Berita Jawa Timur

Malam Pengesahan Warga Baru PSHT di Lamongan, Ribuan Personel Gabungan Dikerahkan untuk Pengamanan

rakyatnesia.com – Kapolres Lamongan AKBP Bobby A Condroputra mengerahkan sebanyak 1.736 personel untuk mengamankan prosesi pengesahan warga baru PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) Cabang Lamongan yang berlangsung di Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim).

Pengamanan ini melibatkan ribuan personel gabungan dari Polri, TNI AD, Satpol PP, dan Dishub yang diresmikan melalui upacara apel gelar pasukan di Alun-alun Lamongan, pada Selasa (9/7/2024) petang.

“Jumlah personel kami dari Polres Lamongan didukung oleh instansi samping, serta perkuatan dari BKO (Bantuan Kendali Operasi) Polda Jatim. Keseluruhan sebanyak 1.736 personel,” ujar Kapolres Lamongan AKBP Bobby A Condroputra.

Kapolres menjelaskan, pengamanan dilakukan dengan melakukan penyekatan di sejumlah titik perbatasan untuk menghalau massa penggembira dari kabupaten tetangga, selain di dalam wilayah Lamongan sendiri.

“Rekayasa pengamanan malam hari ini, kami menempatkan personel di perbatasan lintas Polres samping, yaitu di Kecamatan Deket, Babat, Karanggeneng dan Mantup,” ungkapnya.

Selain menghalau massa penggembira dari luar Lamongan, lanjut Bobby, pihaknya juga menyiapkan personel untuk mengantisipasi adanya penggembira dari internal Kabupaten Lamongan.

“Kami juga telah melakukan bantuan kendali operasi untuk mengurai berkerumun massa,” ujarnya.

Selama proses pengamanan, Kapolres menekankan kepada personel agar melaksanakan tugasnya dengan humanis, agar tidak sampai terjadi insiden yang dapat menimbulkan korban, baik dari penggembira maupun petugas pengamanan.

Namun akan menyesuaikam dengan ancaman di lapangan.

“Kami akan bertindak tegas dan terukur apabila dianggap gangguan Kamtibmas yang kami temukan di lapangan, bisa membahayakan masyarakat maupun petugas keamanan,” pungkasnya.

Usai apel, para perwira pengendali (padal) dibacakan peta lokasi pengamanan, penempatan serta peta kemungkinan massa penggembira dari luar daerah bisa lolos masuk Lamongan.

Bobby membekali para personel untuk tegas dan bertindak sesuai SOP.

“Jangan ada korban pada anggota pesilat, maupun anggota personel pengamanan,” katanya.

Polres juga mengerahkan kendaraan water cannon Brimob dan kendaraan rantis lainnya.