7 Cara Memperbaiki Lag Bermain Game di Komputer Anda

moch akbar fitrianto

Bagikan

tekno, rakyatnesia – Pernahkah Anda mengalami lag/kelambatan saat bermain game di komputer Anda? Kami yakin siapapun termasuk Anda pasti pernah mengalaminya. Anda mungkin jengkel dengan masalah ini sebab lag terjadi saat Anda sedang menikmati keseruan bermain sejumlah game populer yang memiliki ukuran file besar, atau game-game terkenal yang sederhana seperti game-game permainan kartu termasuk game Solitaire.

Pada kenyataannya ada banyak alasan mengapa lag terjadi pada komputer Anda. Lag dapat disebabkan oleh terjadinya overheating (panas berlebihan) pada prosesor, atau adanya proses-proses latar belakang yang memonopoli seluruh memori pada perangkat Anda, dan masih banyak lagi. 

Untuk itu, pada artikel ini, kami akan mencoba memaparkan 7 (tujuh) cara untuk memperbaiki lag bermain game di komputer, agar Anda dapat bermain game-game populer dan simpel seperti Freecell, atau game-game dengan berbagai genre petualangan, aksi, simulasi yang menghibur dan menegangkan. 

Berikut ini ketujuh cara yang dimaksud:

Cara Mengatasi Lag Game Di PC

7 Cara Memperbaiki Lag Bermain Game di Komputer Anda
  1. Kurangi suhu CPU pada komputer Anda

Karena CPU menjadi lebih panas, maka performanya akan sedikit menurun dengan mengurangi masuknya daya dan panas yang dihasilkannya. Meskipun ini dapat menyelamatkan processor dari kerusakan hardware jangka panjang, namun di sisi lain  hal ini juga ternyata dapat memperlambat pemrosesan dan dapat menciptakan kelambatan saat Anda bermain game. 

Baca Juga  Nonton film big game sub indo full movie Update 2024

Cara terbaik untuk mengecek apakah komputer Anda mengalami overheating atau tidak adalah menggunakan sejumlah tool online yang tersedia secara gratis. Kemudian, pantau suhu CPU Anda saat Anda bermain game dalam waktu yang lama untuk melihat apakah suhunya sudah turun.

  1. Turunkan pengaturan grafis

Dan hampir setiap komputer dengan kartu grafis yang lebih modern dapat menjalankan semua program di komputer, termasuk game-game favorit Anda. Dan pengaturan yang disarankan yang dipilih oleh game-game itu jarang dioptimalkan untuk peningkatan performa. 

Sebagai contoh, jika Anda mengalami lag saat bermain game yang memerlukan grafis yang tinggi, maka akan begitu baik jika Anda menurunkan pengaturan game supaya hardware Anda bisa bekerja lebih optimal. Untuk itu Anda bisa saja menurunkan pengaturan intensif CPU Anda seperti karakter-karakter fisik simulasi dan latar belakang. 

  1. Tutup aplikasi latar belakang yang tidak perlu
Baca Juga  15++ Font IG Aesthetic/Generator Keren yang Rekomended Terbaru Tahun Ini

Pada umumnya, proses-proses latar belakang tidak begitu banyak berperan dalam menimbulkan lag saat bermain jika dibandingkan dengan daya processor atau memori. Ini dikarenakan layanan-layanan Windows biasanya dioptimalkan untuk berjalan seefisien mungkin. 

Namun tidak begitu halnya dengan aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Sebagai contoh, banyak orang yang terbiasa untuk membiarkan browser web mereka berjalan saat mulai bermain game. Apakah Anda tahu berapa banyak memori yang digunakan oleh browser moderen seperti Google Chrome? Tentu saja sangat banyak. 

Untuk itu Anda dapat membuka Task Manager di PC Anda untuk mengecek berapa banyak memori dan CPU yang diambil saat semua proses ini berjalan di komputer Anda. Nah, untuk memastikan supaya pengalaman bermain game Anda lancar-lancar saja, maka silahkan saja tutup terlebih dahulu semua aplikasi latar belakang yang kurang diperlukan.

  1. Pastikan sistem Anda selalu terupdate

Microsoft biasanya menyarankan agar sistem komputer Anda untuk tetap terupdate, khususnya jika Anda suka bermain game. Tidak hanya update pada sistem operasi Windows tentunya, tapi Anda juga perlu mengupdate driver kartu grafis Anda dengan cara mengunjungi bagian Device Manager dan lalu memilih Display Adapters. 

  1. Periksa koneksi internet
Baca Juga  Review Game Battle Royale Final Fantasy VII The First Soldier

Disini Anda perlu juga mengecek koneksi internet Anda saat mengalami lag pada permainan Anda. Jika hal ini diakibatkan oleh kecepatan internet yang kurang baik, maka Anda perlu melakukan hal-hal yang dapat menambah kecepatan internet Anda. Misalnya saja menambah kapasitas koneksi internet Anda, atau memutuskan perangkat-perangkat lain yang terhubung dengan internet Anda. 

  1. Lakukan pemindaian komputer Anda untuk mendeteksi virus

Sejumlah program berbahaya seringkali dibuat untuk masuk ke memori dan processor pada komputer Anda, sehingga akan cukup berpengaruh pada kelancaran bermain game Anda. Karena itu, untuk menyingkirkan virus-virus yang menginfeksi komputer Anda, maka tak ada salahnya jika memindai komputer Anda dengan alat anti virus yang bagus. 

  1. Lakukan upgrade ke SSD

Salah satu cara yang dianggap paling efektif untuk menjauhkan lag saat bermain game adalah dengan beralih dari penggunaan hard disk ke SSD (Solid State Drive). Tidak hanya dapat mendukung performa saat bermain game, penggunaan SSD juga ternyata dapat meningkatkan performa komputer secara keseluruhan.

Bagikan

moch akbar fitrianto

Penulis berita professional tentang Sepak bola dan berita - berita lokal lamongan. Sudah menjadi penulis sejak tahun 2016. Dan menyukai menulis sejak di Bangku Sekolah Menengah Atas

Related Post