Meriahnya Karnaval  Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Desa Ngujo, Kalitidu

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Pemerintah Desa (Pemdes) Ngujo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, menggelar Karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Minggu (27/8/2023).

Karnaval yang diselenggarakan Pemdes Ngujo tersebut, diikuti mulai tingkat TK, SD/MI dan umum. Bisa dibilang, karnaval yang gelar ini, merupakan karnaval untuk semua umur, sehingga tampilannya sangat menarik hingga menyedot perhatian masyarakat setempat dan warga sekitar yang ikut menontonnya.

Camat Kalitidu Agus Haryana dengan didampingi Kapolsek  Kalitidu Iptu Usodo dan Ketua panitia Mukhlisin berkenan memberangkatkan Karnaval Desa Ngujo tesebut.

Karnaval mengambil Start dan finish di Lapangan Ngujo, dengan route mengitari wilayah Desa Ngujo. Diberangkatkan secara simbolis sekira pukul 14:00 WIB dan peserta terakhir yang memasuki finish pada pukul 18:00 WIB.

Tampak, peserta karnval yang diselenggarakan oleh Pemdes Ngujo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Minggu (27/8/2023).

Karnaval diikuti 24 RT yang berada di 4 RW itu, juga diikuti peserta yang berasal dari TK dan SD setempat, dengan jumlah peserta sekitar seribu orang lebih.

Pemerintah Desa Ngujo juga membentuk regu sendiri yang dipimpin langsung oleh Kepala desa Ngujo Ahmad Zaenudin beserta istri dan seluruh perangkat desa setempat. Mereka turut mengikuti karnaval sekaligus untuk memberikan motivasi kepada warganya agar bisa ikut ambil bagian dalam kemeriahan HUT Kemerdekaan RI di usianya yang sudah 78 tahun itu.

Tak hanya itu, Karang Taruna, Ketua RT, Ketua RW dan tokoh mayarakat juga mengikuti karnaval tingkat desa tersebut. Sedangkan, warga yang takikut karnaval mereka memadati jalan desa yang dilalui karnaval itu.

Kegiatan Karnaval menjadi kegiatan yang masuk kalender tahunan dan selalu menarik untuk ditonton. Sehingga, kegiatan tersebut mampu menyedot ribuan penonton yang memadati jalan-jalan yang dilintasi karnaval tersebut.

Tampak, Peserta Karnaval yang diselenggarakan oleh Pemdes Ngujo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Minggu (27/8/2023).

Perlu diketahui, bahwa kegiatan Karnaval tingkat Desa Ngujo ini sangat menarik karena para peserta unjuk kebolehan untuk mempertontonkan kreativitasnya masing-masing. Hal itu bisa dilihat dari penampilan para peserta karnaval, Kades Ngujo Ahmad Zainudin beserta istri menjadi raja India dan permaisurinya.

Tak hanya itu, ada yang berpakaian Adat Jawa, Kerajaan Majapahit, Putri Domas, Drum band dari SD bahkan ada yang berdandan layaknya Pengantin dan berbagai ragam dandanan lainnya.

“Alhamdulillah, karnaval tahun ini cukup menarik dan antusias masyarakat juga sangat luar biasa. Karnaval ini bisa menjadi ajang kreatifitas warga, sekaligus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Desa Ngujo ini,” ungkap Ketua Panitia Muklisin, Minggu (27/8/2023).

Sementara itu, Kepala Desa Ngujo Ahmad Zainudin memberikan apresiasi terhadap warganya yang dengan suka cita mengikuti karnaval guna memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 di Desa Ngujo ini.

Kepala Desa Ngujo Ahmad Zainudin (kiri) berfoto bersama saat mengikuti karnval yang diselenggarakan oleh Pemdes Ngujo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Minggu (27/8/2023).

“Atas nama Pemerintah desa Ngujo, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga yang turut memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 dengan turun ke jalan untuk mengikuti kegiatan karnaval. Juga disampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya kegiatan ini,” kata Ahmad Zainudin menegaskan.

Ditambahkan, bahwa karnaval tahun ini memperoleh acungan jempol berbagai pihak namun pihaknya tidak harus berpuas diri sebab ke depan peserta harus semakin banyak dan semakin meriah lahi.

“Kegiatan karnaval ini, kita jadikan kalender tahunan sehingga dilaksanakan setahun sekali dalan rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Semoga ke depan makin baik lagi,” pungkasnya.

Tampak hadir, di acara Karnaval ini, yakni Kapolsek Kalitidu Iptu Usodo, Danramil Kapten infanteri Rochim Sri Wahyu Utomo, anggota Koramil Serka Sugihartono dan Serda Nursalim serta Satpol PP Kecamatan Kalitidu.

**(Yan/Red).”

Bagikan

Also Read