Cara Untuk Membedakan Daging Sapi dan Daging Kambing, Perhatikan Warna dan Lemak

moch akbar fitrianto

Bagikan

rakyatnesia.com – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban jatuh tepat hari ini. Sejumlah umat muslim sudah menunaikan Sholat Idul Adha.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban, baik sapi atau kambing. Namun sudah tahukah Anda cara membedakan daging sapi dan kambing dengan mudah?

Daging sapi dan kambing adalah dua jenis daging populer dan sering dinikmati oleh orang-orang hampir di seluruh dunia.

Terlebih lagi saat Lebaran Haji, kedua daging ini menjadi hidangan yang paling sering ditemukan. Meski kelihatannya mirip, ada beberapa perbedaan mencolok antara daging sapi dan kambing.

5 Perbedaan daging sapi dan kambing

  1. Warna

Perbedaan daging sapi dan kambing juga bisa dilihat dari segi warnanya.

Warna daging sapi diketahui lebih ke warna merah pucat. Sementara daging kambing memiliki warna merah muda yang pucat, lebih pucat dari daging domba.

  1. Lemak

Kebanyakan orang mengetahui perbedaan antara daging sapi dan kambing dari rasanya. Banyak orang yang akan menemukan diri mereka mungkin tidak dapat menemukan perbedaan antara keduanya.

Salah satu perbedaan dari kedua daging tersebut adalah garis lemak putih. Daging sapi diketahui memiliki garis lemak putih. Sedangkan daging kambing, lemaknya menyerupai lemak domba.

  1. Tekstur

Daging kambing lebih empuk dibandingkan daging merah, dan berserabut halus. Sementara daging sapi lebih kenyal dan berserabut halus dengan sedikit lemak.

  1. Aroma

Jika menaruh beberapa potong daging di dalam ruangan, sebagian orang akan merasakan aromanya yang kuat.Akan tetapi, tidak sama dengan daging sapi.

Aroma daging kambing, terutama daging domba, jauh lebih kuat dari daging sapi atau kerbau.

  1. Rasa

Daging kambing memiliki rasa yang kuat, sedangkan daging sapi memiliki rasa yang lebih lembut.

Rasa daging sapi diketahui lebih mirip dengan rasa yang lebih manis, tetapi lebih berlemak dan berat.

Faktor penting di balik rasa daging sapi atau kambing, yaitu berdasarkan usia daging.

Banyak orang juga menyatakan bila daging kambing memiliki rasa yang khas, yang mungkin timbul dari jenis lemak tertentu, yang tidak dimiliki oleh daging sapi.

Itulah cara untuk membedakan daging sapi dan daging kambing dengan mudah. Semoga Bermanfaat

Bagikan

Also Read