Berita

6 Juli 2023 Diperingati Hari Apa? Berikut Penjelasannya

rakyatnesia.com – Kamis 6 Juli 2023 hari-hari penting dirayakan di tanggal tersebut. Hari apa saja yang diperingati tanggal tersebut?

Dalam kalender masehi, pada Kamis 6 Juli adalah hari keenam di minggu pertama bulan Juli tahun 2023. Ada beberapa perayaan yang akan di peringati hari ini, antara lain Hari Ciuman Internasional, Idul Ghadir dari warga Syiah, Hari Fried Chicken dan Hari Zoonosis Sedunia.

  1. Hari Ciuman Internasional

Hari ini Kamis, 6 Juli 2023 diperingati sebagai hari ciuman internasional atau International Kissing Day. Hari ini bertujuan untuk mengekspresikan perasaan cinta kepada pasangan dan orang-orang terkasih.

Tak cuma tentang ciuman romantis dengan pasangan, tapi ciuman sederhana di pipi atau cipika-cipiki bersama keluarga dan orang terdekat pun termasuk di dalamnya.

Mengutip National Today, tradisi berciuman sudah ada sejak zaman Romawi. Mereka memiliki 3 bentuk berciuman, yakni ciuman bibir, ciuman bergairah di mulut, dan kecupan ramah di pipi.

Baca Juga  Prediksi Skor Fenerbahce vs Manchester United, Jadwal Liga Europa, 25 Oktober 2024

Hingga hari ini ciuman menjadi salah satu bentuk ekspresi cinta dan keakraban.

  1. Perayaan Idul Ghadir

Idul Ghadir merupakan hari raya bagi warga muslim Syiah yang ada di Iran. Hari ini diperingati pada tanggal 18 bulan Dzulhijjah.

Dalam kepercayaan Syiah, Idul Ghadir adalah hari di mana Ali bin Abi Thalib diangkat sebagai seorang pemimpin agama setelah Nabi Muhammad SAW. Istilah Ghadir berasal dari nama sebuah kolam ‘Ghadir Khum’.

Ketika Nabi Muhammad SAW kembali dari Mekkah ke Madinah, ia meminta para sahabatnya untuk berhenti sejenak di kolam ‘Ghadir Khum’ ini untuk berkumpul dan saling menyapa. Di tempat ini pula konon disebutkan turun sebuah ayat yang meminta Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan kepada umatnya tentang kepemimpinan Ali bin Abi Thalib.

Baca Juga  Top 10 Compliance Challenges in 2024 

“Wahai Rasul! Sampaikan apa yang telah diturunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan jika tidak, kamu belum menyampaikan pesan-Nya (sama sekali); dan Allah akan melindungimu dari manusia.” Mengikuti wahyu ini, Nabi memberikan khotbah di mana dia mengatakan hal berikut dari ibn Abi Thalib: “Ya Allah, bersaksilah. ‘Wahai manusia, Allah adalah Tuhanku dan aku adalah Tuhan (pemimpin) orang-orang beriman. Saya lebih berharga bagi orang beriman daripada diri mereka sendiri. Siapa pun yang pernah saya jadikan Guru (Mawla), Ali di sini akan menjadi Tuannya (Mawla). Ya Allah, jadilah pendukung siapa pun yang mendukungnya (Ali) dan musuh siapa pun yang menentangnya (Ali).”

  1. Hari Ayam Goreng Nasional Amerika

Di Amerika Serikat, tanggal 6 Juli juga diperingati sebagai hari Ayam Goreng Nasional atau National Fried Chicken Day.

Ayam Goreng merupakan makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Namun tahukah detikers bahwa makanan ini merupakan makanan mahal pada era Perang Dunia II.

Baca Juga  Sweet Burfee: Tempat Makan dan Ngopi di Puncak yang Bikin Momen Lebih Manis!

Namun berkat teknik produksi massal, kini semua orang bisa menikmati ayam goreng lezat dengan harga yang murah di seluruh dunia.

  1. Hari Zoonosis Sedunia

Zoonosis adalah penyakit menular yang berasal dari hewan ke manusia. Untuk mengkampanyekan mengenai bahaya penyakit tersebut ditetapkanlah pada tanggal 6 Juli sebagai Hari Zoonosis Sedunia.

Dalam sebuah studi oleh CDC, disebutkan bahwa 60% penyakit menular yang ada saat ini merupakan Zoonosis dan setidaknya 70% penyakit menular yang muncul berasal dari hewan. Beberapa penyakit yang termasuk di dalam Zoonosis adalah Rabies, Flu Burung, Ebola dan lain sebagainya.

Mengutip laman WHO, Zoonosis dapat berupa bakteri, virus atau parasit yang menyebar ke manusia melalui kontak langsung atau melalui makanan, air atau lingkungan.

Nah, itulah beberapa perayaan yang diperingati pada tanggal 6 Juli 2023 ini.

moch akbar fitrianto

Jurnalis Dari Rakyatnesia.com Dan Sudah di dunia jurnalistik selama lebih dari 10 tahun. Tulisan berita Lamongan, umum, prediksi bola , dan profil sudah bukan hal asing lagi, Lugas dengan Fakta.

Related Articles

Back to top button