Harkamtibmas, Polres Bojonegoro Gelar Cangkrukan Kamtibmas, di Desa Bobol, Sekar

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Polres Bojonegoro menggelar Cangkrukan Kamtibmas dalam rangka Memelihara Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dan menyerap aspirasi masyarakat, yang berlangsung di Balai Desa Bobol Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro, Kamis (7/9/2023).

Kegiatan Cangkrukan Kamtibmas dihadiri Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto, SIK, Kasat Binmas, AKP Agus Efauzi, Kepala Bakesbangpolinmas Bojonegoro, Mahmudi, Forkopimca Sekar, Ketua Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) Sekar, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, instansi terkait dan tamu undangan lainnya.

Sambutan Camat Sekar, Alit S Purnayoga menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Kapolres Bojonegoro yang sudah berkenan hadir di Kecamatan Sekar.

Ia juga menyampaikan kondisi dan situasi di Kecamatan Sekar sampai saat ini masih dalam keadaan aman dan kondusif berkat kerjasama jajaran Forkopimca dan seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Sekar. Masyarakat Kecamatan Sekar rata-rata bercocok tanam atau petani, baik milik pribadi atau bercocok tanam dikawasan hutan milik Perhutani.

“Forkopimca Sekar, Perhutani dan instansi terkait saling bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat demi menjaga kondusivitas di wilayah Sekar,” kata Camat Sekar Alit S Purnayoga menegaskan.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Rogib Triyanto dalam kata sambutanya mengatakan bahwa kegiatan Cangkrukan Kamtibmas ini merupakan program Kapolri yang dilaksanakan secara berkala dengan tujuan untuk menyampaikan perkembangan Kamtibmas baik tingkat lokal, regional maupun nasional.

Selain itu, Cangkrukan Kamtibmas untuk menyerap aspirasi, keluhan atau saran masukan dari masyarakat.

Lanjut Kapolres, apabila ada permasalahan dan kendala silahkan dikomunikasikan bersama-sama bisa melalui Bhabinkamtibmas, Polisi RW atau Babinsa untuk secepatnya bisa terselesaikan permasalahan tersebut, sehingga tidak menimbulkan gejolak atau semakin meruncing.

“Polres Bojonegoro juga memiliki program Matur Pak Kapolres silahkan dimanfaatkan dapat melaporkan apa saja terkait permasalahan sosial, tindak pidana atau lainnya. Nanti kami tindak lanjuti,” ucap Kapolres.

Pihaknya juga menyampaikan saat ini adanya perubahan cuaca atau dampak El Nino mengakibatkan suhu atau cuaca panas dan kering. Polres Bojonegoro dan Polsek jajaran menggalakan penanaman pohon untuk mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik lagi dan lebih hijau.

Kapolres Bojonegoro mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah, terlebih di kawasan pemukiman yang padat penduduk. Ini menghindari terjadinya kebakaran mengingat saat ini cuaca dalam kondisi panas.

“Usahakan apabila membakar sampah atau lainnya mohon di tunggui sampai api benar benar mati jangan ditinggalkan yang bisa menyebabkan kebakarakan,” ucap Kapolres.

Acara Cangkrukan Kamtibmas dilanjutkan sesi tanya jawab dan penyampaian materi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Bojonegoro.

**(Sumber: Sihumas Polres Bojonegoro/ Red).

Bagikan

Also Read