Berita Jawa Timur

Dahsyatnya Kebakaran Pabrik Spons di Gresik Hanguskan 2 Rumah Warga

rakyatnesia.com – Kebakaran hebat melanda pabrik spons UD Victori Metalindo Makmur di Desa Gadung, Driyorejo, Gresik. Kebakaran ini hampir menghanguskan dua rumah warga yang berada di sebelah pabrik.

“Ini rumah bibi saya, orangnya ke Kalimantan. Gak sampai ludes tadi sempat terbakar sebagian,” kata Mursidi kepada Rakyatnesia di lokasi kejadian, Kamis (11/7/2024).

Mursidi menambahkan, selain rumah bibinya, rumah warga lainnya juga nyaris habis terbakar. Beruntung, pemadam kebakaran segera datang dan memadamkan api yang membakar rumah warga terlebih dahulu.

“Ada sebelah timur juga terbakar. Tapi petugas damkar mendahulukan rumah warga agar api tak menjalar ke rumah lainnya,” tambah Mursidi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Sulyono, mengatakan bahwa sebanyak empat unit mobil damkar Gresik telah dikerahkan. Selain itu, ada dua unit damkar bantuan dari Kota Surabaya dan Citraland.

“Total ada 6 unit damkar yang dikerahkan. Empat dari Kabupaten Gresik, dua dari Surabaya dan Citraland,” kata Sulyono.

Sulyono menambahkan pihaknya sudah melakukan pembasahan di rumah sekitar pabrik spons. Hal itu dilakukan agar api tak menjalar ke rumah warga.

“Dari keterangan kepala dusun ada dua rumah, tapi sudah kita padamkan. Kita juga sudah basahi rumah-rumah warga sekitar pabrik agar api tidak menjalar ke rumah tersebut,” tambah Sulyono.

Petugas sempat kesulitan memadamkan api. Sebab, petugas harus mengambil air dari waduk yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi kejadian.

“Terkendala air yang cukup jauh, selain itu spons ini bahan yang mudah terbakar, jadi agak susah dipadamkan. Untuk penyebabnya masih belum diketahui, karena saat ini masih pembasahan,” pungkasnya.