Mengenal Asuransi Mobil dan Asuransi Kesehatan yang Sama-Sama Penting untuk Dimiliki!

moch akbar fitrianto

Bagikan

Bisnis, Rakyatnesia – Mengenal Asuransi Mobil dan Asuransi Kesehatan yang Sama-Sama Penting untuk Dimiliki!, Asuransi mobil dan asuransi kesehatan merupakan dua produk asuransi umum yang berbeda, namun penting untuk dimiliki. Sebab, keduanya dapat mengatasi permasalahan yang menimpa, baik pada kendaraan kesayangan maupun kondisi tubuh manusia.

Setiap pemilik kendaraan roda empat tentu sadar pentingnya memiliki produk proteksi berupa asuransi mobil. Begitu juga dengan kesehatan tubuh, penting untuk dilengkapi dengan asuransi kesehatan, karena biaya perawatan di rumah sakit mahal.

Bagi Anda yang tertarik ingin memberikan proteksi pada kendaraan kesayangan, dapat cek duitpintar.com untuk asuransi mobil. Sementara itu, Anda yang ingin melindungi finansial dengan proteksi kesehatan, maka bisa cek duitpintar untuk asuransi kesehatan!

Apa Itu Asuransi Mobil?

Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan perlindungan dan jaminan berupa perbaikan kerusakan dan atau ganti rugi mobil yang rusak atau hilang.

Misalnya ketika di jalan raya, Anda mengalami kecelakaan sehingga mobil jadi rusak. Jika Anda punya asuransi mobil, maka biaya perbaikan mobil Anda yang rusak tadi akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Asuransi mobil yang sering dipilih nasabah terbagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Asuransi All Risk

Asuransi all Risk atau yang terkadang disebut juga asuransi comprehensive merupakan asuransi mobil yang memberikan perlindungan atas kerugian dan atau kerusakan baik kerusakan kecil ataupun kerusakan besar.

Tak hanya saja, asuransi all risk juga akan mengganti kerugian atas kendaraan Anda yang rusak karena pencurian atau perbuatan jahat lainnya. Namun, jika mobil Anda hilang karena keteledoran atau kesalahan sendiri maka tidak bisa diganti oleh pihak asuransi.

Asuransi All Risk ini sangat cocok untuk mobil yang masih baru dan mengalami kerusakan. Sebab, dengan asuransi All Risk mobil baru Anda bisa mendapatkan perbaikan secara maksimal sesuai namanya, yaitu All Risk yang artinya adalah menanggung seluruh risiko.

Asuransi Total Loss Only

https://www.youtube.com/watch?v=UCRckoL_vIs

Berbeda dengan asuransi All Risk, asuransi TLO tidak menanggung kerusakan yang bersifat kecil, yaitu menanggung kerusakan minimal 75%. Misalnya, mobil yang mengalami kecelakaan dan rusak seluruh bagiannya tanpa ada yang tersisa.

Asuransi TLO juga menanggung kerugian yang diakibatkan kehilangan mobil karena pencurian atau perbuatan jahat yang lainnya.  Asuransi TLO ini sangat cocok bagi Anda pemilik mobil baru karena tarifnya sedikit lebih murah.

Karena memiliki cakupan perlindungan yang lebih luas, maka tarif asuransi mobil All Risk lebih tinggi.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

Asuransi mobil juga tidak hanya berfungsi sebatas alat ganti rugi apabila terjadi kecelakaan, melainkan juga sebagai investasi perawatan. Berikut ini adalah manfaat memiliki asuransi mobil:

1. Menanggung biaya perbaikan mobil yang rusak

Secara umum, asuransi mobil dapat memproteksi pemilik mobil dari kerugian dengan adanya pertanggungan biaya perbaikan. Misalnya kerusakan akibat kebakaran, hasil perbuatan jahat orang lain, kerusaian saat ada di atas kapal, dan sebagainya.

Perusahaan asuransi biasanya sudah bekerja sama dengan berbagai bengkel, baik bengkel resmi atau rekanan.

Klaim asuransi bisa dilakukan dengan cepat asalkan dokumen yang disertakan sudah lengkap. Pihak asuransi selanjutnya akan memberikan penerbitan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel di hari yang sama setelah lapor klaim.

2. Melindungi mobil dari risiko kecelakaan

Tentu saja tidak ada yang ingin mengalami kecelakaan dalam bentuk apa pun saat berkendara. Akan tetapi, proteksi mobil tetap diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Dengan demikian, biaya perbaikan mobil setelah terjadinya kecelakaan bisa ditanggung asuransi berdasarkan jenis kerusakan. Perlindungan tersebut juga mencakup kerusakan imbas tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau mobil terperosok.

3. Mendapatkan unit mobil baru saat mobil hilang akibat pencurian

Meskipun sudah berupaya menjaga mobil sebaik dan seaman mungkin, risiko kehilangan akibat pencurian tetap bisa terjadi kapan saja dan di manapun.

Jika memiliki asuransi mobil, Anda akan mendapatkan penggantian unit baru sesuai dengan produk asuransi mobil dimiliki.

