Inilah Tips Penting saat Mendaftar CPNS pada Hari Terakhir, Simak Disini Caranya

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Hari terakhir pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023, termasuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), telah tiba.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mencatat beberapa kesalahan umum yang sering terjadi selama proses pendaftaran.

Berikut adalah tips penting yang perlu diperhatikan saat melakukan pendaftaran melalui SSCASN:

  1. Buat Akun Baru: Penting untuk diingat bahwa setiap calon harus membuat akun baru, terlepas dari jabatan yang diincar, bahkan jika Anda adalah calon PPPK Guru. Pendaftaran akun ini dapat dilakukan secara online melalui situs resmi sscasn.bkn.go.id. Pastikan Anda hanya memilih satu instansi dan satu formasi.
  2. Gunakan Komputer Desktop atau Laptop: Disarankan untuk menggunakan komputer desktop atau laptop saat melakukan pendaftaran. Hindari menggunakan ponsel. Jika Anda harus menggunakan perangkat lain, pastikan untuk membuka situs pendaftaran melalui browser yang kompatibel.
  3. Izinkan Akses Webcam: Pastikan Anda memberikan izin akses webcam saat diminta. Hal ini mungkin diperlukan untuk verifikasi identitas dan keamanan.
  4. Pastikan Koneksi Internet Lancar: Sebelum memulai pendaftaran, pastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan tidak sedang digunakan untuk aktivitas lain, seperti menonton streaming video.
  5. Baca Pengumuman dengan Seksama: Penting untuk membaca semua pengumuman dan persyaratan dengan seksama sebelum mengisi formulir pendaftaran. Ini akan membantu memudahkan proses pengisian formulir dan unggah dokumen yang diperlukan.
Baca Juga  Lunix Memperkenalkan Vape Draco pada Acara JIVE di Jiexpo Kemayoran

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan calon CPNS dan PPPK dapat menghindari kesalahan umum saat mendaftar pada hari terakhir dan memastikan bahwa proses pendaftaran berjalan lancar.

Cara buat akun SSACNS untuk daftar CPNS 2023

Berikut adalah langkah membuat akun di SSACNS untuk mendaftar seleksi CPNS 2023 bagi peserta baru

  1. Buka situs https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login
  2. Pilih “Daftar” di laman awal
  3. Isi formulir pendaftaran CPNS dan PPPK
  4. Verifikasi nomor telepon dan email aktif
  5. Verifikasi data dan upload dokumen CPNS dan PPPK
  6. Tunggu proses verifikasi
  7. Login ke akun SSCASN dengan NIK dan password setelah mendapatkan email verifikasi
  8. Lengkapi profil dan pilih instansi CPNS dan PPPK
  9. Pilih formasi dan klik daftar.
Bagikan

Also Read