Cuaca Terik, Puluhan Peserta Gerak Jalan Di Lamongan Pingsan

moch akbar fitrianto

Bagikan

Berita Lamongan – Puluhan Peserta Gerak Jalan Tingkat SMP dan SMA Di Lamongan Pingsan setelah masuk di garis Finish. Kebanyakan peserta lomba gerak jalan dalam rangka peringatan HUT RI ke 78 yang tumbang atau pingsan dari regu gerak jalan putri.

Beberapa di antaranya bahkan membutuhkan bantuan oksigen dan memakan waktu cukup lama untuk memulihkan kondisi fisiknya. Salah satu peserta gerak jalan dari Tsanawiyah yang tersadar dari pingsan mengatakan.

“Tadi sebelum berangkat kita juga sudah sarapan dan latihan sudah satu minggu setengah,“ kata siswiTsanawiyah pondok pesantren kota Lamongan. Rabu (23/08/2023).

Beruntung petugas kesehatan dan panitia sigap. Begitu terlihat peserta yang berjalan sempoyongan dan limbung langsung dijemput dan dievakuasi ke tempat aman untuk mendapatkan perawatan.

Salah satu panitia gerak jalan dari Dispora Lamongan membenarkan dan ada beberapa dugaan penyebab banyaknya peserta gerak jalan yang pingsan ini. Salah satunya disebabkan cuaca dan tidak disiplinnya peserta itu sendiri.

“Saya beberapa kali mengingatkan kepada peserta maupun guru pembina peserta untuk tidak saling berkejaran dan mendahului regu lainnya,” kata Ali Mahmud, salah satu panitia gerak jalan.

Ali menambahkan, selain gurunya akan membubarkan barisan, juga memaksa anak didiknya untuk berjalan lebih cepat bahkan berlari.

“Otomatis itu akan membuat peserta capek. Saya juga sering menegur para guru itu, tapi diabaikan. Akibatnya seperti ini. Mungkin saja karena itu,” ujarnya.

Lebih jelasnya, Ali mengaku penyebab banyak peserta pingsan karena pengaruh cuaca. “Cuaca panas membuat kondisi fisik terkuras hingga kelelahan,” pungkasnya.

Diketahui, lomba gerak jalan diikuti sebanyak 162 regu putra putri tingkat SMP dan SMA dengan jarak tempuh 5 kilometer keliling jalan protokol perkotaan. Start pada pukul 08.00 WIB.

Bagikan

Also Read