Prediksi Skor Skotlandia vs. Portugal, Jadwal Nations League, 16 Oktober 2024

Di ambang lolos ke perempat final Liga Bangsa-Bangsa UEFA, Portugal akan bertandang ke Hampden Park untuk menghadapi Skotlandia di Liga A Grup 1 pada Rabu dini hari pukul 01:45 WIB.

Tim asuhan Roberto Martinez mengalahkan Polandia 3-1 pada akhir pekan untuk mempertahankan rekor sempurna di edisi 2024-25, sementara tuan rumah mereka berusaha keras melawan Kroasia tetapi akhirnya kalah 2-1.

Analisis Skotlandia vs. Portugal

Tidak puas dengan hanya 900 gol sepanjang kariernya, Cristiano Ronaldo tetap memiliki misi untuk menembus angka 1.000 dan semakin mendekati tonggak sejarah yang tak tertandingi itu pada hari Sabtu, menggandakan keunggulan Portugal melawan Polandia setelah Bernardo Silva memecah kebuntuan.

Meskipun Piotr Zielinski memperkecil ketertinggalan menjadi setengah bagi Polandia untuk menciptakan akhir yang menegangkan, usahanya disamakan oleh salah satu rekan setimnya, ketika Jan Bednarek membelokkan bola ke gawangnya sendiri di akhir pertandingan untuk mengembalikan keunggulan Portugal yang nyaman.

Kini meraih tiga kemenangan dalam kompetisi 2024-25, setelah menunjukkan kekuatan mereka saat melawan Kroasia dan Skotlandia pada September, juara Eropa 2016 itu unggul tiga poin di puncak klasemen dan dapat mengamankan tempat di perempat final dengan kemenangan jika hasil lain menguntungkan mereka.

Jika Portugal menang di Glasgow, satu-satunya skenario di mana mereka harus menunggu untuk memastikan posisi dua teratas adalah jika Polandia mengalahkan Kroasia – membuat kedua tim sama-sama mengantongi enam poin dan Portugal 12 poin – meskipun pasukan Martinez kemudian harus kalah dalam kedua pertandingan pada November untuk keluar dari posisi gugur.

Skenario seperti itu tidak terpikirkan oleh Selecao, yang merupakan satu-satunya tim di empat grup Liga A dengan rekor sempurna sembilan poin setelah tiga pertandingan, meskipun mereka tidak mengalahkan lawan pada Selasa tanpa ancaman besar pada September.

Memang, anak asuh Steve Clarke unggul setelah hanya tujuh menit melawan Portugal bulan lalu berkat mesin gol internasional Scott McTominay, namun Bruno Fernandes dan Ronaldo yang tak terelakkan membalikkan keadaan.

Skotlandia mengalami nasib yang sama saat melawan Kroasia pada Sabtu malam, setelah Ryan Christie mencetak gol pertama di Zagreb, anak asuh Clarke gagal mempertahankan keunggulan mereka sekali lagi saat Igor Matanovic dan Andrej Kramaric membawa finalis Piala Dunia 2018 itu bangkit dan menang.

Gol penyeimbang di menit-menit terakhir Che Adams yang dianulir karena offside menambah luka bagi Skotlandia, yang sejauh ini belum pernah dikalahkan oleh lawan mereka di Liga A, tetapi tuan rumah yang tidak beruntung itu akan langsung turun ke divisi kedua jika tidak ada perubahan haluan yang ajaib.

Seri atau kalah pada hari Selasa dan Skotlandia kurang lebih dapat mengucapkan selamat tinggal pada harapan tipis mereka untuk berada di posisi dua teratas, dan kini ini merupakan kekalahan keempat berturut-turut bagi tuan rumah pada hari Selasa, yang satu-satunya kemenangannya dalam 15 pertandingan terakhir mereka diraih saat melawan tim lemah Gibraltar dalam pertandingan persahabatan musim panas.

Kekalahan menyakitkan pada bulan September dari Portugal juga membuat Skotlandia mengalami empat kekalahan berturut-turut dari pemenang Piala Eropa 2016, yang belum pernah menaklukkan tim tamu mereka sejak tahun 1980, di mana Kenny Dalglish menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan telak 4-1 di Kejuaraan Eropa.

Performa Liga Bangsa-Bangsa Skotlandia:

LLL

Performa Skotlandia (semua kompetisi):

LDLLLL

Performa Liga Bangsa-Bangsa Portugal:

WWW

Performa Portugal (semua kompetisi):

LWLWWW

Berita Tim Skotlandia vs. Portugal

Portugal berhasil melewati kemenangan mereka atas Polandia tanpa cedera dalam hal fisik, meskipun bek tengah Sporting Lisbon Goncalo Inacio mengundurkan diri dari tim karena cedera sebelum pertandingan internasional bulan Oktober dimulai.

Joao Palhinha – yang mengalami awal yang sulit di Bayern Munich – Francisco Conceicao dan Tomas Araujo semuanya tidak masuk dalam skuad pada hari pertandingan di akhir pekan, meskipun itu adalah keputusan taktis dari Martinez, yang harus mencoret tiga pasukannya.

Dengan absennya Inacio dan Araujo, Renato Veiga dari Chelsea memulai sebagai bek tengah pada debut penuhnya untuk tim senior Portugal, meskipun Antonio Silva sekarang menjadi pilihan alternatif jika kakinya yang bengkak ikut bermain.

Skotlandia juga tidak memiliki masalah baru untuk dilaporkan dari kekalahan tipis mereka dari Kroasia, sebelum Angus Gunn, Lawrence Shankland dan Greg Taylor semuanya mengundurkan diri karena cedera, selain pemain sayap Celtic James Forrest.

Hampir seimbang dalam hal penampilan, Andrew Robertson (77) dan kiper veteran Craig Gordon (76) harus menambah caps lain ke CV mereka pada hari Selasa, di mana yang pertama akan menyalip Alex McLeish untuk posisi keempat sepanjang masa.

Meskipun gol penyeimbangnya di menit-menit terakhir di Zagreb dianulir, Adams – yang telah menyumbang enam gol langsung dari sembilan penampilan pertamanya dengan seragam Torino – tentu saja menjadi kandidat untuk menggantikan Lyndon Dykes di lini serang.

Prediksi skor: Skotlandia 1-2 Portugal

Ketiga kekalahan Skotlandia sejauh ini di Liga A hanya dengan selisih satu gol, tetapi sayangnya bagi pasukan Clarke, kami dapat membayangkan skenario yang sama persis terjadi di Hampden Park.

Meskipun kelelahan mungkin terjadi pada kedua belah pihak, opsi Portugal untuk melakukan pergantian pemain jauh lebih mengancam, dan Selecao harus berjuang untuk meraih kemenangan yang kemungkinan besar akan mengamankan tiket mereka ke perempat final.

Prakiraan susunan pemain Skotlandia vs. Portugal

Scotland:

Gordon; Ralston, Souttar, Hanley, Robertson; McLean, Gilmour; Doak, McTominay, Christie; Adams

Portugal:

Costa; Dalot, Dias, Veiga, Mendes; Silva, R. Neves; Jota, Fernandes, Leao; Ronaldo

Exit mobile version