Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Semeru 2023 Digelar Oleh Polres Bojonegoro

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Polres Bojonegoro menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Zebra Semeru 2023 yang digelar di Halaman Apel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bojonegoro yang berada di Jalan Imam Bonjol, Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Senin (4/9/2023).

Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Zebra Semeru 2023 kali ini mengambil tema “ Kamseltibcarlantas Yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024 ”.

Guna menandai dimulainya Ops. Zebra Semeru Tahun 2023 ini, dilakukan penyematan pita operasi oleh Wakapolres Bojonegoro kepada perwakilan dari TNI – Polri dan Dishub Bojonegoro.

Wakapolres Bojonegoro, Kompol David Manurung dalam apel tersebut membacakan amanat dari Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjel. Pol. Dr. Toni Harmanto, MH menyampaikan pertumbuhan jumlah penduduk menyebabkan kebutuhan akan transportasi lalu lintas semakin meningkat.

Lanjut Wakapolres Bojonegoro, Kompol David Manurung bahwa masalah sarana dan prasarana lalu lintas masih terdapat kendala. Kepadatan volume lalu lintas akan menyebabkan akses jalan sulit untuk dilalui, berbagai aktivitas pengguna jalan kurang nyaman, sehingga secara tidak langsung akan menimbulkan risiko permasalahan lalu lintas, khususnya kemacetan dan kecelakaan.

Ditambahkan, meningkatnya angka pelanggaran dan laka lantas di Jawa Timur tidak terlepas dengan adanya peningkatan mobilitas penduduk seiring dengan peningkatan perekonomian Jawa Timur pasca pandemi Covid-19, penyebab lain adalah menurunnya kesadaran masyarakat terhadap tertib berlalu lintas.

“Operasi Zebra ini adalah dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang Pemilu 2024,” kata Wakapolres kepada peserta Apel Gelar Pasukan tersebut.

Ia menyampaikan, saat ini sudah mulai masuk pada tahapan Pemilu serentak tahun 2024, dimana hal tersebut akan meningkatkan kegiatan masyarakat, salah satu kerawanan dalam bidang lalu lintas adalah adanya kecelakaan pada saat kampanye yang seringkali terjadi karena kurang kesadaran diri berlalu lintas.

Kurang kesadaran itu terutaman berasal dari pengendara motor peserta kampanye, dimana mereka pikirkan hanya euforia kampanye semata dan tidak memikirkan keselamatan diri serta orang lain yang menggunakan jalan raya lainnya.

Operasi Zebra ini untuk meminimalisir permasalahan tersebut di atas serta untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam berlalu lintas bagi masyarakat Jawa Timur guna cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang pelaksanaan Ops Mantap Brata Semeru 2023-2024.

Diakhir sambutannya, Operasi Zebra ini akan dilaksanakan selama 14 hari di mulai hari ini Senin tanggal 4 September hingga hari Minggu tanggal 17 September 2023 mendatang.

Dengan Ops Zebra Semeru 2023 ini, pihaknya berharap dapat memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran berlalu lintas untuk menghadapi rangkaian tahapan inti Pemilu sehingga dalam pelaksanaan Pemilu tersebut dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Selesai Apel Gelar Pasukan Ops. Zebra Semeru 2023 dilanjutkan pembagian brosur himbauan tertib berlalu lintas kepada pengendara bermotor yang melintas di Jalan Imam Bonjol Kota Bojonegoro atau tepatnya di depan Mako Satlantas Bojonegoro.

Saat dikonfirmasi, Wakapolres Bojonegoro Kompol David Manurung mengatakan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Zebra ini akan difokuskan pada lokasi-lokasi rawan kecelakaan (black spot), rawan kemacetan (troubel spot) dan rawan pelanggaran dengan didukung kegiatan preemtif guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kesadaran berlalu lintas.

Diharapkan dengan pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2023 Polres Bojonegoro ini dapat menekan angka fatalitas laka lantas dan menciptakan kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Bojonegoro ini.

“Dalam Ops. Zebra Semeru ini mohon dukungan para awak media untuk meneruskan himbauan positif terkait tertib berlalu lintas untuk disampaikan kepada masyarakat sehingga terciptanya Kamseltibcarlantas di wilayah Bojonegoro,” pungkasnya.

Apel Gelar Pasukan Ops. Zebra Semeru 2023 Polres Bojonegoro berkenan hadir dan tampil sebagai pimpinan apel adalah Wakapolres Bojonegoro, Kompol David Manurung, SE, SIK, MH diikuti peserta apel Pejabat Utama(PJU) Polres Bojonegoro, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bojonegoro, Ardhian Orianto dan pasukan apel dari Subden POM Bojonegoro, Kodim 0813/Bojonegoro, Satlantas, staf gabungan, Sat Reskrim, Sat Intelkam, Satpol PP Bojonegoro dan Dishub Bojonegoro, serta undangan lainnya.

**(Sumber: Sihumas Polres Bojonegoro/Red).

Bagikan

Also Read