Arak-arakan Gunungan dan Pagelaran Wayang Kulit, Meriahkan Sedekah Bumi Desa Pengkol, Tambakrejo

Sukisno

Bagikan

BOJONEGORO (RAKYATNESIA) – Sedekah bumi yang berlangsung di Desa Pengkol, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, telah menjadi agenda tahunan. Kali ini,  kegiatan dilaksanakan di balai desa setempat, Jum’at (30/6/2023).

80 orang warga desa dengan suka cita berbondong-bondong menuju ke Balai desa setempat, guna mewakili warga untuk mengikuti acara tumpengan alias selametan. Mereka berdo’a bersama memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berkah panen dan menjauhkan desa dari mara bahaya sehingga warga bisa hidup bahagian dan sejahtera.

“Kami warga Desa Pengkol memanjatkan do’a dengan memohon keselamatan, berkah rejeki yang melimpah serta bersyukur atas segala nikmat yang telah diterima warga baik nikmat sehat, banyak rejeki dan panen yang cukup bagus di tahun ini,” demikian, Kades Pengkol Abdul Habib dalam penjelasanya kepada para awak media saat ditemuidi tengah-tengah acara sedekah bumi, Jum’at (30/6/2023).

Pihaknya berharap, dengan rasa syukur itu, ke depan berkah akan semakin melimpah yang akan diterima oleh pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Pengkol dan seluruh warganya.

Gunungan yang diarak keliling desa di acara Sedekah bumi Desa Pengkol, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, yang digelar di Balai desa setempat, Jum’at (30/6/2023).

Gunungan dengan berbagai hasil tanaman warga diarak keliling desa dan selanjutnya dengan finish di Balai desa setempat. Kemudian, gunungan yang berisikan sayur mayur, singkong, Jagung, terong, Pisang, kacang panjang, jeruk, tomat dan hasil bumi lainya itu dipakai acara rebutan oleh warga setempat.

Kegiatan sedekah bumi bisa menjadi sarana silaturahmi sesama warga sehingga warga Desa Pengkol nampak guyub rukun dengan kebersamaan tersebut.

Kegiatan pertunjukan di malam hari digelar pertunjukan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Muri Mudo Sudarsono yang berasal dari wilayah Kecamatan Kapuan, Kabupaten  Blora,  Jawa tengah. Pertunjukan kali ini mengambil Lakon Arjuno dadi Ratu.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Tambakrejo Zenny Bachtiar S.STP. Aiptu Mahmudi dan Babinsa Sertu Gunarto  serta para Perangkat Desa setempat. Hadir pula Ketua BPD, LPMD, Karang taruna, Ketua RT, Ketua RW, serta undangan lainnya.

**( Yan / Red ).

Bagikan

Also Read