Tharman Shanmugaratnam Terpilih Sebagai Presiden Singapura yang Baru

Panjoel Kepo

Bagikan

rakyatnesia.com – Pada tanggal 2 September 2023, seorang ekonom senior bernama Tharman Shanmugaratnam berhasil terpilih sebagai presiden baru Singapura. Kejutannya, ia mengakui bahwa ia terkejut dengan tingkat kemenangannya dalam Pemilihan Presiden 2023.

Dalam wawancara pertamanya sejak pengumuman resmi hasil pemilu tengah malam pada hari Sabtu, Presiden Singapura Tharman mengatakan, “Saya benar-benar tidak menyangka akan mendapatkan tingkat dukungan yang begitu tinggi, yang juga menunjukkan bahwa ada banyak orang yang sebelumnya mungkin tidak akan setuju dengan pilihan ini,” saat berbicara dengan para wartawan.

Baca Juga  Inilah Cara Membeli Tiket Konser Taylor Swift Singapura, Link registration.ticketmaster.sg

Ia mengatakan, tak biasanya pemilih memberikan suara yang mendukung partai berkuasa. “Dan mereka memutuskan untuk memilih saya, dan menurut saya itu juga sangat menggembirakan.”

Tharman mendapat sorak sorai dari pendukungnya di Taman Jurong, Marsiling, Tampines dan Toa Payoh.

Menggambarkan hasil tersebut sebagai “persatuan yang luar biasa”, ia menilai masyarakat Singapura “sangat bijaksana dalam cara mereka memilih”.

“Saya pikir menarik juga bahwa warga Singapura, yang saya yakini menginginkan Presiden yang non-partisan… Mereka tidak berpikir bahwa menjadi anggota partai politik atau bahkan menjadi anggota Kabinet akan mengurangi kemampuan seseorang untuk menjadi non-partisan,” katanya.

Baca Juga  Menko Luhut Binsar Pandjaitan Memutuskan untuk Berobat di Singapura Mulai Hari Ini

“Itu semua tergantung pada individu, karakter orang tersebut, reputasi orang tersebut, dan kemampuan untuk melampaui semua batasan yang dapat Anda pikirkan di Singapura. Itu selalu menjadi orientasi saya.

“Jadi menurut saya ini adalah pelajaran yang sangat menarik bahwa masyarakat Singapura tidak menganggap bahwa pelayanan politik saya selama ini adalah suatu kerugian.

Tharman Shanmugaratnam lahir pada 25 Februari 1957 di Singapura. Keturunan India ini adalah seorang negarawan dan ekonom yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Senior Singapura antara 2019 dan 2023, dan Menteri Koordinator Kebijakan Sosial antara 2015 dan 2023, serta Ketua Otoritas Moneter Singapura antara tahun 2011 dan 2023

Baca Juga  Prediksi Korea Selatan vs Singapura: Pertandingan Sengit Menanti

Berprofesi sebagai ekonom, Tharman menghabiskan seluruh masa kerjanya di pelayanan publik Singapura, terutama dalam peran yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi dan sosial.

Bagikan

Panjoel Kepo

Wartawan Media berpengalaman dari Kota Soto Lamongan, Lihai menulis berbagai macam informasi, mulai dari olahraga, entertainment, Musik dunia viral media sosial dan berbagai macam lainnya.

Related Post