Apple Baru Saja Meluncurkan MacBook Pro M3: Lebih Cepat dari Chip Intel, Ini Spesifikasi dan Harganya

Panjoel Kepo

Apple Baru Saja Meluncurkan MacBook Pro M3: Lebih Cepat dari Chip Intel, Ini Spesifikasi dan Harganya
Bagikan

rakyatnesia.com – Pada acara “Scary Fast” yang digelar secara daring pada hari Selasa, tanggal 31 Oktober 2003, Apple dengan bangga memperkenalkan generasi terbaru dari laptop andalannya, MacBook Pro.

Yang menjadi sorotan utama adalah penggunaan chip terbaru mereka, Apple M3, yang terdiri dari varian M3, M3 Pro, dan M3 Max. Chip ini membawa peningkatan performa yang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya.

John Ternus, Senior Vice President of Hardware Engineering Apple, dengan antusiasnya menyatakan, “Dengan generasi terbaru chip M3, kami kembali menaikkan standar kemampuan laptop profesional. Kami sangat bersemangat untuk membawa pengalaman MacBook Pro terbaik di kelasnya kepada lebih banyak pengguna. Bagi mereka yang melakukan upgrade dari MacBook Pro berbasis Intel, ini adalah pengalaman yang benar-benar mengubah segalanya.”

Spesifikasi MacBook Pro

Salah satu hal menarik lainnya adalah ketersediaan MacBook Pro dalam dua ukuran layar, yaitu 14 inci dan 16 inci. Perlu dicatat bahwa perangkat ini menghilangkan Touch Bar yang sebelumnya menghiasi bagian atas keyboard, menunjukkan pendekatan yang lebih klasik dalam desainnya.

Dapur pacunya disokong M3 series, ini adalah chip anyar Apple yang dibuat dengan teknologi 3 nanometer.Raksasa teknologi asal Cupertino itu menjanjikan beberapa peningkatan kinerja besar dibandingkan MacBook Pro 13 inch yang ditengaiM1 bahkan laptop berbasis Intel.

Performa rendering di Final Cut Pro misalnya, 7,4x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan Core i7, dan hingga 60 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan M1.

Atau spreadsheet di Microsoft Exceldiklaim 3,5x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan Core i7, dan hingga 40 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan M1.

Dengan efisiensi daya Apple Silicon, pengguna dijanjikan tidak akan pernah mendengar suara kipas. Daya tahan baterai juga meningkat hingga 11 jam dibandingkan dengan model MacBook Pro berbasis Intel tercepat Dan tidak seperti kebanyakan laptop PC, MacBook Pro memberikan kinerja sama baiknya saat dicolokkan atau menggunakan baterai.

Semua varian MacBook Pro M3 series mengusung layar Liquid Retina XDR yang punya kecerahan puncak 1600 nits, rasio kontras yang tinggi, warna-warna cerah, dan sudut pandang yang lapang. Konten SDR kini ditampilkan hingga 600 nits, 20 persen lebih terang dari sebelumnya.

Harga MacBook Pro

MacBookPro M3 series dibekali RAM hingga 48 GB dan memori internal sampai 1 TB. Untuk versi 14 inch menyediakan warna Silver dan Space Gray, sementara model 16 inch punya opsi Space Black yang dibuat dengan segel anodisasi untuk mengurangi sidik jari secara signifikan.

MacBook Pro M3 series sudah bisa dipesan di situs Apple di sejumlah negara. Harganya di AS sebagai berikut:

  • MacBook Pro 14 inch chip M3 mulai dari USD 1.599 atau Rp 25,4 juta
  • MacBook Pro 14 inch chip M3 Pro mulai dari USD 1.999 atau Rp 31,7 juta
  • MacBook Pro 14 inch chip M3 Max mulai dari USD 3.199 atau Rp 50,7 juta
  • MacBook Pro 16 inch chip M3 Pro mulai dari USD 2.499 atau Rp 39,6 juta
  • MacBook Pro 16 inch chip M3 Max mulai dari USD 3.499 atau Rp 55,5 juta
Bagikan

Also Read