TWS Bertangkai VS Earbud, Mana yang Cocok Buat Olahraga ? Rakyatnesia

Dedi Suparman

Bagikan

Jakarta, Rakyatnesia True Wireless Stereo (TWS) kini menjadi favorit bagi pengguna smartphone. Desainnya yang simpel, ringkas dan tanpa kabel membuat TWS cocok digunakan untuk beragam aktivitas seperti olahraga, bekerja, belajar, bermain game, atau sekedar bersantai sambil mendengarkan musik.

Apalagi di pasar Indonesia saat ini, hadir beragam TWS dengan berbagai desain menarik seperti model earbuds dan bertangkai. Selain itu, spesifikasi, fitur, serta harga TWS yang ditawarkan juga bervariasi. Produk TWS yang kini menjadi favorit pengguna smartphone adalah Oppo Enco Air dan Oppo Enco Buds.

Oppo Enco Air VS Oppo Enco Buds

Sekedar informasi, Oppo Enco Buds sudah tersedia di Indonesia sejak awal Juni lalu melalui Shopee dengan harga Rp. 599.000. Sementara Oppo Enco Air baru tersedia di Indonesia pada 2 Juli 2021 dengan harga Rp. 999.000.

Oppo Enco Air mengusung desain bertangkai. Sedangkan Oppo Enco Buds memiliki desain earbuds.

Kalau kalian lebih suka TWS yang bertangkai atau earbuds ? Tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Kali ini Selular ID memberikan rekomendasi TWS Oppo Enco Air True Wireless Earphone dengan desain bertangkai dan Oppo Enco Buds dengan desain earbuds yang nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan.

Desain Oppo Enco Air dan Oppo Enco Buds

Oppo Enco Air hadir dalam dua varian warna misty white dan misty black. Sementara Oppo Enco Buds punya dua warna yaitu biru dan putih.

Oppo Enco Air mengusung desain bertangkai dan semi-in-ear telah teruji dan dibentuk agar sesuai dengan lekukan alami telinga manusia dengan nyaman. Sesuai namanya, Oppo Enco Buds memiliki earbud dan bantalan telinga silikon yang dapat dipilih dalam tiga ukuran berbeda yang pastinya membuat nyaman pengguna.

Oppo Enco Buds memiliki bobot 4 gram yang cukup ringan dan nyaman digunakan. Sementara Oppo Enco Buds memiliki bobot yang lebih ringan, hanya 3,75 gram.

Baca juga: Review Oppo Enco Buds: Dengar Musik 24 Jam Non-stop

Dengan sertifikasi IPX4, pengguna tidak perlu khawatir mengenai Oppo Enco Air apabila secara tidak sengaja terciprat oleh air. Sama halnya dengan Oppo Enco Buds yang didukung sertifikasi IP54 sehingga mampu menahan debu dan air.

Oppo Enco Air dilengkapi cangkang bertekstur matte berdesain kerikil dengan penutup atas tembus pandang. Case ini dapat digunakan untuk mengisi daya Oppo Enco Air.

Baca Juga  Inspirasi Olahraga: Temukan Motivasi Semangat dari Bahasa Inggris!

Sementara casing Oppo Enco Buds dirancang dengan desain mengkilap yang bersinar seperti pantulan pantai di bawah sinar matahari. Casing ini juga dapat mengisi daya Oppo Enco Buds.

Performa Audio Enco Air dan Oppo Enco Buds

Dengan teknologi 12 mm composite titanium dynamic driver, casing kubah Earphone terdiri dari polyethylene naphthalate (PEN) berlapis titanium, sejenis poliester yang dikenal sebagai penghalang oksigen yang sangat baik yang dapat secara efektif menekan getaran tersegmentasi dan meningkatkan transien audio. Sedangkan untuk tepi driver, terbuat dari polyurethane (PU) yang ringan dan tahan lama yang akan meningkatkan jangkauan bass dinamis serta mempertahankan suara yang halus dan alami. Berkat perpaduan bahan ini, Oppo Enco Air True Wireless Earphone memberikan audio yang sangat seimbang, menghadirkan bass yang kaya dan tebal serta nada midrange dan treble yang jernih.

