Apple Bersiap Mengatasi Masalah Radiasi iPhone 12 di Prancis Melalui Pembaruan Perangkat Lunak

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Apple telah mengumumkan rencananya untuk merilis pembaruan perangkat lunak (software) bagi pengguna iPhone 12 di Prancis guna mengatasi masalah radiasi yang telah diidentifikasi oleh pengawas radiasi negara tersebut.

Langkah ini merupakan tanggapan Apple atas kekhawatiran yang disampaikan oleh pengawas radiasi Prancis terkait emisi dari perangkat tersebut.

Dalam pernyataannya, Apple menyatakan, “Kami akan mengeluarkan pembaruan perangkat lunak untuk pengguna di Prancis untuk mengikuti protokol yang digunakan oleh regulator Prancis. Kami berkomitmen agar iPhone 12 tetap tersedia di Prancis.”

Badan Frekuensi Nasional Prancis (ANFR) telah melakukan pengujian yang menunjukkan bahwa iPhone 12 memancarkan gelombang elektromagnetik. Masalahnya adalah tingkat radiasi yang terdeteksi oleh ANFR pada iPhone 12 melebihi standar Eropa yang berlaku.

Menghadapi temuan ini, ANFR memerintahkan Apple untuk menghentikan penjualan model iPhone 12 di Prancis dan menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu dua minggu, atau jika tidak, menghadapi potensi penarikan produk tersebut dari pasar.

Apple sendiri membantah temuan ANFR dengan mengatakan bahwa iPhone 12 aman dan telah disertifikasi di negara-negara di seluruh dunia.

Namun, perusahaan telah setuju untuk mengeluarkan pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi kekhawatiran yang diangkat oleh regulator Prancis.

Pembaruan perangkat lunak diperkirakan akan dirilis dalam beberapa pekan mendatang. Belum jelas perubahan spesifik apa yang akan dilakukan oleh pembaruan tersebut, tetapi kemungkinan besar akan melibatkan penyesuaian cara iPhone 12 menangani gelombang radio.

Regulator Prancis ANFR mengatakan bahwa mereka akan menguji pembaruan perangkat lunak untuk melihat apakah ada perbedaan pada gelombang elektromagnetik yang dipancarkan perangkat.

Jika iya, regulator mengatakan akan menjadikan model tersebut sesuai dengan standar Eropa dan mencabut perintah penarikan pemasaran.

Kekhawatiran radiasi di sekitar iPhone 12 juga telah menimbulkan kekhawatiran di negara-negara Eropa lainnya.
Belgia, Jerman, dan Italia menyatakan bahwa mereka sedang meninjau situasi tersebut. Ada kemungkinan negara lain juga mengharuskan Apple mengeluarkan pembaruan perangkat lunak untuk iPhone 12.

Apple sendiri sudah menghentikan produksi iPhone 12 secara bertahap, yang dirilis pada tahun 2020. Perusahaan mengumumkan peluncuran iPhone 15 barunya pada hari Selasa, dan iPhone 12 tidak lagi dijual.

Namun, demikian, melansir MacRumors, pembaruan perangkat lunak akan tersedia untuk semua pengguna iPhone 12 di Prancis, kapanpun mereka membeli perangkatnya.

Bagikan

Also Read