Berita Tekno Review Asus ROG Phone 5: Smartphone Gaming yang Enggak Ada Obat!  

Dedi Suparman

Bagikan

Jakarta, Rakyatnesia – Asus ROG Phone 5 sudah mendarat di pasar tanah air, dan tim Selular mendapat kesempatan untuk menjajal perangkat andal yang powerful ini.

Dan ketika produk tersebut itu tiba, lalu menjajalnya dan menikmati tampilan fisiknya. Rasanya seperti langsung tidak ada hal yang perlu diragukan lagi soal kemampunya karena memiliki kesan gahar yang kuat, terlebih handset idaman para gamers ini memang menyasar kelas premium yang notabene perangakat kelas atas, artinya dari segi kualitas, spesifikasi, fitur secara singkat bisa kita klaim ‘mantap Gue bilang’ karena terdepan.

Untuk lebih jelasnya, bagaimana kemampuan smartphone ini, simak berikut ulasanya:

Penampilan tetap gagah

Secara penampilan, ROG Phone 5 tetap gagah seperti biasa dengan tampilan yang maskulin layaknya ponsel gaming. Pada bagian layar berukuran seluas 6,78 inch dengan kamera selfie terdapat dibagian atas bersama bezel yang bisa dibilang sedikit tebal. Begitu pun pada bezel bawah juga terasa tebal, namun dibagian tersebut tersamat stereo speaker yang kualitas suaranya jernih plus menggelegar.

Kemudian pada bagian belakang disuguhkan dengan RGB light  logo ROG, lengkap dengan ornament pendukung. Dan pada RGB light itu Anda bisa atur pilihan warna dalam pengaturanya, tentu ini opsional jika tidak ingin mencolok, karena jika diamati gradasi cahaya yang dihasilkan cukup terang, meskipun dapat meningkatkan kesan gahar pada ROG Phone 5 tersebut.

Baca juga: Rekomendasi 5 Smartphone 5G ‘Terkini’ Mulai Rp3 jutaan  

Lalu smartphone gaming ini juga terasa berbobot, dan sepengalaman penulis smartphone ini terasa cukup licin, namun bisa disiasati dengan mengunakan casing bawaan, yang secara desain mengikuti karakteristik ROG Phone 5.

Dari bobot itu, ketika digunakan bermain game, ROG Phone 5 terasa sangat nyaman digengam. Sebenarnya ini selera sih, karena penulis merasa dari bobot yang diberikan itu sekitar 238 gram, kemudian lebar layar ROG Phone yang lumayan luas (172,8×77,2×10,29mm) membuat gengaman pada handset tambah lebih nyaman.

Layar nyaman di mata

Untuk layarnya sendiri, ROG Phone 5 menggunakan panel OLED E4 buatan Samsung. Jika kita amati, tentu layar adalah faktor yang mencuri perhatian pada smarphone gaming ini, karena kesan soft di mata, lalu kualitas kontras dan akurasi warna yang dihasilkan sangat terasa maksimal.

Kenapa bisa sedemikan nyaman di mata? Ini karena ROG Phone 5 sudah mendapatkan sertifikasi keamanan mata dari SGS Eye Care. Sehingga bisa dipastikan walapun digunakan untuk gaming seharian, mata Anda tidak merasa sakit atau lelah.

Baca juga: Cloud Gaming di Era 5G akan Berjaya!

Dan ROG Phone 5 itu refresh rate mencapai 144Hz, tentu bisa kebayang bagaimana cepatnya dan sangat penting guna menunjang kualitas Anda bermain game. Dan ada pengaturan yang bisa memilih opsi kecepatan refresh layar mulai dari 60Hz, 120Hz, 144Hz, dan otomatis.

Kamera tajam

Lalu ROG Phone 5 meski spesifikasinya gaming banget, di sektor kamera bisa dibilang cukup andal. Asus sepertinya memperkirakan kebutuhan pengguna pada bagian ini, yang dimana terdapat lensa beresolusi 64MP Sony IMX686 tanpa OIS, dengan sensor OmniVision OC13B yang punya jangkauan hingga 125 derajat. Lalu, ada kamera makro 5MP dengan sensor OmniVision OV8856 di bagian belakang atau kamera utama, dan sebuah kamera selfie setajam 24MP.

Untuk bagian kamera, rasanya tidak ada kendala yang berarti. Dan sepertinya pun untuk bagian ini tidak terlalu diperhatikan untuk ukuran smartphone gaming sekelas ROG Phone, karena pasti tujuan utama konsumen langsung tertuju pada spesifikasi, dan fitur penunjang apa agar bisa bermain game lebih canggih.

