FeaturedSambang Desa

Murah Tapi Lezat, Makan di Warung Godeh Pelu Sandingrowo, Soko

TUBAN (Rakyat Independen)- Jika anda sedang berada di wilayah Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jatim dan pengen makan yang enak dan lezat tapi harganya cukup murah. Jawabnya hanya satu yaitu makan di Warung Godeh Pelu yang berada di Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Lokasi warung bisa dengan mudah anda temui karena berada di jalan beraspal yang ada di Jl Poros Desa Sandingrowo. Pedoman alias ancer-ancernya, kalau dijangkau dari Pasar Soko berjalan ke timur sekitar 1 (satu) kilometer atau arah menuju ke JOB-PPEJ, setelah ada Perempatan ndulan kemudian jalan lagi ke timur lagi, sekitar 50 meter maka anda sudah menemukan Lokasi Warung Godeh Pelu.

Warung Godeh Pelu, buka mulai jam 6 petang dan tutupnya hingga tengah malam sekitar jam 12 atau jam 1 pagi. Jangan heran, jika anda tidak bisa berlama-lama di warung itu, karena di warung dengan ukuran 4 x 8 meter itu, selalu penuh dengan pembeli. Kursi yang ada di dalam warung, Lesehan yang ada di teras hingga kursi lesehan yang ada di sebelah kiri dan kanan warung selalu penuh pelanggan yang sedang menikmati lezatnya makan nasi lodeh dengan lauk 3 (tiga) tempe goreng.

Warung Godeh Pelu kepanjanganya Sego Lodeh Tempe Telu (Nasi dengan sayur lodeh dan lauknya 3 potong tempe goreng). Dipilihnya menu nasi lodeh dengan 3 tempe goreng menurut pemiliknya Sanah (61), tidak memiliki arti apa-apa hanya saja, menu nasi lodeh dengan 3 potong tempe goreng itu pas dengan kegemaran masyarakat makan nasi lodeh dengan lauk tempe goreng. Selain itu, nama Godeh Pelu juga sangat mudah untuk menghapalnya.

“Tidak ada riwayat atau sejarahnya apa-apa. Hanya saja, menu sego lodeh tempe telu itu cocok dengan situasi dan kondisi perekonomian desa. Karena harganya cukup murah sehingga bisa dijangkau semua lapisan masyarakat. Singkatan Godeh Pelu juga mudah dihafal sehingga mereka selalu teringat dengan warung kami dan pengen balik lagi, makan di sini,” kata Sanah yang mengaku sudah jualan 20 tahun lebih itu.

Salah seorang pramusaji Amini (35), menyatakan jika setiap harinya Warung Godeh Pelu bisa menghabiskan nasi dengan 20 kilogram beras. Hanya saja, ramai dan tidak tergantung dengan situasi masyarakat, apakah banyak yang makan di luar apa tidak. Juga dipengaruhi oleh faktor rejeki.

“Kalau habisnya rata-rata sekitar 20 kilogram beras untuk sajian Godeh Pelu. Untuk tempe sudah ada yang ngirim langsung ke warung karena kita sudah berlangganan sejak lama mas. Kalau masalah ramai dan tidaknya, tergantung dengan situasi ekonomi dan faktor rejeki kita mas,” tegas Amini yang juga menantu pemilik warung Godeh Pelu itu.

Ditambahkan, makan warung Godeh Pelu harganya cukup murah karena untuk menu makan 1 (satu) porsi makan Godeh Pelu + minum teh atau air mineral gelas, anda cukup membayar Rp 5 ribu saja. Menu sego lodeh yang disajikan cukup lezat dengan sayur lodeh yang terbuat dari nangka muda (tewel, jawa red), markisa, ‘blonceng’ atau isi sayur lodeh lainnya.

Masih menurut Amini, selain nasi lodeh dengan 3 (tiga) tempe goreng , ada tambahan lauk ‘ampela sujen’ dan tahu Kediri goreng dan krupuk serta peyek. “Pokoknya, semuanya makanan di Godeh Pelu serba murah meriah mas,” ujarnya.

Saat Pemred Media Online: rakyatnesia.com mampir dan makan di Warung Godeh Pelu, juga sangat menikmati hidangan lezat makan di warung Godeh Pelu bersama puluhan pelanggan yang memadati Warung Milik Mak Sanah – demikian, pemilik Warung Godeh pelu, biasa disapa – itu.

Dengan piring yang diberi alas dari daun jati dan tambahan 2 (dua) potong iris mentimun dan suguhan cabe 1 (satu) mangkok di setiap meja bisa jadi lalapan yang cukup menantang, menambah lengkapnya makan murah tapi tetap nikmat di Warung Godeh pelu. Sajian tambahan itu diberikan, dikarenakan masyarakat sudah terbiasa jika makan tempe goreng pasti pakai lalap lombok atau cabe muda. Itulah kenapa ada lalapan Lombok yang disajikan di setiap meja di warung Godeh Pelu.

Warung Godeh Pelu, terkesan sebagai warung masa kini, karena hampir di setiap sisi dinding di warung itu, ada tulisan promosi mengenai Warung Godeh Pelu. Di situ juga terdapat tulisan jika Warung Godeh pelu menerima pesanan dengan tekan nomor ponsel di: 081 33 1 800 633.

“Kalau pesan dalam jumlah besar atau pesanan partai harus disampaikan sehari sebelumnya, tapi jika pesanan sedikit bisa langsung datang atau telpon satu atau dua jam sebelumnya, maka kita akan siapkan pesanan itu dengan sebaik-baiknya,” ujar Amini sambil ‘senyam-senyum’ kepada para pelanggan dan menyapanya. **(Kis/Dedi).

Sukisno

Jurnalis Utama Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 30 tahun. Tulisan berita bojonegoro umum, Review, dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button