Portal Berita Bojonegoro Lamongan
Islam

Pendapat Ulama Dunia tentang Hukum Kopi Luwak Huruf Arab Dan Latin

National Geographic (ilustrasi)


Menyeruput kopi luwak memang sangat nikmat. Apalagi kopi yang kita nikmati itu kopi luwak. Ah iya, bicara kopi luwak tidak sedikit yang mengharamkannya. Benar kah demikian?

Biji kopi luwak prosesnya memang dari sisa kotoran luwak. Secara umum para ulama menilai kopi ini hukumnya najis. Oleh sebab itu hukumnya haram untuk diminum.

Diyakini banyak penyuka kopi, kopi luwak memiliki rasa yang unik usai melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini telah mendunia kopi termahal adalah kopi luwak yang harga per kilogramnya di pasaran internasional rakyatnesia US$ 700 hingga US$ 1.000.

Luwak dipilih karena secara ilmiah hewan ini diyakini punya kemampuan memilih kopi yang benar-benar masak. Biji kopi ini sering diburu para petani kopi karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak.

Berikut pandangan ulama perihal Hukum Kotoran Hewan

1. Mayoritas Ulama

Baca Juga  Paulus Terang-Terangan Akui Injil Adalah Tulisan Tangannya Huruf Arab Dan Latin

Semua kotoran hewan adalah benda najis, baik hewan itu halal dagingnya maupun haram dimakan.
Yang disebut dengan kotoran hewan (ghaith) adalah semua benda yang keluar lewat kemaluan, baik berupa benda cair, padat, maupun gas. Demikian menurut pandangan mazhab Al-Hanafiyah dan Asy-Syafi’iyah

2. Pandangan Iman Hanbali

Untuk hewan yang dagingnya halal dimakan, air kencing dan kotorannya tak najis. Sementara jika air kencing atau kotorannya tak najis, tak ada `illat untuk mengharamkannya.

Baca Juga  Makna Sebenarnya “Kekasih Allah” Huruf Arab Dan Latin

Bisa saja kopi luwak ini dianggap tidak haram karena dalam pandangan mazhab Hambali kotoran luwak bukan benda najis.

1 2Next page
Back to top button