iOS 17: Perbaruan Baru yang Membuat iPhone Semakin User-Friendly

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Apple baru-baru ini meluncurkan sistem operasi terbarunya, iOS 17, yang telah tersedia untuk diunduh secara gratis sejak 18 September lalu. Pembaruan ini membawa sejumlah perubahan yang akan membuat pengalaman pengguna iPhone semakin menarik.

iOS 17 menambahkan sentuhan personal dan keintiman yang lebih besar ke dalam iPhone dengan menghadirkan perubahan besar dalam aplikasi komunikasi utama, seperti StandBy, AirDrop, dan fitur input yang lebih pintar, yang pada gilirannya meningkatkan kecepatan dan akurasi pengetikan.

Berikut ini adalah tinjauan singkat mengenai perubahan menarik dalam iOS 17, sebagaimana dijelaskan oleh Apple dalam pengumuman pembaruan ini.

Panggilan masuk

Aplikasi Phone yang dianggap sangat penting untuk pengalaman iPhone mendapatkan pembaruan besar pada iOS 17 yang membuat panggilan telepon penting menjadi lebih menonjol.

Poster Kontak (Contact Posters) yang dipersonalisasi memberikan cara baru bagi pengguna untuk mengekspresikan diri dengan menyesuaikan tampilannya saat menelepon kontak yang dikenal, termasuk pada aplikasi panggilan pihak ketiga.

Poster Kontak

Fitur ini dapat dipersonalisasi dengan pengaturan cantik yang menampilkan foto, Memoji, dan tipografi serta warna font yang menarik. Poster Kontak memberi pengguna cara baru untuk mengekspresikan diri dan menghadirkan tampilan baru pada panggilan masuk.

Pesan Suara Langsung (Live Voicemail)

Layanan ini menyediakan transkripsi waktu aktual saat seseorang meninggalkan pesan suara, dan memberi pengguna kesempatan untuk menjawabnya saat penelepon meninggalkan pesan.

Baca Juga  iPhone 15 Series Dikabarkan Akan Memiliki Kabel USB-C Yang Memiliki Warna Matching

Senyapkan Penelepon tak Dikenal

Dengan mengaktifkan Senyapkan Penelepon Tak Dikenal (Silence Unknown Callers), nomor tak dikenal akan ditransfer langsung ke Live Voicemail, dan panggilan yang diidentifikasi sebagai spam oleh operator akan langsung ditolak.

Cara baru nikmati FaceTime

Pengguna kini dapat meninggalkan pesan video atau audio di FaceTime untuk menyampaikan dengan tepat apa yang ingin mereka katakan ketika seseorang yang mereka hubungi tidak ada.

Panggilan FaceTime menjadi lebih ekspresif dengan Reaksi seperti hati, balon, kembang api, dan sinar laser yang dapat diaktifkan dengan gerakan sederhana, dan juga tersedia dengan aplikasi konferensi video pihak ketiga yang didukung, seperti Zoom dan Webex oleh Cisco.

FaceTime kini mendukung pesan video dan audio sehingga ketika pengguna menelepon seseorang yang tidak ada, mereka dapat berbagi momen atau pesan yang dapat dinikmati nanti.

FaceTime juga kini menghadirkan pengalaman terhubung dengan Apple TV 4K sehingga pengguna bisa menikmati panggilan FaceTime dengan teman atau keluarga mereka di layar besar. Mulailah dengan panggilan FaceTime di iPhone dengan Continuity Camera atau langsung dari Apple TV.

Dengan Center Stage, pengguna tetap terbingkai sempurna bahkan saat mereka bergerak di sekitar ruangan.

Banyak cara terhubung dengan Messages

Message menambahkan fitur baru yang membuatnya lebih mudah digunakan dan bahkan lebih menyenangkan saat terhubung dengan orang yang paling berarti.

Pencarian pada Messages menjadi lebih canggih dan tepat dengan filter pencarian; pesan audio ditranskripsikan secara otomatis sehingga pengguna dapat membacanya saat itu juga atau mendengarkannya nanti; membalas sebaris menjadi semudah menggesekkan gelembung teks; dan menu baru yang dapat diperluas memberikan akses mudah ke semua aplikasi iMessage, memberikan tampilan Pesan yang lebih ramping.

