Peluang Kemitraan Prabowo-Ganjar Menguap setelah Kritikan Tajam Megawati

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Wacana kemungkinan pasangan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024 dinilai semakin tipis untuk terwujud setelah mendapat kritikan tajam dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Dalam pidatonya saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDIP, pada hari Minggu, tanggal 1 Oktober, Megawati mengungkapkan kebingungannya dan bahkan mengaku hanya bisa melongo di rumah ketika mendengar isu tersebut. Ia menekankan bahwa sebagai Ketua Umum PDIP, ia tidak pernah mengetahui asal-usul dari wacana tersebut.

Megawati juga menyatakan keheranannya terhadap orang yang menyebarkan wacana tersebut, merasa bahwa ada yang mencoba mencocok-cocokkan Ganjar dan Prabowo. Dalam sindirannya, ia mengkritik anggota partainya yang tampaknya menginginkan pasangan tersebut.

“Ayo, mau apa enggak (Ganjar cawapres)? Tapi nggak semua ngomong, berarti ada yang mau, payah, anak buah saya, aduh gawat,” ungkap Megawati.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis Agung Baskoro menilai sindiran yang disampaikan Mega di hadapan kadernya itu makin memperkecil kans duet Prabowo-Ganjar dalam pilpres mendatang.

Ia menyebut pidato yang disampaikan Mega akhir pekan kemarin menegaskan bahwa PDIP sudah siap untuk bertanding. Termasuk jika harus berhadapan dengan Prabowo yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Sehingga secara eksplisit peluang Ganjar Pranowo menjadi cawapres atau berpasangan dengan Prabowo Subianto semakin mengecil,” kata Agung, Senin (2/10).

Agung menilai sindiran yang disampaikan Mega bukannya tanpa alasan. Menurutnya, tidak bisa dipungkiri, elektabilitas Ganjar masih terus meningkat meskipun masih ada di bawah Prabowo jika berhadapan secara langsung.

Karena itu, ia menilai Mega saat ini tengah menimbang-nimbang dengan cermat cawapres untuk Ganjar. Sebab, pendamping Ganjar akan menjadi krusial dan berperan penting untuk meningkatkan perolehan suara Ganjar.

Agung mengatakan hal itu juga sejalan dengan pernyataan Mega yang menegaskan sudah mengantongi nama cawapres Ganjar. Selain itu, menurutnya Megawati juga percaya diri Ganjar dan pasangannya mampu menang dalam satu putaran.

“Di titik inilah ikhtiar politik, sementara ini, untuk dua pasang capres tertutup. Karena saat ini masih mengemuka 3 koalisi pilpres dengan 3 capres terkuat yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies Baswedan,” jelasnya.

Senada, Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago menilai peluang duet Prabowo dan Ganjar yang sempat mencuat ke publik akan redup sendirinya dengan adanya sindiran Megawati tersebut.

Menurut dia, isu yang beredar terkait duet pasangan tersebut hanya untuk memastikan atau melanjutkan program-program pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Kita lihat bahwa wacana ini dengan munculnya sindiran dari Megawati juga akan hilang dalam wacana publik. Artinya secara peluang wacana duet sudah semakin mengecil,” tuturnya.

Arifki memandang satu-satunya faktor yang bisa membuat duet tersebut terwujud apabila perolehan elektabilitas Anies-Cak Imin mampu mengungguli elektabilitas Ganjar dan Prabowo. Dengan begitu, koalisi Ganjar dan Prabowo merasa tak mampu melawan Anies.

“Tapi sampai hari ini Anies masih belum menunjukkan track record yang cukup baik untuk bisa bertarung dalam kontestasi politik dan memenangkannya,” kata Arifki.

“Ini yang menurut saya menjadi kendala bagaimana duet dari Prabowo-Ganjar. Apalagi masing-masing partai sudah mendeklarasikan diri dengan mengusung Capresnya,” imbuhnya.

Selain itu, Agung mengatakan kemungkinan duet itu juga masih terhalang oleh ego masing-masing partai yang tetap berkukuh ingin mengisi posisi capres. Menurutnya, wacana Prabowo-Ganjar baru bisa terwujud jika salah satu pihak ada yang rendah hati melepas posisi capres.

“Kemungkinan keduanya duet terbuka saat Anies-Muhaimin menguat atau salah satu pihak baik PDIP ataupun Gerindra legowo menjadi cawapres,” pungkasnya.

Sampai saat ini, baru Anies yang telah mengumumkan pasangannya di Pilpres 2024. Ia menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Mereka bersama NasDem dan PKS.

Sementara Prabowo dan Ganjar belum juga mengumumkan cawapres mereka. Saat ini, Prabowo diusung oleh Gerindra, Demokrat, Golkar, PAN, Gelora, PBB, dan Garuda.

Lalu Ganjar diusung oleh PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.

Bagikan

Also Read