Saat mengajukan klaim mobil hilang, Anda bisa melampirkan bukti-bukti pendukung seperti bukti rekaman CCTV dan jangan ragu untuk menceritakan kronologis kejadian secara detail. Hal itu juga bisa menjadi bahan laporan ke pihak kepolisian.

4. Menjaga cashflow agar tetap aman

Manfaat lain dari memiliki asuransi adalah menjaga cashflow agar tetap aman. Saat tabunganmu terbatas dan dana darurat juga tidak mencukupi, pengeluaran tak terduga seperti ini tentu akan mengganggu keuangan Anda.

Dengan memiliki asuransi mobil, Anda bisa terbebas dari beban biaya ekstra yang sewaktu-waktu harus dikeluarkan. Dengan demikian, kondisi finansial bisa tetap stabil.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Sementara itu, asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan manfaat berupa penggantian biaya selama seseorang menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit.

Asuransi kesehatan dapat meringankan beban Anda saat sakit sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Dengan asuransi kesehatan, sehat tidak lagi mahal karena sebagian sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Asuransi kesehatan biasanya mencakup pembayaran biaya medis, bedah, obat plus resepnya, biaya periksa mata, dan terkadang biaya perawatan gigi. Asuransi ini juga menanggung biaya rawat inap.

Dalam asuransi kesehatan tidak semua jenis penyakit dijamin selamanya seperti katarak, jantung, diabetes mellitus, Hypertrophy Prostat, hipertensi dan komplikasi lainnya. Biasanya orang yang berhak mendapatkan perlindungan asuransi ini jika usianya sudah 15 hari dan telah melewati 60 tahun.

kendaraan tuban kecelakaan

Sama halnya seperti asuransi mobil, memilih asuransi kesehatan juga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Perusahaan harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terpercaya, dan memberikan kemudahan dalam pelayanan sebab urusan kesehatan sangat berhubungan dengan nyawa manusia.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi ini terbagi menjadi dua, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan. Berikut ini adalah perbedaan di antara keduanya:

Manfaat Dasar

Beberapa manfaat dasar yang pasti didapatkan ketika Anda mendaftar asuransi kesehatan, antara lain:

• Rawat jalan : membiayai konsultasi, obat-obatan, atau biaya lainnya terkait rawat jalan.

• Rawat inap : membiayai nasabah asuransi yang sedang rawat inap di rumah sakit. Meliputi biaya kamar, biaya pengobatan, dan lain sebagainya.

• Pembedahan : membiayai segala macam operasi dan pembedahan. Termasuk juga biaya kamar dan konsultasi dengan dokter bedah.

Manfaat Tambahan

Selain memperoleh manfaat dasar, peserta asuransi kesehatan biasanya juga memperoleh manfaat tambahan antara lain yaitu :

• Melahirkan : ibu yang melahirkan bisa mendapatkan ganti biaya dari asuransi kesehatan. Baik itu melahirkan secara normal maupun melahirkan dengan cara operasi sesar.

•  Medical check up : beberapa perusahaan asuransi juga memberikan ganti biaya seseorang yang melakukan medical check up.

• Perawatan gigi : membiayai pemeriksaan, pembersihan gigi, tambal, dan pencabutan gigi.

• Perawatan mata : membiayai pemeriksaan, perawatan, termasuk biaya untuk membeli kaca mata.

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan biaya ketika kita sebagai nasabah mengalami gangguan kesehatan baik sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan biasanya akan menanggung biaya rumah sakit, seperti biaya rawat inap, dokter, obat, dan tindakan, hingga biaya operasi berdasarkan syarat yang tertera di polis.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika memiliki asuransi kesehatan:

1. Membantu mengelola keuangan

Melalui premi asuransi jiwa yang kita bayarkan setiap bulan, kita sebenarnya tengah mengelola keuangan pribadi. Kita akan terlatih untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk sesuatu yang sifatnya baik dan tidak sia-sia untuk diri sendiri.

2. Membiayai pengobatan dan perawatan saat sakit

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita tidak perlu risau akan biaya yang harus ditanggung. Sebab asuransi kesehatan akan menanggung seluruh biaya rumah sakit, obat, kunjungan dokter, operasi, dan lain-lain.

Proteksi asuransi kesehatan bisa dilakukan dengan dua cara, yakni sistem cashless dan proteksi dengan sistem reimbursement. Sistem asuransi kesehatan cashless memperbolehkan pemegang polis dirawat inap dan proses pembayaran dilakukan hanya dengan menunjukkan kartu provider.

Sedangkan sistem asuransi kesehatan reimbursement mengharuskan pemegang polis untuk membayar terlebih dulu seluruh biaya rumah sakit dan kemudian melakukan klaim ke perusahaan asuransi.

Kedua sistem asuransi kesehatan ini tentu memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing, maka dari itu kita harus sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial pribadi, ya.

3. Transfer risiko

Dengan membayar premi asuransi kesehatan yang relatif terjangkau, kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kita tengah memindahkan risiko ke perusahaan asuransi karena kita sebagai tertanggung tidak perlu membayar biaya perawatan di rumah sakit.

Itulah asuransi mobil dan asuransi kesehatan, perbedaan dan beragam manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Also Read