Baca Juga  Tips Cara Merawat Hardisk Laptop Agar Tahan Lama dan selalu Awet Terbaru Tahun Ini

Pengguna kini memiliki cara lain untuk menyesuaikan pesan mereka dengan pengalaman stiker baru yang menambahkan kemampuan untuk membuat Stiker Langsung dari subjek foto. Efek menyenangkan dapat ditambahkan ke stiker, menjadikannya hidup dan memberi pengguna cara untuk berkreasi.

Check In

Ini sebuah fitur penting yang ada di dalam Pesan, memungkinkan pengguna memberi tahu anggota keluarga atau teman ketika mereka telah sampai di tujuan dengan selamat. Setelah pengguna memulai Check In, kontak mereka akan secara otomatis diberitahu segera setelah pengguna tiba.

Informasi berguna, seperti lokasi perangkat, tingkat baterai, dan status layanan seluler, untuk sementara dibagikan kepada kontak yang dipilih dengan cara yang aman dan pribadi.

StandBy

Fitur ini membuat iPhone lebih berfaedah saat isi daya. StandBy adalah pengalaman layar penuh baru dengan informasi sekilas yang dirancang untuk dilihat dari jarak jauh saat iPhone dalam posisi miring dan mengisi daya. StandBy dapat dipersonalisasi untuk menampilkan berbagai gaya jam, foto favorit, atau widget, termasuk Smart Stacks, yang menampilkan widget yang tepat pada waktu yang tepat.

StandBy juga menampilkan Aktivitas Langsung layar penuh, hasil Siri, panggilan masuk, dan notifikasi yang lebih besar. Dengan tampilan Always-On, StandBy tetap menyala untuk menampilkan informasi berguna, dan dengan Night Mode, StandBy beradaptasi dengan cahaya redup, sehingga jam, foto, dan widget memiliki warna merah yang indah.

Baca Juga  Harga MacBook Pro Menurun, Berikut Daftar Laptop Baru dari Apple

Berbagi makin mudah

AirDrop semakin memudahkan berbagi dengan teman, keluarga, dan kolega. NameDrop, fitur AirDrop baru, memungkinkan pengguna bertukar informasi kontak, termasuk Poster Kontak mereka, hanya dengan menyatukan perangkat iPhone mereka.

Dengan gestur yang sama, pengguna juga bisa berbagi konten atau memulai SharePlay untuk mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game dalam jarak dekat. Pada akhir tahun ini, Apple akan menambahkan kemampuan AirDrop untuk melanjutkan transfer melalui internet ketika pengguna keluar dari jangkauan AirDrop.

Pembaruan Koreksi Otomatis dan Dikte

Koreksi Otomatis menerima pembaruan komprehensif dengan model bahasa transformator baru, model bahasa pembelajaran mesin pada perangkat yang canggih untuk prediksi kata–meningkatkan pengalaman dan akurasi bagi pengguna setiap kali mereka mengetik.

Teks prediktif sebaris membantu menyelesaikan kalimat dengan cepat, sementara model pengenalan ucapan baru Dikte menghadirkan peningkatan akurasi.

Jurnal

Jurnal (Journal) adalah aplikasi iPhone baru yang membantu pengguna merefleksikan momen sehari-hari dan peristiwa khusus dalam hidup mereka. Untuk membantu menginspirasi entri jurnal pengguna, saran yang dipersonalisasi dapat dikurasi secara cerdas dari aktivitas terkini pengguna, seperti foto, orang, tempat, olahraga, dan banyak lagi, dan pemberitahuan terjadwal dapat membantu membangun kebiasaan membuat jurnal.

Dengan kemampuan mengunci aplikasi, penggunaan pemrosesan di perangkat, dan enkripsi ujung ke ujung, Jurnal dibuat untuk melindungi privasi pengguna dan memastikan tidak seorang pun–termasuk Apple–dapat mengakses entri pengguna.

Itulah pembaruan besar di iOS 17, selain fitur-fitur tambahan lainnya seperti Safari, berbagi password dan passkeys lebih mudah dan aman, Health, Apple Music, AirPlay, AirPods, Home, Maps, dan banyak lagi.

Bagikan

Panjoel Kepo

Wartawan Media berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Post