone 15 dan iPhone 15 Pro. Bagaimanapun, A18 dan A18 Pro akan diproduksi oleh TSMC pada proses 3nm generasi kedua “N3E”.

Di mana ini akan lebih murah dan menghasilkan hasil lebih baik daripada “N3B” yang digunakan untuk A17 Pro, menurut TSMC.

Bagikan

Also Read