Kebakaran Rumah Warga Desa Kalianyar, Kapas. Ternyata Ini Penyebabnya

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Telah terjadi musibah kebakaran rumah di Desa Kalianyar, RT 003, RW 001, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, Selasa (25/7/2023)  sekirar pukul 04:45 WIB.

Kebakaran rumah yang diduga akibat obat nyamuk bakar yang masih menyala dan mengenai Spring Bed itu, menghanguskan rumah milik Sholichan (50) pekerjaan Wiaswasta. Kebakaran  langsung ditangani dengan sigap oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (Damkarmat) Bojonegoro.

Guna memadamkan amukan Si Jago merah itu, Damkarmat Bojonegoro mengerahkan 2 (dua) Fire Truck Dinas Damkarmat Bojonegoro dengan 10 personilnya.

Damkarmat Pos Kota Bojonegoro menerima laporan pukul 05.08 WIB. Selanjutnya, pihak Damkarmat Bojonegoro langsung menindaklanjutinya dengan berangkat menuju lokasi pukul 05.10 WIB. Tiba di lokasi kejadian dan langsung memadamkan sekira 05:16 WIB. Api bisa dipadamkan sekira pukul 05.53 WIB

“Akibat kebakaran itu, Sholican mengalami Kerugian sebanyak Rp. 20 juta lebih, yang meliputi Kamar Tidur di lantai 2 yang berukuran 4 x 6 Meter, terbakar 30 persen beserta Isinya,” ungkap Kepala Dinas Damkarmat Ahmad Gunawan, Selasa (25/7/2023).

Lanjut Ahmad Gunawan, dalam kejadian tersebut, ada 1  (satu) korban Luka sedang. Dimana, korban adalah pemilik rumah Sholican mengalami luka bakar tingkat sedang pada bagian muka, kedua bahu dan dada.

“Sholichan mengalami luka bakar sedang  akibat dia berusaha memadamkan api dengan cara mengevakuasi Spring Bed di kamar yang sedang terbakar itu,” kata Ahmad Gunawan menegaskan.

Beruntung, rumah milik Usmiati (44) yang berada di kiri rumah korban dan rumah di kanan rumah korban milik Puji Hidayat (42) berhasil diselamatkan.

Ditambahkan, bahwa Damkarmat Bojonegoro saat melaksanakan Operasi Pemadaman petugas  juga memberikan sosialisasi kepada pelapor, korban dan warga masyarakat setempat terkait bagaimana cara mencegah kebakaran, penanganan awal kebakaran,

“Kami juga mensosialisasikan tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dinas Damkarmat Kabupaten Bojonegoro serta pembagian nomor Call Center yang perlu dihubungi jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran di rumah atau di sekitarnya,” tegasnya.

Adapaun unsur yang terlibat dalam pemadaman, yakni, Dinas Damkarmat Kabupaten Bojonegoro, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro serta warga sekitar.

**(Kis/Red).

Bagikan

Also Read