Baca juga: Tips Ampuh Menjadi Gaming Content Creator

Kendati demikian, hasil jepretan pada ROG Phone 5 bisa dibilang tidak buruk, dan menghasilkan warna yang natural. Jadi sebenarnya perlu patut kita syukuri pula, karena kamera yang disamatkan cukup mumpuni untuk menghasilkan konten gambar yang berkualitas baik menggunakan kamera utama, ultrawide, makro, maupun kamera depan.

Spesifikasi tiada ampun

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888, dan diperkuat dengan RAM LPDDR5 8 GB dan memori penyimpanan berjenis UFS 3.1 berkapasitas 128 GB.

Jika ngobrol soal performa, tidak ada yang perlu diragukan lagi sepertinya, dalam tes yang dilakukan tim Selular mengunakan Geekbench, smartphone gahar ini meraih skor 1132 (single-core score) dan 3707 (multi-core score) sangat memumpuni.

Dan dari kemampuan yang memumpuni itu, didukung pula dengan pasokan daya yang bisa dibilang bongsor. Di sini, Asus membenamkan daya 6.000 mAh, dan mendukung teknologi fast charging 65W.

Dan perlu Anda ketahui di sektor dapur daya ini, ROG Phone 5 terdiri dari dua baterai masing-masing 3.000 mAh. Harapanya tentu dengan disamatkan teknologi tersebut suhu pengisian daya jadi lebih rendah dan tidak mengurangi masa pakai dari baterai.

Baca juga: Oppo Reno6 Akan Menjadi Smartphone Gaming?

Kemudian berdasarkan penggunaan, smartphone ini memang cenderung hangat ketika sering digunakan, namun menurut penulis sangat wajar karena masa pakai cukup cukup panjang.

Lalu ketika baterai ponsel habis, untuk mengisi dayanya tidak terlalu lama, mungkin hanya sekitar 1 jam 15 menit dari umur baterai 10% menuju nyaris penuh, dan siap untuk dipakai kembali.

Mengingat kapasitas baterai yang dikantongi smartphone ini sangat besar, jadi tentu kecepatan isi baterai ini menjadi penting, dan sangat membantu kita, pengguna untuk dapat terus melanjutkan kisah/keseruan dalam game yang sedang kami mainkan.

Kaya fitur

Nah, ini bagian penting juga di ROG Phone 5 yaitu fitur pendukung untuk gaming bernama Armoury Crate. Cara pengoprasianya gampang, Anda tinggal klik saja fitur tersebut, dan di dalamnya terdapat semua hal yang Anda butuhkan, sekaligus bisa diatur sesuai kembutuhan.

Mulai dari pendukung ‘gaya’ seperti atur logo mata ROG berkedip hingga membuat orang lain melirik melihat perangkat canggih Anda, bisa!

Atau atur performa? Jelas jagonya. Singkatnya itu, pada fitur ini terdapat beragam pengaturan penting mulai dari atur/sesuaikan performa dari CPU, GPU, hingga sensitivitas layar.

Baca juga: Bersiap Game Apex Legends akan Tersedia Versi Mobile

Sampai ada juga fitur yang bisa memastikan Anda nyaman saat bermain game di ponsel ini, karena dapat mengatur fitur yang untuk memblokir notifikasi dan panggilan telepon yang tentu menganggu waktu gaming, mengunci intensitas cahaya layar, mengaktifkan informasi real-time, AirTriggers, Macro, dan lain sebagainya.

Dan perlu Anda ketahui pula, fitur AirTrigger pada perangkat gaming andal ini memiliki dua sensor ultrasonic cukup berbeda dari versi sebelumnya. Posisi diletakan pada ujung ponsel bagian atas, dan sangat mudah diakses, terlebih bagi yang gemar game sarat dengan kompetitif tinggi seperti PUBG dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jika memang membutuhkan ponsel gaming, tentu ROG Phone 5 adalah rekomendasi terbaiknya. Dan tidak hanya untuk gaming, rasanya jika diaplikasikan sebagai ponsel harian pun tidak diragukan nyamanya.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Gaming Oppo yang Terjangkau!

Kekuranganya mungkin ada pada body smartphone  yang tergolong licin. Jadi yah, solusi singkatnya hanya bisa diminimalisir dengan mengunakan case yang tersedia.

Dan mungkin bobot, yang tergolong berat jika dibanding dengan ponsel kebanyakan. Tapi mengingat ini ponsel gaming dan tentu ada banyak teknologi di dalamnya yang tersamat, dan juga smartphone yang dibandrol mulai Rp 9,9 jutaan memiliki dapur daya yang lega maka dimaklumi saja, namun tetap ini kembali ke selera.

sumber artikel : Selular. id

Bagikan

Also Read