 

Oppo Enco Air True Wireless Earphone dibuat dengan tuning dari tim R&D Teknologi Blu-ray Oppo yang memiliki pengalaman selama 16 tahun di dunia audio – visual. Untuk format audio, Oppo Enco Air True Wireless Earphone mendukung pengkodean definisi tinggi dan subband codec (SBC). Kemampuan pengkodean AAC yang sangat tinggi memberikan hampir setiap detail pada suara.

Baca juga: Review Oppo Enco Air: TWS All-Rounder Terbaik Oppo

Oppo Enco Air True Wireless Earphone mengadopsi teknologi beamforming mikrofon ganda. Setiap Earphone memiliki dua mikrofon internal yang sangat sensitif untuk meningkatkan fokus dan kejernihan vocal. TWS ini dilengkapi dengan algoritma AI intensif yang memanfaatkan DNN untuk meredam kebisingan. Algoritma peredam bising pintar ini merangsang pendengaran binaural manusia untuk membedakan dan memisahkan suara manusia dan kebisingan latar belakang secara real-time.

Oppo Enco Bud

Dengan chip Bluetooth 5.2 terintegrasi, Oppo Enco Air True Wireless Earphone dioptimalkan untuk koneksi yang stabil, konsumsi daya yang rendah, dan kemampuan anti-interferensi yang lebih kuat, menawarkan stabilitas koneksi yang solid dalam jangkauan hingga 10 meter.

Sementara Oppo Enco Buds hadir dengan koil bergerak 8 mm. Secara umum, semakin besar ukuran koil bergerak, semakin baik kinerja frekuensi rendah, memungkinkan bass yang lebih dalam.

Oppo Enco Buds juga mendukung AAC (Advanced Audio Coding), protokol transmisi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik. Dengan begitu, pastinya kualitas suara Oppo Enco Buds sudah tidak diragukan lagi, lebih stereo dan bass lebih terasa.

Baca Juga  OnlyMP3 - Konverter YouTube Terbaik di Tahun 2024 [320 Kbps]

Sebagai perangkat earbuds yang keluaran 2021, sudah tentu Oppo Enco Buds membawa teknologi terkini. Salah satunya dengan algoritma cerdas berbasis model DNN, suara Anda akan diekstraksi dengan tepat dari kebisingan latar belakang selama panggilan.

Kebisingan latar belakang terutama mengacu pada kebisingan keadaan tunak, yang tingkatnya tidak berubah lebih dari 5 dB di tempat tertentu dan selama waktu tertentu, seperti kebisingan lalu lintas atau kereta bawah tanah. Juga, tidak berbicara selama panggilan telepon, orang lain tidak akan mendengar suara latar belakang dengan jelas.

Koneksi Enco Air dan Oppo Enco Buds

Oppo Enco Air True Wireless Earphone memasangkan chip Bluetooth 5.2 dengan transmisi binaural. Pengaturan ini akan mengurangi transmisi ulang untuk mengurangi latensi. Melalui pengoptimalan yang terkoordinasi, latensi pada Oppo Enco Air True Wireless Earphone menjadi rendah, hanya 94 ms.

Oppo Enco Bud

Untuk smartphone Oppo lama dan ponsel Android lainnya dengan aplikasi HeyMelody terinstal, latensi dikurangi hingga 47 ms. Melalui penundaan transmisi 80 ms ultra rendah dalam mode game, membuat bermain game semakin asik dengan suara yang menggelegar.

Sementara, Oppo Enco Buds dibenamkan chip Bluetooth 5.2 yang mempu menstabilkan koneksi apalagi Ketika melakukan olahraga seperti lari, bersepeda, dan lainnya. Oppo Enco Buds bisa secara otomatis menyala sendiri hanya dengan membuka casing pengisi daya. Saat menghubungkan earbuds dengan ponsel pintar untuk pertama kalinya, jendela pop-up tersedia pada model ponsel dan sistem operasi Oppo ColorOS 11.0. Model lain akan didukung setelah pembaruan OTA.

Fitur Tahan Air

Saat berolahraga, kita membutuhkan peralatan audio yang memungkinkan kita berkeringat tanpa khawatir hancur. Oppo Enco Buds memiliki IP54 tahan air sehingga pasa digunakan untuk berolahraga ketika gerimis.

Namun casing Oppo Enco Buds tidak didukung fitur tahan air. Sebaiknya jangan menggunakan earphone dan casing pengisi daya selama olahraga berat untuk mencegah kerusakan akibat keringat. Sama seperti Oppo Enco Buds, Oppo Enco Air juga mampu menahan air seperti terkena keringat saat berolahraga, atau tertumpah kopi dengan sertifikasi IPX4.

Daya tahan

Oppo Enco Air True Wireless Earphone dirancang untuk penggunaan streaming sepanjang hari, dapat bertahan hingga 4 jam jika digunakan berkelanjutan. Saat digunakan dengan casing pengisi daya, pengguna dapat menikmati musik hingga 24 jam. Selain pemutaran musik, Earphone ini juga menawarkan waktu bicara hingga 2,5 jam, dan waktu bicara 15 jam jika digunakan dengan casing pengisi daya.

Baca Juga  Inspirasi Olahraga: Temukan Motivasi Semangat dari Bahasa Inggris!

Oppo Enco Air True Wireless Earphone memiliki kemampuan pengisian daya ganda, memungkinkan pengguna mengisi daya Earphone dan casing pengisidaya secara bersamaan. Dalam 10 menit pengisian daya Oppo Enco Air akan memberikan 8 jam masa pakai baterai. Satu setengah jam adalah Waktu yang diperlukan untuk Oppo Enco Air terisi penuh.

Oppo Enco Bud

Sedangkan Oppo Enco Buds bisa bertahan hingga 24 Jam dalam sekali charge menggunakan casing. Oppo Enco Buds dapat terisi penuh selama 6 jam dan dapat digunakan untuk menikmati musik, bermain game dan melakukan panggilan telepon selama seharian penuh. Hanya dengan pengisian 15 menit, pengguna dapat mendengarkan lagu selama satu jam.

Kontrol mudah

Oppo Enco Buds dapat dikontrol dengan mudah, cukup ketuk sekali untuk menjeda musik yang kamu dengarkan. Selanjutnya ketuk dua kali untuk mengganti lagu

Ketuk tiga kali untuk mengaktifkan Mode Game. Kemudian sentuh dan tahan untuk menyesuaikan volume.

Kamu juga dapat mengatur kontrol sentuh sendiri yang disesuaikan pada perangkat untuk kontrol alami yang lengkap akan pengalaman audio. Pengguna Oppo ColorOS 11.0+ dapat menyesuaikan earbud mereka dengan membuka Oppo Enco Buds > Fungsi Earbud pada antarmuka Bluetooth ponsel mereka. Pengguna Android 6.0+ dapat mengunduh dan menginstal aplikasi HeyMelody dari Google Play Store untuk menyesuaikan earbud mereka. Aplikasi saat ini sedang tidak tersedia untuk iOS.

Sama seperti Enco series lainnya, pengguna bisa mengendalikan pemutaran audio dengan mudah. Cukup ketuk dua kali untuk melewatkan lagu atau menjawab atau mengakhiri panggilan telepon. Ketuk tiga kali untuk mengaktifkan asisten suara Google.

Kamu juga bisa ketuk dan tahan lubang suara kiri selama 1 detik untuk menurunkan volume audio atau meluncurkan mode game. Ketuk dan tahan lubang suara kanan untuk meningkatkan volume audio. Selanjutnya ketuk dan tahan kedua earpiece untuk masuk ke auto-paring saat memakai Earphone.

Oppo Enco Air

Untuk pengguna smartphone Oppo dengan sistem operasi ColorOS 7.0 ke atas, masuk ke menu Bluetooth, pilih “Oppo Enco Air” > “Fungsi Headphone”. Sementara untuk smartphone Oppo tipe lama atau smartphone Android non-Oppo, bisa mengunduh aplikasi HeyMelody untuk melakukan penyesuaian.

Kesimpulan

Dengan desain bertangkai dan serangkaian fitur audio menarik, Oppo Enco Air cocok digunakan bagi penikmat musik. Sedangkan Oppo Enco Buds cocok digunakan untuk olahraga dengan desain earbuds, fitur tahan air dan fitur audio yang cocok buat olahraga ketika keringat.

sumber artikel : Selular. id

Bagikan

Also Read